Apa itu Robo Advisors Penyedia Layanan Perencana Keuangan Otomatis? Simak!

jejakblog – Robo advisors (penasihat robo) adalah program digital yang menyediakan layanan perencanaan keuangan otomatis. Penasihat robo digerakkan oleh algoritma dengan sedikit atau tanpa pengawasan manusia. Mereka mengumpulkan informasi dari klien tentang situasi keuangan dan tujuan masa depan mereka melalui survei secara daring.

Penasihat robo menggunakan data tersebut untuk menawarkan saran kemudian menginvestasikan aset klien secara otomatis. Mereka menawarkan pengaturan akun yang mudah, perencanaan tujuan yang kuat, layanan akun, manajemen portofolio, dan fitur keamanan. Penasihat robo juga menyediakan layanan pelanggan yang penuh perhatian, pembelajaran yang lengkap, serta biaya yang rendah.

Pemahaman Robo advisor

Betterment adalah penasihat robo pertama yang diluncurkan pada tahun 2008 dan mulai menangani aset klien selama puncak resesi pada tahun 2010. Tujuan awalnya adalah untuk menyeimbangkan kembali aset dalam dana dengan tanggal tertarget sebagai cara investor mengelola investasi pasif, membeli dan menahan melalui antarmuka daring yang sederhana.

Teknologi ini bukanlah hal baru. Penasihat investasi telah menggunakan perangkat lunak yang mengatur alokasi portofolio otomatis sejak awal tahun 2000-an. Namun, hingga tahun 2008, hanya mereka yang dapat membeli teknologi tersebut. Akibatnya, klien harus mempekerjakan penasihat keuangan untuk mendapatkan manfaat dari inovasi tersebut.

Saat ini sebagian besar penasihat robo menggunakan strategi pengindeksan pasif yang dioptimalkan menggunakan beberapa varian teori portofolio modern. Beberapa menawarkan portofolio bagi investasi tanggungjawab secara sosial, investasi halal, atau strategi yang meniru dana lindung nilai.

Setelah satu dekade pengembangan, penasihat robo mampu menangani tugas yang lebih canggih, seperti pemanenan rugi-pajak, memilih investasi, hingga merencanakan pensiun. Industri ini mengalami pertumbuhan yang eksplosif. Aset klien yang dikelola mencapai $987 miliar pada tahun 2020, dengan ekspektasi $2,9 triliun pada tahun 2025.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S9+ : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Apa itu Robo advisors

Penyeimbang Ulang Portofolio

Umumnya Robo advisor menggunakan teori portofolio modern, atau beberapa variannya, untuk membangun portofolio pasif yang terindeks bagi penggunanya. Penasihat robo akan memantau untuk memastikan level aset optimal tetap dipertahankan bahkan setelah pasar bergerak menggunakan pita penyeimbang ulang.

Setiap level aset atau individu memiliki bobot target dan rentang toleransi yang sesuai. Contohnya, strategi alokasi dapat mensyaratkan untuk memiliki 30% di ekuitas pasar berkembang, 30% di pasar domestik, dan 40% di obligasi pemerintah dengan koridor +/- 5% bagi setiap level.

Pada dasarnya, kepemilikan pasar negara berkembang dan domestik berfluktuasi antara 25%-35%, sementara 35%-45% dari portofolio harus dialokasikan ke obligasi pemerintah. Apabila melampaui batas yang diizinkan maka seluruh portofolio diseimbangkan kembali sesuai komposisi awal. Semuanya dilakukan secara otomatis dan hampir tanpa biaya.

Penyeimbang lain melalui penggunaan algoritma oleh robo advisor adalah pemanenan rugi-pajak. Strategi ini melibatkan penjualan sekuritas dengan kerugian untuk mengimbangi kewajiban pajak keuntungan modal dalam sekuritas serupa. Strategi ini biasanya digunakan untuk membatasi pengakuan keuntungan modal jangka pendek.

Penasihat robo menjaga kestabilan dua atau lebih ETF untuk setiap level aset. JIka S&P 500 kehilangan nilainya maka secara otomatis akan menjualnya untuk mengunci kerugian modal. Pada saat yang sama membeli ETF S&P 500 yang berbeda. Penasihat robo harus berhati-hati memilih ETF yang sesuai dan ETF cadangan untuk menghindari kejahatan pencucian.

Manfaat Menggunakan Robo advisor

Keuntungan utama menggunakan Penasihat robo adalah berbiaya rendah, Menghilangkan penggunaan manusia, program daring ini menawarkan layanan yang sama dengan biaya murah. Sebagian besar penasihat robo mengenakan biaya tahunan 0,2%-0,5% dari total saldo akun klien. Ini jika dibandingkan dengan tarif 1%-2% yang dibebankan oleh perencana keuangan manusia (dan berpotensi lebih untuk akun berdasar komisi).

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A10S : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Robo advisor lebih mudah diakses. Mereka tersedia 24/7 selama pengguna memiliki koneksi internet. Modal yang dibutuhkan untuk memulai juga lebih sedikit karena aset minimum yang diperlukan untuk mendaftar akun biasanya dalam ratusan hingga ribuan ($5.000 adalah standar). Betterment bahkan tidak memiliki akun minimum sama sekali.

Sebaliknya, penasihat manusia biasanya tidak menerima klien dengan aset yang dapat diinvestasikan kurang dari $100.000. Mereka lebih memilih individu dengan kekayaan bersih tinggi yang membutuhkan berbagai layanan manajemen kekayaan dan sanggup membayarnya.

Keuntungan signifikan lain menggunakan robo advisor adalah efisiensi. Dahulu, jika klien ingin melakukan perdagangan, mereka harus menelepon atau bertemu secara fisik dengan penasihat keuangan. Mereka harus menjelaskan kebutuhan, mengisi dokumen, dan menunggu. Kini, semua dapat dilakukan dengan nyaman di rumah hanya dengan mengklik beberapa tombol.

Di sisi lain, menggunakan penasihat robo akan membatasi pilihan sebagai investor individu. Anda tidak dapat memilih reksa dana atau RTF tempat berinvestasi dan membeli saham atau obligasi individual di akun. Namun memilih saham atau mencoba mengalahkan pasar terbukti selalu memberi hasil yang buruk sehingga lebih baik menggunakan strategi pengindeksan.

Penasihat Robo dan SEC

Robo advisor memiliki status hukum yang sama dengan penasihat manusia. Mereka harus mendaftar ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Oleh karena itulah mereka harus tunduk pada undang-undang dan peraturan sekuritas yang sama dengan pedagang sekuritas tradisional. Penunjukkan resminya adalah “Penasihat Investasi Terdaftar” (RIA).

Aset yang dikelola oleh penasihat robo tidak diasuransikan oleh FDIC karena merupakan sekuritas yang dimiliki untuk investasi, bukan deposito bank. Namun, bukan berarti klien tidak terlindungi karena banyak cara lain yang digunakan oleh pialang untuk mengasuransikan aset.

Bagaimana Robo advisor Menghasilkan Uang

Cara utama sebagian besar penasihat robo menghasilkan uang adalah melalui biaya bungkus berdasarkan aset yang dikelola (AUM). Jika penasihat keuangan tradisional (manusia) mengenakan biaya 1% atau lebih per tahun untuk AUM, sebagian besar penasihat robo hanya mengenakan biaya sekitar 0,25% per tahun.

Baca Juga:  5 Cara Optimasi Blog Agar Cepat Diterima Adsense Tanpa Penolakan

Robo advisor dapat mengenakan biaya yang lebih rendah karena menggunakan algoritma untuk otomatisasi perdagangan dan strategi terindeks yang menggunakan ETF bebas komisi dan berbiaya rendah. Disebabkan mereka membebankan biaya yang rendah, penasihat robo harus menarik lebih banyak akun yang lebih kecil untuk menghasilkan pendapatan yang sama dengan penasihat yang lebih mahal.

Selain biaya manajemen, penasihat robo dapat menghasilkan uang dengan cara lain. Salah satunya adalah bunga yang diperoleh dari saldo kas (”manajemen kas”) yang dikreditkan ke penasihat robo, bukan klien. Oleh karena banyak akun penasihat robo hanya memiliki alokasi kecil untuk kas dalam portofolio mereka. Hal ini hanya dapat menjadi sumber pendapatan yang signifikan, sekali lagi, jika mereka memiliki banyak pengguna.

Aliran pendapatan lain berasal dari pembayaran untuk aliran pesanan. Biasanya penasihat robo akan mengumpulkan dana yang telah ditambahkan dari deposito, bunga, dan dividen, lalu menggabungkannya menjadi pesanan blok besar yang dieksekusi hanya pada satu atau dua poin dalam sehari.

Hal ini memungkinkan penasihat robo melakukan sedikit perdagangan dan mendapatkan persyaratan yang menguntungkan karena ukuran pesanan yang besar. Seringkali, blok ini akan diarahkan ke penyedia likuiditas tertentu seperti toko perdagangan frekuensi tinggi atau dana lindung nilai dengan imbalan rabat yang dibayarkan kepada penasihat robo.

Akhirnya, Robo advisor dapat memperoleh uang dengan cara memasarkan produk dan layanan keuangan yang ditargetkan kepada pelanggan mereka, seperti hipotek, kartu kredit, atau polis asuransi. Ini sering dilakukan melalui kemitraan strategis daripada penggunaan jaringan periklanan.

About Admin

Check Also

Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *