6 Penyebab Printer Offline dan Cara Mengatasinya

jejakblog – Pada dasarnya, tentu ada banyak hal yang menjadi penyebab printer offline. Sayangnya, hal-hal tersebut tidak semuanya sudah dipahami oleh banyak orang. Oleh karena itu, jika terjadi masalah pada printer, maka kemungkinan besarnya seseorang akan memutuskan untuk langsung membawanya ke tukang servis. Padahal bisa jadi hal tersebut bisa saja diperbaiki secara mandiri.

Hakikatnya, printer offline merupakan tanda bahwa ada masalah pada jaringan antara komputer dan printer. Dalam hal ini, bisa jadi printer tidak terhubung ke dalam sumber listrik. Maka, otomatis printer juga tidak bisa menjalankan tugas untuk mencetak dokumen. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, maka Anda harus memahami penyebab printer jaringan offline.

penyebab printer offline

Penyebab Printer Offline

Berikut sejumlah hal yang menyebabkan printer offline:

Printer yang Tidak Kompatibel

Adanya ketidakcocokan tipe atau merk printer dengan jenis komputer tertentu menjadi penyebab printer offline yang pertama. Meski hal itu jarang terjadi, tapi bisa saja suatu printer memiliki syarat tertentu mengenai komputer yang bisa dihubungkan dengannya. Atau bisa juga komputer hanya bisa digunakan untuk tipe printer tertentu saja.

Oleh karena itu, meski ketika diinstal printer memang akan menyala. Namun, ketika akan digunakan printer menjadi offline dan akhirnya tidak akan bisa digunakan untuk mencetak. Walaupun seandainya bisa digunakan, maka hasil cetakannya biasanya kurang bagus. Maka, sejak awal penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan terkait kecocokan printer dan komputer atau PC Anda.

Baca Juga:  6 Aplikasi Pemutar Musik Offline Tanpa Wifi atau Data

Kertas Atau Tinta Habis

Sejumlah jenis printer telah mampu mendeteksi kertas yang habis lalu melaporkannya melalui pop up di dalam komputer. Akan tetapi, beberapa jenis printer belum dapat melakukan fungsi tersebut. Hal itu akhirnya menyebabkan printer hanya memberikan notifikasi bahwa printer sedang dalam keadaan offline. Hal tersebut pun terjadi apabila kondisi tinta printer telah atau akan habis.

Oleh karena itu, sebelum mencetak dokumen, Anda memang harus memeriksa ketersediaan kertas dan tinta pada printer. Apalagi jika Anda sedang ingin mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak. Maka otomatis Anda juga harus memastikan tinta printer masih cukup banyak begitupun dengan jumlah kertas.

Driver Printer Tidak Terinstall dengan Baik

Sama seperti perangkat keras komputer lainnya, maka printer juga membutuhkan software untuk bisa terakses di dalam sebuah komputer. Software tersebut disebut driver. Umumnya, driver tersebut telah ada di dalam satu paket penjualan printer dan Anda hanya perlu melakukan install saja di komputer.

Sayangnya, sekalipun sudah diinstall kadang masih saja muncul masalah terutama berkaitan dengan kesalahan user saat menginstall driver dari printer. Hal itu menyebabkan driver dari printer tidak terinstall dengan baik. Pada akhirnya hal itulah yang akan menimbulkan sejumlah masalah misalnya saja printer yang offline. Akibatnya, hasil cetakan menjadi buruk bahkan printer tidak dapat digunakan.

Penyebab printer offline yang satu ini bisa dihindari dengan cara membaca dan mengikuti dengan baik buku panduan install driver. Lakukan setiap tahapnya sesuai dengan yang diarahkan pada buku petunjuk. Kemudian, pastikan Anda menggunakan pengaturan default dalam proses install driver. Hal tersebut agar nantinya printer dapat dijalankan sesuai dengan spesifikasi dari pabriknya.

Adanya Masalah Pada Kabel Power Printer

Penyebab printer sering offline berikutnya adalah karena terdapat masalah pada kabel power printer. Hal tersebut pun biasanya terjadi terutama apabila printer sudah sangat lama atau sudah sangat sering digunakan. Masalah pada kabel power printer juga bisa terjadi ketika printer telah using dan sering terjepit. Maka, hal itu menyebabkan power atau tenaga listrik yang mengaliri printer tidak bekerja optimal.

Baca Juga:  Simak Cara Daftar Google Adsense Blog Agar Langsung Diterima!

Oleh karena itu, jika hal itu memang penyebab printer Anda offline, maka satu-satunya cara adalah mengganti kabel power pada printer. Dalam hal ini, ingatlah untuk selalu menggunakan kabel yang original. Hal tersebut karena produk original tentu memiliki kualitas terbaik karena telah melalui proses control dan uji yang ketat.

Beban Kerja Printer Terlalu Berat

Printer yang terlalu sering digunakan untuk mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak umumnya akan memengaruhi performa dari printer itu sendiri. Jika hal tersebut terjadi, maka tidak mengherankan bila sejumlah masalah akhirnya muncul. Faktor kelelahan itulah yang juga turut mengakibatkan printer menjadi offline.

Hardware Printer Rusak

Jika Anda merasa bahwa kelima penyebab sebelumnya tidak terjadi pada printer Anda, tapi printer tetap saja offline. Maka, kemungkinan besar penyebab printer offline tersebut diakibatkan oleh hardware dari printer itu sendiri yang telah mengalami kerusakan.

Kualitas hardware tersebut tidak bisa dilepaskan dari umur printer. Artinya, jika printer Anda memang sudah terlalu tua, maka hal itu akan berpengaruh pada kondisi hardware printer yang tidak lagi optimal. Pada akhirnya, hal itulah yang menyebabkan printer sering mengalami offline.

Cara Mengatasi Printer Offline

Berikut adalah cara mengatasi printer offline:

Pasang Kabel dengan Baik dan Benar

Kesalahan atau kekeliruan pemasangan kabel bisa menyebabkan printer mengalami masalah. Oleh karena itu, pastikan Anda memasangnya dengan baik dan benar. Anda juga harus selalu memeriksa kondisi kabel jangan sampai ada kabel yang terpotong atau rusak karena digigit tikus atau sebagainya.

Bersihkan Kertas yang Menyangkut

Posisi kertas akan menentukan bisa tidaknya printer mencetak dokumen dengan baik. Maka, apabila Anda mendapatkan pemberitahuan mengenai Paper Jam, hal itu berarti ada kertas yang tersangkut pada printer. Solusinya adalah perbaiki letak kertas dengan baik dan bongkar tutup printer jika Anda kesulitan mengambilnya. Lakukan dengan baik dan jangan sampai mencongkelnya.

Baca Juga:  Apa itu Robo Advisors Penyedia Layanan Perencana Keuangan Otomatis? Simak!

Tambahkan Kertas Pada Printer

Anda sudah memahami bahwa penyebab printer offline salah satunya karena jumlah kertas yang terlalu sedikit. Oleh karena itu, jika telah ada peringatan out of paper, maka itu artinya kertas yang tersedia sudah habis digunakan. Maka, untuk bisa menggunakan printer, Anda harus segera menambah jumlah kertasnya pada tempat penyimpanan kertas printer.

Isi Tinta Printer

Sama halnya dengan kertas, tinta printer yang sudah sangat sedikit atau bahkan habis otomatis akan menyebabkan printer tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, Anda harus segera melakukan pengisian tinta printer. Untuk menghindari terjadinya kerusakan cartridge, maka Anda sebaiknya jangan terlalu sering mengisi tinta pada saat tinta benar-benar telah habis.

Istirahatkan Printer

Faktor kelelahan menjadi salah satu penyebab printer offline. Maka, Anda sebaiknya tidak memaksakan jika printer memang sedang tidak bisa digunakan. Meskipun berupa mesin, printer juga sebenarnya butuh jeda. Oleh karena itu, jangan biarkan printer bekerja terlalu berat dalam waktu yang sering dan upayakan untuk mengistirahatkannya. Sebab, itu juga berpengaruh pada performa printer.

Update Driver Printer

Menginstall driver printer belum cukup untuk mengatasi sejumlah masalah pada printer. Hal itu karena driver juga selalu mengalami pembaruan. Oleh karena itu, Anda harus rajin mengeceknya. Dalam hal ini, pastikan bahwa driver Anda selalu dalam keadaan update.

Demikian informasi seputar penyebab printer offline. Jika semua cara yang telah dikemukakan belum berhasil, maka membawanya ke tukang servis adalah solusi terakhir yang bisa dilakukan.

About Admin

Check Also

Spesifikasi Samsung Galaxy Note9 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

jejakblog – Spesifikasi Samsung Galaxy Note9 sangat mengejutkan ialah usaha lain dari Samsung untuk merubah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *