Sosial

Cara Mengecek Data Diri Pada Situs Penerima Bansos

jejakblog – Apakah Anda termasuk dalam peserta bansos? Lantas, sudahkah Anda terdaftar sebagai penerima bansos? Ikuti yuk cara mengecek data diri pada situs penerima bansos. Pertanyaan semacam ini pasti berputar di pikiran Anda kala mendaftarkan diri pada salah satu situs penerima bantuan sosial. Hal tersebut sangat mengganggu dan membuat Anda memasang prasangka buruk terhadap si penanggungjawab atas terselenggaranya kegiatan bansos tersebut.

Sekitar bulan September tahun kemarin, pemerintah kembali menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) bagi keluarga yang terdampak Covid-19. Nominal yang diberikan pun tak tanggung-tanggung yakin, Rp. 500.000. Bansos tunai tersebut akan dibagikan kepada Sembilan juta keluarga yang mendaftarkan diri pada situs penerima bansos dan masih berlangsung hingga saat ini.

Situs Penerima Bansos

Bagaimana cara mengecek pada Situs Penerima Bansos?

Bagi Anda yang telah melakukan daftar bansos online Anda bisa cek penerima bansos pada laman cekbansos.siks.kemsos.go.id dalam aplikasi tersebut Anda akan diminta untuk memilih ID e-KTP atau data kepersertaan Penerima Bantuan Iuran, Kartu Indonesia Sehat, dan mengisikan NIK atau pun Anda juga bisa menggunakan ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Anda akan diminta untuk mengisi kolom nama lengkap sesuai yang tertera di e-KTP.

Baca Juga:  Cara Daftar Bansos Jawa Tengah, Verifikasi Melalui Android Mudah dan Tepat Sasaran

Setelah melengkapi beberapa menu dari aplikasi tersebut, selanjutnya Anda harus melakukan pengisian data memasukkan kode captcha untuk konfirmasi. Silahkan Anda melakukan pencarian mengenai “Keterangan Bansos” maka dengan segera data Anda akan ditampilkan melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi Kemensos bukan Laman Pendaftaran Bansos

Sistem yang ada dari laman Kemensos akan mencocokkan ID serta nama yang Anda input dan nama dalam database Kemensos. Apabila terdapat kecocokan antara ID dan nama yang Anda input pada situs penerima bansos bisa dipastikan apabila Anda termasuk dalam salah satu penerima bantuan sosial dari Kemensos.

Untuk aplikasi dari Kemensos mengenai cek penerima bansos pada situs penerima bantuan yang telah disiapkan oleh Kemensos bukanlah laman atau aplikasi untuk melakukan pendaftaran diri seperti halnya daftar bansos online. Anda hanya dapat melakukan rekapitulasi dan melakukan proses pemutakhiran. Mengenai perihal log in hanya aka diberikan kepada pemangku kepentingan agar privasi informasi mengenai data terjaga.

Sistem Informasi kesejahteraan Sosial

Aplikasi yang telah disiapkan oleh Kemensos ialah merupakan sebuah program yang memberikan informasi-informasi yang termuat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta penerima Bantuan Sosial Pangan, PKH, dan penerima bantuan iuran yang mana sesuai dengan data terkini.

Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial atau yang kerap disebut sebagai SIKS adalah sebuah sistem informasi yang terdiri dari beberapa komponen mulai dari pengumpulan, penyajian, dan penyimpanan data kesejahteraan sosial yang mana tepat sesuai sasaran sama halnya dengan DTKS, data kemiskinan yang sejatinya telah di verifikasi dan divalidasi oleh pihak Kemensos dan pemerintah daerah.Hal tersebut memberikan kemudahan bagi Anda untuk masuk situs penerima bansos.

Baca Juga:  Informasi Pendaftaran CPNS 2021, Syarat, Formasi dan Tips Lolos

Bantuan Sosial Bagi Warga yang Menjalani PSBB

Seperti yang diketahui bersama beberapa wilayah di Indonesia tengah menerapkan PSBB secara ketat itu yang membuat adanya sedikit halangan mulai dari pekerjaan, kuliah ataupun sekolah dan aktivitas yang lainnya. Melihat hal ini pihak Kemensos melakukan program bantuan sosial bagi warga yang terdampak.

Hal tersebut sama halnya seperti yang dilakukan oleh beberapa Pemprov di berbagai daerah. Bagi Anda yang berdomisili di Ibukota DKI Jakarta dan merasa telah mengikuti atau mendaftarkan diri perihal bantuan sosial yang diadakan oleh Pemprov setempat, maka silahkan melakukan pengecekan di laman resmi Kolaborasi Sosial Berskala Besar, yakni corona.jakarta.go.id/kolaborasi. Setelah Anda masuk dalam laman resmi tersebut, langkah selanjutnya ialah Anda diminta untuk mengisikan nomor KK Anda pada kolom pencarian.

Sistem Online Data Penerima Bansos

Solidaritas hadir untuk Anda yang berdomisili di kawasan Jawa Barat. Program ini dirancang pemerintah untuk mendukung kesejahteraan masyarakat yang mana terkena dampak dari Covid-19. Paling mencolok dari dampak tersebut ialah perekonomian. Disini pihak Pemprov Jawa Barat mengeluarkan sebuah laman resmi bernamakan “Solidaritas”. Anda bisa akses linknya sebagai berikut bansos.pikobar.jabarprov.go.id/.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Sama halnya dengan laman dan aplikasi lainnya, Solidaritas termasuk salah satu situs penerima bansos. Anda bisa melakukan pengecekkan nama Anda dengan menyantumkan NIK pada kolom utama. Secara otomatis nama Anda akan muncul melalui laman resmi milik Pemprov Jawa Barat tersebut. Solidaritas. Tidak hanya itu, laman tersebut juga mampu melacak penyaluran bansos untuk Anda.

Cara Mengunduh Aplikasi Situs Penerima Bansos

Bagi Anda yang kesulitan untuk mencari situs penerima bansos Anda dapat men-Download (mengunduh) aplikasi SIKS-Dataku. Yang harus Anda lakukan untuk dapat mengunduh aplikasi ini ialah dengan membuka aplikasi Play Store pada smartphone Anda, kemudian carilah aplikasi dengan kata kunci “SIKS-Dataku” setelah itu tekan tombol “install” atau “Pasang” pasang aplikasi tersebut secara otomatis akan terpasang di smartphone Anda.

Dengan Anda mengunduh aplikasi tersebut publik atau lebih tepatnya pihak penanggungjawab akan dengan mudah untuk mengecek status Anda sebagai kepesertaan bantuan sosial dari pemerintah. sangat mudah, bukan? Lakukan pendaftaran mulai sekarang untuk mendapat bantuan dari pemerintah.

Itulah informasi mengenai cara untuk mengecek data diri Anda pada situs penerima bansos, apakah sudah termasuk dalam peserta penerima bansos atau belum? Sangat diharapkan untuk Anda menjadi informasi yang membantu Anda untuk menemukan jawaban dari kecemasan Anda mengenai data diri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button