5 Penyebab Aplikasi Terhenti dan Cara Ampuh untuk Mengatasinya

jejakblog – Pada dasarnya, penyebab aplikasi terhenti memang dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Hal tersebut pun sangat wajib untuk Anda ketahui karena aplikasi yang sering terhenti tentu akan mengganggu kenyamanan Anda. Apalagi jika aplikasi tersebut memang harus selalu Anda gunakan.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut Anda memang harus memahami mengenai penyebab aplikasi terhenti tiba-tiba. Hal itu agar aktivitas yang Anda lakukan melalui aplikasi bisa tetap terjamin kelancarannya. Nah, pada artikel berikut ini Anda akan menemukan dengan jelas informasi mengenai hal tersebut.

penyebab aplikasi terhenti

Penyebab Aplikasi Terhenti di Android

Di era teknologi yang semakin canggih ini, ada banyak sekali aplikasi-aplikasi baru yang hadir dengan menawarkan fungsinya masing-masing. Namun, dalam penggunaannya, kadang aplikasi mengalami masalah seperti tiba-tiba terhenti dan kondisi tersebut ternyata disebabkan oleh sejumlah hal diantaranya, yaitu:

Koneksi Internet Tidak Stabil

Koneksi internet yang lemot dan tidak stabil menjadi penyebab aplikasi terhenti yang pertama. Hakikatnya, penggunaan aplikasi tentu membutuhkan adanya koneksi internet yang cepat. Oleh karena itu, jika kondisi internet Anda naik turun, maka hal itu turut mengakibatkan aplikasi yang Anda gunakan bisa bermasalah.

Memori RAM Penuh

Pada dasarnya, RAM memiliki peran yang sangat penting pada perangkat Android. Termasuk dalam hal ini untuk menjalankan aplikasi. Jika perangkat Anda terdiri dari banyak aplikasi sementara kapasitas memori Anda terbatas. Maka, jangan heran bila aplikasi yang Anda jalankan akan kehabisan ruang. Pada akhirnya, hal itu menyebabkan terjadinya error atau bahkan tidak dapat Anda gunakan sama sekali.

Baca Juga:  Deretan Aplikasi untuk Merekam Layar PC, Youtuber Harus Tahu!

File Cache Aplikasi Menumpuk

Penyebab aplikasi terhenti secara tiba-tiba yang berikutnya adalah karena file cache pada aplikasi sudah sangat menumpuk. Hakikatnya, cache yang sudah terlalu banyak dan tidak pernah Anda bersihkan akan mempengaruhi performa smartphone Anda. Hal itu pun turut berpengaruh ketika Anda sedang menjalankan aplikasi.

Sistem Operasi yang Tidak Kompatibel

Pihak aplikasi tentu selalu berusaha melakukan penyempurnaan fitur-fitur untuk lebih menarik perhatian pelanggan. Sayangnya, setelah pembaruan tersebut, pihak aplikasi kadang menetapkan syarat agar pengguna bisa tetap menikmati aplikasi tersebut. Artinya, aplikasi hanya dapat digunakan jika smartphone dari pengguna sesuai dengan yang telah disyaratkan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang menggunakan smartphone versi lama, maka ada sejumlah aplikasi yang tidak lagi dapat Anda gunakan. Kalaupun aplikasi tersebut telah telanjur terinstall di perangkat Anda, tapi jika Anda mencoba menggunakannya. Maka, jangan heran kalau pada akhirnya aplikasi tersebut terhenti.

Penyebab Aplikasi Terhenti di iPhone

Sama dengan Android, penyebab aplikasi terhenti di iPhone juga disebabkan oleh pengaturan yang rusak. Selain itu, performa iPhone juga sangat berpengaruh misalnya dalam hal ini mengenai kapasitas RAM-nya yang terbatas. Penyebab berikutnya adalah antara aplikasi dengan iOS Anda memiliki versi yang berbeda.

Mengenai hal tersebut, Anda perlu ingat bahwa jika setelah melakukan pembaruan aplikasi tiba-tiba terjadi masalah. Maka, kemungkinan besar ada kesalahan pada proses update tersebut. Anda bisa langsung menghubungi developer untuk mengetahui cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Aplikasi yang Terhenti

Setelah Anda mengetahui penyebab aplikasi terhenti, maka penting pula bagi Anda untuk memahami cara menghindari.  Adapun sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi aplikasi terhenti adalah:

Baca Juga:  Kenali Apa Itu Phising Dan Bagaimana Menghindarinya

Hentikan Aplikasi Berjalan di Background

Anda telah mengetahui bahwa diantara sebab berhentinya aplikasi secara tiba-tiba adalah karena memori RAM sudah dalam keadaan penuh. Nah, solusi untuk mengatasi hal itu adalah dengan menghentikan aplikasi-aplikasi yang sementara berjalan di latar belakang atau background. Adapun langkah umum untuk melakukan hal tersebut adalah Anda bisa menekan tombol Recent Apps kemudian tekan ikon X.

Hapus Cache dan Data Aplikasi

Jika penyebab aplikasi terhenti di smartphone Anda adalah karena data dan cache aplikasi mengalami error. Maka, untuk mengatasinya Anda bisa melakukan pengaturan pada manajemen aplikasi. Dalam hal ini, Anda harus menghapus cache dan data aplikasi yang ada di smartphone Anda.

Adapun caranya adalah buka menu Settings kemudian pilih App & notifications  lalu Pilih Aplikasi. Setelah itu, pilih Storage kemudian pilih Clear Cache atau Clear Data untuk menghapus salah satu atau bahkan keduanya. Selain menggunakan cara manual tersebut, Anda juga bisa melakukan pembersihan menggunakan aplikasi pembersih Android seperti Ccleaner.

Cek Kartu microSD

Umumnya, smartphone saat ini hampir semuanya telah dibekali dengan slot kartu microSD tambahan. Hal itu berguna untuk menyimpan berbagai file termasuk beberapa aplikasi. Oleh karena itu, jika kartu microSD mengalami error, maka tidak jarang hal itu menyebabkan aplikasi Android terhenti saat Anda gunakan.

Sebagai langkah awal, Anda dapat mengatasinya dengan cara mematikan smartphone Android. Kemudian, mengecek kondisi kartu SD yang Anda gunakan. Anda bisa membuka kemudian memasangnya kembali. Setelah itu, coba nyalakan kembali smartphone Anda.

Restart Smartphone Android

Anda banyak sekali penyebab aplikasi berhenti sendiri pada Android. Adapun salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan restart pada perangkat Android. Melalui cara tersebut, smartphone Android tentu akan kembali dalam kondisi fresh seperti keadaan semula.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Lite : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Namun, apabila Anda tidak yakin untuk melakukan restart. Misalnya karena smartphone Anda dalam keadaan sangat panas. Maka, Anda bisa mencoba menonaktifkan smartphone Anda selama beberapa menit sebelum dinyalakan kembali.

Uninstall dan Install Ulang Aplikasi

Apabila pada semua cara sebelumnya Anda masih belum berhasil, maka tenang saja karena ada cara lain yang bisa Anda coba. Dalam hal ini, cobalah  untuk melakukan uninstall pada aplikasi yang terhenti tersebut. Kemudian, setelah beberapa saat silakan Anda install ulang.

Meski cara ini membutuhkan kuota internet guna untuk melakukan install aplikasi. Namun, tidak sedikit orang yang mengaku berhasil setelah mempraktikkan cara yang satu ini. Dalam hal ini, aplikasi yang awalnya mengalami error dan sering terhenti tiba-tiba langsung dapat berjalan normal kembali.

Update Aplikasi dan Sistem Operasi

Memperbarui aplikasi Android bisa jadi menjadi salah satu cara mengatasi aplikasi keluar sendiri. Pembaruan aplikasi memiliki sejumlah tujuan. Mulai dari mengatasi aplikasi error atau corrupt hingga menghilangkan beberapa bug yang bisa menjadi pemicu timbulnya permasalahan pada aplikasi.

Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak hanya wajib untuk melakukan pembaruan aplikasi melainkan juga perlu memperbarui sistem operasi Android. Pastikan bahwa sistem aplikasi Android yang Anda pakai merupakan versi terbaru. Hal tersebut disebabkan karena kebutuhan minimal aplikasi selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Artinya, untuk bisa menggunakan aplikasi yang telah diperbarui, maka Anda juga harus melakukan pembaruan pada sistem operasi Android Anda. Jika sistem operasi pada smartphone Anda masih menggunakan versi lama, maka jangan heran bila banyak masalah yang timbul. Dalam hal ini, termasuk mengenai lancar tidaknya Anda saat menjalankan aplikasi.

Demikian pembahasan seputar penyebab aplikasi terhenti dan cara mengatasinya. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda.

About Admin

Check Also

layanan Google Play telah berhenti

Alasan Mengapa Layanan Google Play Telah Berhenti Dan Cara Mengatasinya

jejakblog – Anda mungkin bingung jika tiba-tiba mendapat notifikasi “layanan Google Play telah berhenti”. Karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *