USB OTG Tidak Terdeteksi di Android? Ini Penyebab dan Solusinya

jejakblog – Apakah Anda pernah mengalami keadaan ketika USB OTG tidak terdeteksi di Android? Pada kenyataannya, USB OTG merupakan teknologi yang muncul sebagai dampak dari semakin canggihnya perangkat smartphone. Teknologi tersebut digunakan untuk membaca dan membuka file dari flashdisk di Android.

Akan tetapi, karena masih termasuk teknologi baru, maka USB OTG kadang tidak terdeteksi atau terbaca di Android. Namun, melihat cukup pentingnya peran dari teknologi tersebut, maka orang-orang akhirnya mencari tahu cara memperbaiki OTG yang rusak. Nah, melalui artikel ini Anda akan mengetahui informasi lengkap mengenai hal tersebut.

cara mengatasi OTG tidak terbaca

Syarat Penggunaan

Sebelum mengetahui cara mengatasi OTG tidak terbaca, Anda harus ketahui bahwa fitur tersebut hanya dapat dinikmati oleh sejumlah pengguna Android. Mulai dari versi Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, Pie, hingga versi di atasnya.

Selain itu, Android harus sudah mendukung USB 2.0 On-The-Go untuk menggunakan teknologi tersebut. Apabila Android Anda tidak memenuhi syarat itu, maka tentu bisa dipastikan bahwa Anda tidak bisa menikmati fitur transfer file tersebut.

Penyebab Tidak Terdeteksi

Segala masalah yang muncul pada Android tentu saja memiliki faktor penyebab, termasuk mengenai USB OTG yang tidak terdeteksi. Hakikatnya, mengetahui penyebab dari masalah akan memudahkan Anda untuk mencari solusi yang tepat. Adapun penyebab umum USB OTG tidak terdeteksi adalah karena kabel OTG telah mengalami kerusakan.

Selain itu, USB OTG tidak terdeteksi di Android bisa juga disebabkan karena interface OTG tersebut telah mengalami kerusakan. Perlu diketahui bahwa interface merupakan bagian colokan dari OTG yang dimasukkan ke dalam USB ponsel. Meski jarang sekali terjadi, tapi interface OTG merupakan hal yang bisa menjadi pemicu tidak terdeteksinya USB OTG di Android.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A50S : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Umumnya, masalah tersebut berlaku bagi pengguna OTG tanpa kabel. Untuk mengetahuinya, maka Anda dapat mencobanya di Android yang memiliki tipe USB yang sama. Apabila tetap tidak bisa, maka bisa jadi memang ada masalah pada interface-nya.

USB OTG tidak terdeteksi di Android juga bisa disebabkan karena flashdisk. Dalam hal ini, flashdisk yang digunakan memang sudah tidak berfungsi atau pun merek flashdisk tertentu memang tidak bisa mengaksesnya. Selain itu, ada software yang mengalami bug. Terakhir karena Android Anda belum dilengkapi fitur USB OTG.

Cara Mengatasi USB OTG Tidak Terbaca

Berikut sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi USB OTG yang tidak terdeteksi:

Periksa Kabel USB OTG

Pada dasarnya, kabel OTG memang terbilang kecil dan mudah putus. Maka, jika Anda menemukan masalah segera periksa kabel tersebut. Hal itu karena bisa jadi masalahnya berasal dari sana. Mengenai hal itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari agar kabel tidak tertarik atau terlipat. Namun, jika Anda ingin tahan lama, maka pilih USB OTG yang tidak menggunakan kabel.

Restart

Normalnya, setelah flashdisk dicolokkan ke Android maka seketika itu juga pasti langsung terbaca. Namun, jika tiba-tiba flashdisk tidak juga terdeteksi oleh sistem Android, maka Anda bisa melakukan restart terlebih dahulu.  Restart berguna untuk membuat sistem operasi menjadi fresh sehingga segala fungsinya menjadi normal kembali.

Cek Kondisi Flashdisk

Jika USB OTG tidak terdeteksi di Android padahal kabelnya tidak ada masalah, maka kemungkinan besar permasalahannya ada di flashdisk. Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan pengecekan kesehatan flashdisk melalui laptop.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy Note9 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Hal yang perlu dipahami adalah pastikan bahwa format flashdisk sudah sesuai standar, yaitu FAT atau FAT32. Adapun untuk flashdisk dengan format NTFS umumnya membuat dokumen tidak dapat dibaca dan dideteksi. Oleh karena itu, tidak ada cara lain selain mengganti flashdisk dengan merek yang sekiranya dapat terbaca di sistem Android.

Solusi USB OTG Tidak Terdeteksi di Android

Apabila Anda tidak menemukan masalah pada USB OTG, tapi tetap saja masih tidak dapat terbaca di Android. Maka, tentu saja solusi yang dibutuhkan juga berbeda. Pada dasarnya, kondisi tersebut kemungkinan disebabkan oleh trouble pada software yang sudah harus melewati tahap perbaikan.

Maka, apabila cara-cara yang telah dikemukakan sebelumnya telah Anda lakukan, tapi ternyata tetap saja USB OTG tidak terdeteksi di Android. Maka, berikut sejumlah solusi yang bisa Anda lakukan:

Menginstall OTG Troubleshooter

Hakikatnya, aplikasi ini bisa digunakan untuk mendeteksi dan memperlihatkan solusi pada masalah yang berkaitan dengan kabel OTG di Android Anda. Hanya saja perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini tidak akan menampilkan file pada drive USB. Namun, hanya memverifikasi apakah kabel OTG yang akan Anda hubungkan dalam kondisi baik dan support dengan Android Anda atau tidak.

Adapun langkah untuk menggunakan aplikasi tersebut pertama-tama adalah lepaskan kabel OTG ketika ada perintah dari program. Kemudian, sambungkan kembali kabel OTG tersebut apabila diminta oleh program. Anda akan mendapatkan 4 tanda centang hijau apabila semuanya dalam keadaan baik.

Sementara itu, jika Anda mendapati centang kurang dari 4, maka kemungkinan saja ada masalah. Oleh karena itu, untuk memastikannya, maka Anda bisa memilih menu Info untuk mengetahui deskripsi mengenai masalahnya.

Menginstall OTG Status

Selain OTG Troubleshooter, untuk mengatasi USB OTG tidak terdeteksi di Android juga bisa dilakukan melalui aplikasi lainnya, yaitu OTG Status. Memiliki kesamaan dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi yang satu ini juga memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi OTG Troubleshooter. Melalui aplikasi OTG Status, Anda bisa mencari tahu apakah perangkat Android Anda mendukung kabel OTG atau tidak.

Baca Juga:  6 List Rekomendasi Laptop Terbaik Tahun 2021

Format Flashdisk

Jika hasil pengecekan dari aplikasi OTG Troubleshooter dan OTG Status menyatakan bahwa flashdisk merupakan penyebab dari USB OTG tidak terdeteksi di Android. Maka, tidak ada cara lain yang paling tepat dan terbaik dilakukan selain melakukan format pada flashdisk. Nah, ada sejumlah hal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan format ulang pada flashdisk.

Dalam hal ini, Anda harus melakukan back up data terlebih dahulu. Hal tersebut tentu saja untuk memastikan agar data-data Anda tetap aman dan tidak hilang. Sebab, proses format akan otomatis menghapus seluruh data yang ada pada flashdisk Anda.

Setelah data-data telah diamankan, maka selanjutnya Anda sudah bisa melakukan format melalui komputer atau laptop. Adapun cara formatnya sangat mudah, yaitu hubungkan flashdisk ke PC terlebih dahulu. Kemudian, pastikan bahwa flashdisk sudah benar-benar terdeteksi di PC.

Selanjutnya, buka file explorer lalu klik kanan pada flashdisk Anda. Pada saat itu, akan ada banyak pilihan yang muncul. Namun, Anda hanya perlu berfokus pada bagian bawah dan pilih Format. Setelah itu, tampilan jendela baru akan muncul.

Pada bagian File system, Anda bisa memilih FAT32 (Default). Berikutnya, centang bagian Quick format kemudian klik Start. Tunggu prosesnya beberapa saat hingga selesai dan flashdisk Anda sudah terformat.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi USB OTG tidak terdeteksi di Android. Semoga Anda bisa memahami dan semoga ulasan ini bisa membantu Anda, ya.

About Admin

Check Also

Cara unlock iPhone

Inilah 3 Cara Unlock iPhone, Sudah Tahu?

jejakblog – Cara unlock iPhone menjadi salah satu hal penting yang sangat wajib dipahami oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *