Informasi Pendaftaran CPNS 2021, Syarat, Formasi dan Tips Lolos

jejakblog – Seperti tahun-tahun sebelumnya, informasi tentang pendaftaran CPNS 2021 pun masih menjadi hal yang sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang saat ini. Tidak bisa dimungkiri, jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang menjadi profesi impian bagi banyak masyarakat Indonesia.

Hal tersebut tentu saja terjadi bukan tanpa sebab. Selain karena memiliki jenjang karir yang jelas, adanya dana pensiun pun kerap menjadi alasan utama orang-orang memilih menjadi PNS. Didasari karena hal itu pulalah jumlah orang yang mendaftar sebagai PNS pun semakin membludak. Ujung dari hal itu adalah seleksi CPNS akhirnya dilakukan dengan proses yang sangat ketat.

pendaftaran CPNS 2021

Syarat Menjadi PNS

Bagi Anda yang tertarik melakukan pendaftaran CPNS 2021, berikut sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi:

  1. Minimal berumur 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melakukan pendaftaran. Namun, khusus jabatan dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti, dan perekayasa yang memiliki kualifikasi pendidikan doktor, maka usianya maksimal 40 tahun
  2. Tidak pernah dijatuhi pidana penjara oleh pengadilan selama 2 tahun atau lebih
  3. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat maupun secara hormat atas permintaan sendiri sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian, dan pegawai swasta
  4. Tidak sedang menjabat sebagai calon PNS, anggota kepolisian, dan prajurit TNI
  5. Bukan anggota, pengurus, atau sekadar terlibat dalam partai politik
  6. Memenuhi kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan dari jabatan yang dipilih
  7. Sehat jasmani dan rohani
  8. Siap ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia

Selain hal tersebut, Anda juga perlu memahami sejumlah persyaratan khusus lainnya yang perlu dipenuhi pada jabatan yang akan dilamar. Tidak hanya itu, merujuk pada pendaftaran tahun lalu, maka Anda pun harus menyiapkan sejumlah dokumen penting. Mulai dari scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), pas Foto, swafoto, ijazah, dan transkrip nilai.

Baca Juga:  Cara Daftar Bansos Jawa Tengah, Verifikasi Melalui Android Mudah dan Tepat Sasaran

Formasi yang Dibutuhkan

Tidak dapat dimungkiri, akses untuk membuka link pendaftaran CPNS 2021 sedang menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Pada tahun ini, pemerintah menyediakan 1.275.387 untuk kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan disebar pada 56 kementerian, lembaga, dan formasi daerah.

Di pemerintah provinsi, formasi terbanyak untuk tenaga kesehatan, yaitu perawat, dokter, asisten apoteker, perekam medis, dan apoteker. Sementara kebutuhan terbanyak jabatan teknis, yaitu  pranata komputer, polisi kehutanan, penyuluh pertanian, pengelola keuangan, dan pengelola perpustakaan. Pada Instansi Pusat sendiri formasi terbanyak, yaitu penjaga tahanan, analisis perkara peradilan, pemeriksa, analisis hukum pertanahan, dan perawat

Adapun pendaftaran CPNS 2021 untuk tingkat kabupaten/kota juga banyak dibuka pada posisi pranata laboratorium kesehatan. Jabatan teknis tersebut terdiri dari penyuluh pertanian, auditor, pengelola pengadaan barang/jasa, pengelola keuangan, dan verifikator keuangan.

Alur Pendaftaran

Pada saat membuka link pendaftaran CPNS 2021, Anda akan mendapati sejumlah tahapan yang wajib dilalui. Tahapan tersebut mulai dari pembuatan akun pada portal resmi sscasn.bkn.go.id. Kemudian, login ke akun yang telah dibuat dan lengkapi biodata serta unggah swafoto. Setelah itu, melakukan pendaftaran formasi seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, hingga seleksi kompetensi bidang.

Formasi CPNS mulai diumumkan pada tanggal 30 Mei hingga 13 Juni 2021. Maka jika Anda membuka portal resmi SSCASN, seharusnya sudah ada sub menu info lowongan pada menu layanan informasi. Meski demikian, hal yang perlu diingat adalah setiap instansi memiliki ketentuannya masing-masing. Oleh karena itu, pastikan Anda terus memantau pengumuman terbaru terkait pendaftaran CPNS 2021 pada instansi yang dipilih.

Baca Juga:  Mau Daftar CPNS 2021? Ketahui Dokumen dan Cara Mengunggahnya di sscasn.bkn.go.id

Jadwal Pendaftaran Terbaru

Berdasarkan informasi pada laman resmi link pendaftaran CPNS 2021, ada sejumlah jadwal-jadwal penting yang wajib diketahui, yaitu:

  1. Proses seleksi administrasi dan pengumuman hasil seleksi administrasi dilakukan mulai 1 Juni hingga 31 Juni 2021. Pada tahapan tersebut setiap peserta diberi kesempatan untuk melakukan sanggahan terkait hasil yang telah diumumkan. Adapun masa sanggahan terhadap hasil seleksi administrasi tersebut bisa dilakukan hingga tanggal 11 Juli 2021.
  2. Proses ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan dilakukan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Adapun jadwal pelaksanaan ujian SKD CPNS akan dilakukan mulai bulan Juli hingga September 2021. Sementara itu, khusus untuk jadwal pelaksanaan ujian seleksi kompetensi bidang CPNS dimulai pada September hingga Oktober 2021.
  3. Adapun tahapan terakhir yang paling dinanti-nantikan oleh setiap peserta, yaitu informasi kelulusan dari pendaftaran CPNS 2021 akan diumumkan pada November 2021. Sementara penetapan NIP CPNS akan dilakukan pada bulan Desember 2021.

Tips Lolos Ujian CPNS

Setelah mengetahui sejumlah informasi penting terkait pendaftaran CPNS, maka simak sejumlah tips berikut agar peluang lolos Anda semakin besar:

  1. Belajar Sedari Awal

Jika pada bangku sekolah/kuliah Anda masih sering menggunakan sistem kebut semalam untuk persiapan ujian, maka segera hentikan kebiasaan itu sekarang. Sebab, hal itu hanya akan membuat pikiran lelah dan pada akhirnya bisa mengganggu stamina hingga konsentrasi Anda saat mengerjakan tes. Maka, belajarlah sejak jauh-jauh hari sebelum jadwal ujian tiba agar persiapan Anda bisa semakin matang dan maksimal.

  1. Jangan Terlambat Saat Pelaksanaan Tes

Sebelum tes pendaftaran CPNS 2021 dilakukan, maka akan ada proses verifikasi data, latihan pre-test CAT, hingga penyampaian terkait petunjuk teknis ujian. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah berada di ruangan beberapa menit sebelum waktu tes dimulai. Maka, jika ada hal-hal yang belum dipahami, Anda bisa langsung menanyakan kejelasannya kepada pihak pengawas.

  1. Jangan Biarkan Ada Jawaban Kosong

Pada dasarnya, tidak ada sistem pengurangan nilai dalam CAT, maka jangan biarkan ada satu nomor pun yang tidak terjawab. Perlu dipahami bahwa untuk TIU dan TWK jawaban yang benar bernilai 5 dan salah 0. Adapun TKP nilai berkisar dari 1 hingga 5, maka asal jawab pun minimal Anda masih bisa mendapatkan skor 1 untuk kelompok soal TKP.

  1. Selesaikan Soal Dari yang Termudah

Waktu tes hanya berlangsung selama 90 menit dan Anda harus mengerjakan 100 soal Tes Kemampuan Dasar (TKD). Dalam hal ini meliputi 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 30 soal Tes Inteligensia Umum (TIU), dan 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Maka, kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu dan jangan membiarkan banyak waktu terbuang untuk memikirkan jawaban dari soal yang dianggap sulit.

  1. Percaya Diri

Jawablah semua tes dengan fokus, jujur, dan percaya diri. Jangan pernah terpengaruh dengan hasil tes peserta lain. Selain itu, sebelum meninggalkan ruangan, periksalah kembali kelengkapan jawaban Anda. Jadi, meskipun waktunya sangat terbatas, tetapi upayakan untuk tetap mengerjakannya secara teliti.

Baca Juga:  Simak, 5 Cara Dapat Beasiswa Bengkalis 2020 ! Ikuti Trik Ini

Demikian informasi lengkap mengenai pendaftaran CPNS 2021. Pastikan Anda selalu mencari informasi terbaru terkait hal ini, ya. Jangan lupa jaga kesehatan dan persiapkan diri sejak awal agar bisa lebih yakin dalam menghadapi semua proses seleksinya. Terakhir, jangan lupa meminta doa restu orang tua dan keluarga serta berdoa kepada Tuhan agar diberi kemudahan.

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *