PPKM Jawa dan Bali Dilaksanakan Tanggal 3-20 Juli 2021, Simak Aturannya!

jejakblog – Melonjaknya kasus covid-19 di Indonesia membuat pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa dan Bali. Pemberlakuan ini diharapkan bisa menekan angka covid-19 di Pulau Jawa dan Bali. PPKM ini akan dilaksanakan pada tanggal 3-20 Juli 2021 atau selama 2 minggu.

Dalam menerapkan PPKM ini pemerintah memiliki beberapa aturan yang harus dilaksanakan oleh masyarakat di Jawa-Bali. Pembatasan aktivitas ini sudah dikaji para menteri yang ditujukan untuk memutus penyebaran virus corona.

ppkm jawa dan bali

Pemerintah Umumkan PPKM Melalui Kanal Youtube Setpres

Presiden Jokowi mengungkapkan melalui kanal Youtube Setpres bahwa hari ini (30/6/2021) merupakan finalisasi kajian PPKM karena angka covid sangat tinggi di daerah Jawa dan Bali. Adapun scenario PPKM yang akan diberlakukan pemerintah adalah sebagai berikut!

Skenario PPKM Jawa dan Bali

Usulan PPKM Darurat Jawa dan Bali :

  • Waktu pelaksanaan penerapan PPKM Jawa dan Bali : 3-20 Juli 2021 targetnya terjadi penurunan angka penambangan kasus covid harian kurang dari 10 ribu/hari.
  • Wilayah cakupan : 121 Kabupaten/ kota (45 kabupaten atau kota memiliki nilai Assesment 4 dan 76 kabupaten atau kota memiliki nilai Assesment 3) Jawa dan Bali.
Baca Juga:  🔴 LIVE ! Prediksi Prancis VS Jerman, Simak dan Dapatkan Live nya Disini!

Jangkauan Pengetatan Kegiatan :

  1. WFH (Work From Home) 100% bagi sector non essential
  2. Semua KBM (kegiatan belajar mengajar) dilakukan secara daring atau online
  3. WFO (Work From Office) maksimal 50% bagi sector essential dengan menjalankan protocol kesehatan. Sedangkan untuk sector kritikal boleh WFO maksimal 100% dengan menjalankan protocol kesehatan.
  • Sektor essential : pasar modal, keuangan dan perbankan, perhotelan non penanganan karantina, system pembayaran, industry orientasi ekspor dan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Sector kritikal : kesehatan, keamanan, energy, industry makanan, logistic dan transportasi, petrokimia, minuman dan penunjangnya, objek vital nasional, semen, konstruksi, proyek strategis nasional, penanganan bencana, industry pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari dan utilitas dasar (listrik dan air).
Baca Juga:  Jadwal Copa America 2021 Lengkap di Babak Perempat Final Sampai Final

4. Jam oprasional pasar tradisional, supermarket, pasar swalayan dan toko kelontong yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi buka sampai pukul 20.00 waktu setempat. Kapasitas pengunjungnya juga dibatasa maksimal 50%. Semua aktivitas di pusat perbelanjaan atau mal atau pusat perdagangan ditutup

5. Rumah makan dan restoran hanya diperbolehkan take away atau delivery

6. Pelaksanaan kegiatan kontruksi boleh beroperasi 100% dengan menjalankan prokes lebih ketat

7. Tempat ibadah sementara ditutup

8. Fasilitas umum sementara ditutup

9. Kegiatan olahraga, seni budaya dan social kemsyarakatan sementara ditutup

10. Transportasi umum boleh beroperasi dengan kapasitas maksimal 70% dan wajib menjalankan prokes lebih ketat

11. Resepsi pernikahan maksimal dihadiri 30 orang dengan menjalankan prokes lebih ketat dan tidak diperbolehkan makan di tempat resepsi atau harus take away dengan wadah tertutup.

Baca Juga:  🔴 Live Portugal VS Belgia Siapa yang Masuk Perempat Final?

12. Para pelaku perjalanan jauh dengan alat transportasi pesawat, bus atau kereta api wajib menunjukkan kartu vaksin dan tes PCR. Minimal vaksin dosis 1 dan PCR dilakukan H-2 sebelum perjalanan menggunakan moda transportasi tersebut.

13. TNI, Polri, Satpol PP dan Pemda melakukan pengawasan ketat selama PPKM Jawa dan Bali berlangsung

14. Penerapan 3T (Testing, Tracing, Treatment) harus selalu dilakukan

15. Target pencapaian vaksin 70% dari jumlah penduduk di kabupaten atau kota sampai bulan Agustus 2021

Itulah 15 poin aturan PPKM Jawa dan Bali. Sebagai masyarakat yang tinggalnya di wilayah pula Jawad an Bali harus mau mengikuti aturan ini. Sehingga, kasus infeksi covid-19 menurun terus sesuai yang diharapkan oleh pemerintah dan Anda semua sehat selalu.

About Admin

Check Also

daftar cpns 2021

Mau Daftar CPNS 2021? Ketahui Dokumen dan Cara Mengunggahnya di sscasn.bkn.go.id

jejakblog – Selasa tanggal 29/06/2021 pukul 14.00 WIB pengumuman seleksi CPNS telah dilakukan oleh Badan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *