4 Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Psikologi Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

jejakblog – Beasiswa S2 Psikologi merupakan idaman para mahasiswa, bahkan sejak masih di sekolah SMU. sudah tentu, penyebabnya semakin tahun, biaya kuliah pun makin mahal. Jadi, agar dapat tetap kuliah, salah satunya adalah dengan cara memperoleh beasiswa yang ampuh ini.

Pengertian Beasiswa Kuliah

Beasiswa adalah suatu bentuk jaminan dan diserahkan kepada mahasiswa yang memiliki hak mendapatkannya, sebagai bantuan ongkos kuliah. memperoleh beasiswa ini tidak mudah, karena harus memenuhi ketentuan dan beberapa ujian.

Siapa pun berhak ikut dalam tes beasiswa ini. Asalkan memenuhi syarat, pasti bisa memperolehnya. Beasiswa ini dapat berwujud pendanaan full, sebagian, atau Cuma fasilitas penunjang khusus saja.

beasiswa S2 Psikologi

Jenis Beasiswa Menurut Sumbernya

terdapat beberapa macam beasiswa jika dilihat dari sumber Pelaksananya. Berikut ini merupakan beberapa jenis beasiswa yang bisa diraih oleh para mahasiswa Indonesia.

1. Beasiswa Pemerintah

Ini merupakan pemberian pertolongan biaya kuliah yang pangkal dananya dari beberapa instansi negara. Contohnya adalah dari Bapenas, Departemen Keuangan, dan LIPI. Beasiswa ini bersifat umum, tidak batasan Cuma untuk pekerja saja. 

Beasiswa ini ada yang diberikan untuk mahasiswa. Namun, ada juga beasiswa S2 Psikologi untuk lulusan SMA. Ini untuk menjaring siswa berprestasi yang terkendala dana untuk meneruskan studinya.

2. Beasiswa Donor

Selanjutnya adalah beasiswa yang bersumber dari suntikan dana oleh negara maju. Tujuannya adalah mendorong kemajuan dalam bidang ilmu dan riset melalui memberikan dukungan dana, juga fasilitas penunjang.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Glints 2021 Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Proyeknya bisa berupa beasiswa kuliah luar negeri. Biasanya dukungan dananya penuh, mulai dari biaya belajar, akomodasi, hingga uang saku. Jadi, mahasiswa hanya fokus kuliah saja.

3. Beasiswa Kuliah Swasta

Terdapat pula beasiswa sebagai bentuk tanggung jawab sosial (CSR) suatu perusahaan swasta. Umumnya, di samping memberikan bantuan dana S2 Psikologi utuh, juga ada bantuan fasilitas dan perangkat pendukung belajar.

4. Beasiswa Yayasan

wujud beasiswa yang satu ini, umumnya merupakan bantuan dana kuliah bagi kelompok mahasiswa berprestasi, tetapi memiliki kelemahan biaya. Bantuan ini sifatnya umum, jadi siapa pun bisa menembusnya.

5. Beasiswa Universitas

Pihak universitas pun menyiapkan beasiswa bagi para mahasiswanya. Mereka bisa mengajukan permohonan beasiswa untuk memperoleh potongan biaya atau penyerahan fasilitas pendukung belajar.

Jenis Beasiswa Kuliah Berdasarkan Bentuknya

Selain dari sumber dananya, beasiswapun dibedakan berdasarkan bentuknya. Ada beberapa bentuk pemberian beasiswa. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Beasiswa Prestasi

Bentuk beasiswa ini merupakan pemberian bantuan dana kuliah bagi mahasiswa yang memiliki prestasi. Tidak Cuma dalam hal akademis saja, beasiswa ini juga bertujuan membantu mahasiswa yang berprestasi di bidang non akademis.

2. Beasiswa Bantuan Belajar

Ini merupakan beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa tidak mampu yang terkendala biaya kuliahnya. Namun, tidak hanya melihat kemampuan keuangannya saja. ketentuan lainnya adalah bahwa mahasiswa tersebut memenuhi IPK minimumnya.

3. Beasiswa Ikatan Dinas

Selanjutnya ada juga bentuk beasiswa yang memberikan bantuan kepada siswa berprestasi di hal yang sesuai. Beasiswa ini biasanya dilengkapi dengan perjanjian kerja di instansi yang membiayainya tersebut. kemudian hari saat lulus, penerima beasiswa langsung terikat kontrak kerja.

4. Beasiswa Kompetisi

Mahasiswa yang ingin ikut dalam kejuaraan nasional maupun internasional bisa mengajukan pendaftaran beasiswa ini. Biasanya pemberi beasiswa menyokong mulai dari pelatihan, dana penyelidikan, hingga legalisasi dalam bentuk sponsorship.

5. Beasiswa Penelitian

Beasiswa ini merupakan bantuan bagi mahasiswa yang tengah melakukan riset sesuai bidang studinya. Mahasiswa tersebut bisa mengajukan proposal dengan menyertakan perkembangan penelitiannya.

Baca Juga:  9 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di ITB, Gratis!

Aturan Mendapatkan Beasiswa {Kuliah}

Ada beberapa persyaratan umum dan khusus yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang mengajukan permohonan Beasiswa S2 Psikologi. Berikut ini beberapa syarat umumnya.

1. Merupakan Mahasiswa Suatu Perguruan Tinggi

Syarat pertama ini dapat disahkan dengan menunjukkan identitas kemahasiswaan, yaitu berupa kartu mahasiswa. Namun, Ada juga beasiswa untuk siswa SMU yang baru akan lulus. Syaratnya adalah menyertakan kartu pelajar.

2. Menunjukkan Transkrip Nilai

Berikutnya, mahasiswa tersebut harus bisa membuktikan transkrip nilainya. Biasanya ada batasan minimum nilainya, yaitu IPK 3.00. Adapun bagi pelajar, biasanya syarat nilai ini paling kecil 8 untuk masing-masing mata pelajaran.

3. Berkelakuan Baik

Syarat selanjutnya adalah bersikap baik. Mahasiswa maupun siswa calon penerima Beasiswa S2 Psikologi dilarang memiliki catatan kriminal. Hal ini dibuktikan melalui surat keterangan dari kepolisian.

4. Mempersiapkan Dokumen Secara Lengkap

Perlu diperhatikan juga mengenai kelengkapan persyaratan dokumen. Contohnya identitas pribadi dan kelengkapan lainnya. KTP, Kartu Keluarga, dan formulir pendaftaran beasiswa S2 Psikologi harus terlampir secara lengkap.

5. Berasal dari Keluarga Miskin

Apabila hendak mengajukan Beasiswa S2 Psikologi atau bantuan pendidikan untuk mahasiswa tidak mampu, tentu harus membuktikan keberadaanya. Buatlah surat keterangan tidak mampu melalui rekomendasi RT.

Biasanya, keterangan ini menjadi dasar penentuan untuk pemberian beasiswa full. Penerima akan mendapatkan biaya kuliah secara (penuh, termasuk ongkos hidupnya.

6. Membuat Surat Pernyataan

Umumnya, ada beberapa surat keterangan yang harus dipersiapkan. Surat pernyataan itu mengandung penjelasan siap lulus tepat waktu dan tidak putus studi di tengah jalan. Ada juga keterangan bahwa tidak sedang mendapat beasiswa dalam bentuk lain.

alasan dari surat keterangan ini adalah menjamin penyebaran penerima beasiswa. Dengan menghindari adanya mahasiswa penerima beasiswa ganda, sehingga bisa dioper ke penerima lainnya yang lebih berhak.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Cara Mendapatkan Beasiswa {Kuliah}

Mendapatkan beasiswa S2 Psikologi merupakan [perjuangan|usaha} yang mudah sekaligus sulit. Mengingat ada jutaan mahasiswa berkompetisi memperjuangkan kuota beasiswa yang terbatas.

Namun, hal ini tidak berarti tidak mungkin. Pada kenyataannya telah banyak mahasiswa yang berhasil lolos penyisihannya. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan potensi mendapatkan beasiswa kuliah, coba tips berikut ini.

1. Persiapkan Nilai Sejak Jauh Hari

Biasanya, persyaratan nilai dalam seleksi beasiswa S2 Psikologi bukan hanya melihat transkrip terakhir saja. Bisa jadi harus melampirkan hasil selama dua hingga tiga semester.

Bahkan, bagi pelajar SMU, nilai rapor tiga tahun terakhir menjadi acuan. Itulah sebabnya, pastikan nilai selalu baik mulai jauh-jauh hari. Dengan demikian, persyaratan ini dapat terpenuhi dengan mudah.

2. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Kumpulkan informasi mengenai lembaga, yayasan, atau perusahaan penyelenggara beasiswa. Semakin banyak informasi, pilihannya pun menjadi semakin luas. Bisa jadi salah satu beasiswa S2 Psikologi dalam negeri dapat ditembus.

3. Jaga Supaya Tidak Memiliki Catatan Buruk

Saat ini, pergaulan anak muda semakin miris. Oleh sebab itu, harus pandai menjaga diri agar tidak terperosok pada pergaulan yang salah. Ini akan memengaruhi citra baik yang menjadi pertimbangan penerimaan beasiswa.

Hindari merokok, narkoba, dan seks bebas. Jadilah pelajar dan mahasiswa yang benar-benar berperilaku apa adanya. Alih-alih tergoda pergaulan yang salah, sebaiknya mempersiapkan diri untuk selalu berprestasi.

4. Ikuti Beragam Lomba

Prestasi yang pernah dicapai merupakan salah satu pertimbangan dalam keberhasilan memperoleh beasiswa S2 Psikologi. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk meraih juara di berbagai lomba.

Dengan demikian, portofolio prestasi pun menjadi semakin lengkap. Simpan semua piagam yang dimiliki sebagai dokumen pendukung pengajuan beasiswa nantinya.

Dengan melakukan persiapan sejak jauh hari sebelumnya, maka potensi lolos seleksi beasiswa S2 Psikologi menjadi lebih besar. Biaya kuliah pun dapat teratasi, sehingga cita-cita sekolah hingga jenjang lebih tinggi dapat teraih.

About Admin

Check Also

4 Cara Mendapatkan Beasiswa Kaist S2 Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

jejakblog – Beasiswa Kaist S2 adalah incaran para mahasiswa, bahkan sejak masih di tingkat Sekolah …