Tujuan Wisata Tahun Baru di Jawa Tengah 2023, Yuk Liburan!

Sebenarnya ada banyak tujuan wisata tahun baru di Jawa Tengah 2023 ini, hanya saja banyak yang belum mengenalnya. Saat mendekati liburan pergantian tahun seperti sekarang ini tentu telah banyak para keluarga yang merencanakan sebuah perjalanan liburan tahun baru. Meskipun tahun baru dibilang masih agak lama untuk membuat perencanaan liburan juga tidak ada salahnya.

Tentunya di setiap kota juga pasti telah banyak mempersiapkan beberapa hal untuk memeriahkan malam pergantian tahun yang akan datang. Terutama jika anda berada di Jawa Tengah, di Jawa Tengah sendiri banyak sekali referensi tempat wisata yang dapat anda kunjungi. Nah, dalam artikel ini tentunya kita akan membahas beberapa tempat wisata di Jawa Tengah yang bisa dapat anda jadikan referensi.

Inilah Tujuan Wisata Tahun Baru di Jawa Tengah

tujuan wisata tahun baru di Jawa Tengah

Berikut deretan tempat wisata yang bisa dapat anda jadikan referensi wisata saat liburan pergantian tahun baru 2023 :

Candi Borobudur Magelang

Tujuan wisata yang pertama ini yakni Candi Borobudur. Candi Borobudur ini merupakan salah satu icon wisata yang sangat terkenal sekali di Jawa Tengah. Candi ini juga sudah ditetapkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban di dunia. Candi borobudur sangat cocok sekali untuk anda jadikan sebagai referensi tempat wisata yang harus anda kunjungi ketika tahun baru nanti.

Candi budha terbesar ini sangat kental dengan nilai sejarahnya, di sekitar kompleks candi buddha ini terdapat 1.460 relief dan 504 stupa. Yang sampai sekarang masih terjaga keasliannya jadi, tidak ada salahnya jika anda merencanakan liburan tahun baru di candi borobudur ini.

  • Lokasi Candi Borobudur : Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Jam Buka : Candi Borobudur buka setiap hari pada jam 08:00 sampai jam 15:00 WIB.
  • Harga tiket masuk Candi Borobudur :
    – Rp.50.000 (dewasa)
    – Rp.25.000 (anak 3-10 tahun)

Titik Nol Km Yogyakarta

Meskipun ini bukan termasuk tujuan wisata tahun baru di Jawa Tengah tapi bisa dijadikan destinasi searah dengan objek wisata di Jateng. Meskipun lokasi ini tidak menampilkan adanya modernisasi, akan tetapi kota Jogja tetap mampu menawarkan kearifan budaya lokal yang cukup menarik.

Jika berkunjung ke Yogya, anda bisa dapat menikmati berbagai budaya Jawa yang masih sangat kental dan masih dipertahankan hingga sekarang. Jogja juga memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. tujuan wisata tahun baru di Jawa Tengah

Salah satu yakni kawasan wisata malam titik Nol km yang berada di jantung kota Jogja. Wisata ini juga sangat cocok sekali untuk anda kunjungi untuk merayakan malam pergantian tahun 2023 nantinya.

  • Lokasi Titik Nol Km Jogja : Jl. Pangurakan No.1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk Titik Nol Km Jogja : Gratis! (jika anda membawa kendaraan pribadi anda hanya dikenakan biaya retribusi parkir)

Taman Nasional Karimunjawa Jepara

Pulau Karimunjawa juga termasuk tujuan wisata tahun baru di Jawa Tengah terpopuler saat ini. Tujuan Siapa sih yang tidak tahu Taman Nasional Karimunjawa? Wisata ini cukup populer sekali lho di Jawa Tengah. Wisata ini sangat menarik perhatian para wisatawan bukan hanya dari dalam negeri saja, namun sampai wisatawan mancanegara!

Taman Nasional Karimunjawa ini sebetulnya merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi oleh Dinas Pariwisata setempat. Tidak hanya memiliki garis pantai yang indah, akan tetapi tempat wisata ini juga memiliki kekayaan laut yang begitu luar biasa. Kekayaan laut yang dimaksud, mulai dari ikan, terumbu karang, dan masih banyak yang lainnya. tujuan wisata tahun baru di Jawa Tengah

Di Tempat wisata ini anda juga bisa dapat melakukan kegiatan yang cukup seru bahkan menyenangkan, seperti berenang, memancing, snorkeling, dan menyelam. Jadi, sangat direkomendasikan tempat wisata ini untuk anda jadikan sebuah referensi liburan di pergantian tahun 2023.

  • Lokasi Taman Nasional Karimunjawa : Utara Pulah Jawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah.
  • Jam buka : 24 jam non stop setiap hari
  • Harga tiket masuk Taman Nasional Karimunjawa :
    – Rp.5.000 pada hari kerja (untuk warga lokal)
    – Rp.7.500 pada hari libur (untuk warga lokal)
    – Rp.150.000 pada hari kerja (untuk wisata mancanegara)
    – Rp.225.000 pada hari libur (untuk wisata mancanegara)
    (Note : Tiket masuk belum termasuk biaya tiket penyebrangan kapal dan kegiatan yang lainnya)

Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara

Tujuan wisata tahun baru di Jawa Tengah yang selanjutnya yakni Kawasan Dataran Tinggi Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara. Kawah sikidang ini merupakan salah satu tempat wisata paling populer dan paling favorit bagi para wisatawan.

Tempat wisata di Jawa Tengah ini memiliki udara yang sejuk dan pemandangan alam yang begitu indah. Hal tersebutlah yang membuat menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Dieng ini juga terkenal dengan kawasan gunung api, mengapa bisa? tentu bisa anda dapat melihat dari banyaknya kawah yang tersebar di sekitarnya. tujuan wisata tahun baru di Jawa Tengah

Meskipun kawah gunung api ini dianggap berbahaya, akan tetapi ada satu kawah yang menjadi salah satu tempat wisata di Dieng yaitu Kawah Sikidang. Tempat Wisata ini sangat cocok sekali untuk anda kunjungi ketika akan berlibur untuk wisata di hari pergantian tahun 2023 yang akan datang.

  • Lokasi Kawah Sikidang Dieng : Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.
  • Jam buka : Jam 07.00 hingga 17.00 Wib
  • Harga tiket masuk kawah sikidang :
    Rp.20.000,- per orangnya
    biaya retribusi parkir Rp.3.000,- untuk sepeda motor dan Rp.5.000,- untuk mobil.

Museum Kereta Api Ambarawa

Tujuan wisata berikutnya yakni Museum Kereta Api Ambarawa. Museum Kereta api ini merupakan sebuah stasiun kereta api yang kini sudah dialihfungsikan menjadi sebuah museum dan tempat wisata. Museum perkeretaapian ini juga merupakan sebuah museum pertama di Indonesia.

Museum ini tentunya telah memiliki koleksi kereta api yang pernah dulunya pernah berjaya pada zamannya. Stasiun ini pun pernah beroperasi sebagai jalur pengangkutan komoditas ekspor dan transportasi militer di sekitar Jawa Tengah. tujuan wisata tahun baru di Jawa Tengah

Ketika anda berkunjung di tempat wisata ini sudah dapat dipastikan bahwa nantinya anda bisa dapat memahami serta belajar tentang sejarah peninggalannya. Untuk itu, sangat direkomendasikan tempat ini untuk anda kunjungi sebagai tempat tujuan wisata pergantian tahun nantinya. Selain berlibur anda juga bisa dapat belajar tentang sejarah terdahulu nya.

  • Lokasi Museum Kereta Api Ambarawa : Jl. Stasiun No 1, Panjang Kidul, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Jam buka : Buka setiap hari dari jam 08.00 hingga jam 16.00 Wib
  • Harga tiket masuk museum :
    – Rp.20.000 per orang untuk Dewasa
    – Rp.10.000 per orang untuk anak-anak 3-12 tahun dan pelajar
    – Rp.30.000 per orang untuk wisatawan mancanegara

Nah, itulah beberapa tujuan wisata tahun baru di Jawa Tengah yang dapat anda kunjungi dan jadikan referensi ketika akan melakukan liburan pada tahun baru 2023.

Demikianlah pembahasan tentang sederet tujuan wisata tahun baru di Jawa Tengah 2023. Semoga dengan adanya artikel ini bisa dapat anda jadikan sebagai referensi kunjungan wisata pada liburan tahun baru Jawa Tengah.

About admin

Check Also

Rekomendasi Tujuan Wisata Tahun Baru Di Jawa Timur 2023, Yuk Simak!

Pergantian tahun 2023 akan tiba, tentunya telah banyak para wisatawan yang telah merencanakan sebuah perjalanan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *