6 Pantangan Makanan untuk Batu Ginjal, Ketahui Apa Saja Itu?

Pantangan makanan untuk batu ginjal harus diketahui oleh para penderita batu ginjal. Pernahkan Anda mendengar mengenai penyakit batu ginjal? Tentu pernah ya? Penyakit ini bukan penyakit yang asing di telinga orang Indonesia. Tidak sedikitnya orang yang kena penyakit ini, menjadikan penyakit batu ginjal menjadi sangat familiar di lingkungan kita.

Biasanya, masyarakat kita menyebutnya juga dengan penyakit kencing batu. Batu ginjal merupakan penyakit yang disebabkan oleh pengkristalan mineral pada ginjal. Kristal inilah yang sering disebut sebagai batu ginjal. Senyawa yang menyebabkan pengkristalan mineral pada ginjal ini pun bermacam-macam, seperti penumpukan oksalat, kalsium fosfat, hingga asam urat bisa menjadi pemicunya.

Munculnya batu ginjal tentu menyakitkan bagi penderitanya. Untuk itu, bagi Anda yang mengidap penyakit ginjal ini, harus memerhatikan asupan makanan Anda. Hindari makanan-makanan yang dapat memicu pengkristalan mineral pada ginjal, agar tidak semakin memperparah kondisi Anda.

Penyakit Batu Ginjal Menurut Jenisnya

Pantangan Makanan untuk Batu Ginjal!  

Sebelum masuk ke dalam pembahasan pantangan makanan untuk batu ginjal, perlu Anda ketahui ada jenis-jenis batu ginjal.

1. Batu Kalsium

Batu ginjal yang terbentuk karena tingginya kadar kalsium yang terdapat dalam darah. Batu ginjal jenis ini, merupakan batu ginjal yang sering terjadi.

2. Batu asam urat

Batu ini terbentuk karena kadar asam urat di dalam darah itu tinggi. Penyebabnya adalah makanan yang mengadung kadar purin yang tinggi, dehidrasi, dan juga memiliki riwayat penyakit asam urat.

3. Batu struvit

Ini merupakan jenis batu ginjal yang disebabkan oleh infeksi, seperti infeksi saluran kemih yang berlangsung lama. Batu ginjal ini biasanya terbentuk dan membesar dengan cepat.

4. Batu sistin

Batu ginjal ini disebabkan oleh penyakit keturunan, yakni penyakit sistinuria. Penyakit ini menyebabkan ginjal mengeluarkan banyak asam amino.

Inilah Pantangan Makanan untuk Batu Ginjal

Lalu makanan apa saja yang dapat memicu batu ginjal semakin parah? Berikut beberapa pantangan makanan untuk batu ginjal yang harus dihindari.

1. Garam

Pantangan makanan untuk batu ginjal yang pertama adalah garam. Kadar garam yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan kalsium dalam urin. Untuk itu, jika Anda menderita penyakit ini, berhati-hatilah dengan yang namanya gara.

Hindari garam dalam makanan yang Anda konsumsi. Apabila terpaksa membeli dan memakan makanan olahan, cek terlebih dahulu kandungan garam yang terdapat di label makanan tersebut.

Hindari juga makanan cepat saji, karena ini cenderung mengandung kadar garam yang tinggi. Pun makanan yang ada di restoran. Jika terpaksanya makan di restoran, mintalah juru masak agar tak menambahkan garam dalam makanan yang Anda pesan.

2. Minuman Cola atau Soda

Tentu Anda akan setuju jika minuman ini sangat segar ketika diminum di cuaca panas. Walau menyegarkan, minuman ini menjadi pantangan bagi Anda penderita Batu Ginjal. Kandungan fosfat yang ada di dalam cola sangat membahayakan penderita, karena fosfat dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

Selain memicu pengkristalan mineral dalam ginjal, cola atau soda juga dapat menyebabkan dehidrasi. Di mana dehidrasi itu sendiri merupakan salah satu pemicu hadirnya batu ginjal.

3. Makanan dengan Kadar Oksalat Tinggi

Pantangan makanan untuk batu ginjal selanjutnya adalah makanan tinggi oksalat. Oksalat merupakan suatu senyawa yang terdapat dalam makanan. Senyawa ini erat kaitannya dengan beberapa jenis mineral yang dapat membentuk Kristal dalam tubuh.

Tubuh manusia memang beda-beda menanggapi suatu benda yang masuk dalam tubuh. Untuk beberapa orang, pembentukan Kristal dalam tubuh beresiko membentuk batu ginjal. Untuk itulah, penderita batu gingal sebisa mungkin menghindari atau mengurangi makanan yang mengandung oksalat, seperti coklat, kacang-kacangan, sayur bayam, dan ubi jalar.

4. Gula tambahan

Selanjutnya pantangan makanan untuk batu ginjal atau kencing batu adalah makanan yang mengandung gula tambahan. Sebisa mungkin hindari gula dalam setiap makanan yang Anda konsumsi.

Gula tambahan itu sendiri merujuk pada gula ataupun sirup, ditemukan dalam bentuk fruktosa atau sukrosa yang biasanya dicampurkan ke dalam makanan atau minuman olahan. Kandungan sukrosa dan fruktosa inilah yang dapat meningkatkan resiko pembentukan batu pada ginjal.

Selain itu, gula tambahan juga dapat Anda temukan di dalam pemanis lain, seperti pada sirup jagung (corn syrup), fruktosa terkristalisasi (crystallized fructose), madu, nektar agave, sirup beras merah, ataupun sirup tebu. Jadi, Anda harus kurangi makanan manis.

5. Protein yang Berasal Dari Hewan

Protein sangatlah baik bagi tubuh untuk pembentukan sel-sel yang rusak. Namun, siapa sangka, makanan berprotein hewani harus sangat dihindari oleh penderita batu ginjal. Kenapa ini menjadi pantangan makanan untuk batu ginjal? Karena protein hewani dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh.

Telah Anda ketahui sebelumnya bahwa salah satu pemicu pembentukan batu ginjal adalah tingginya asam urat dalam tubuh. Mengonsumsi protein tersebut dalam jumlah besar, dapat mengurai senyawa sitrat dalam urin, lho! Senyawa sitrat sendiri berperan dalam pencegahan pembentukan kristal dala ginjal. Pantangan makanan untuk batu ginjal

Jika senyawa ini berkurang, tentu dapat memicu pembentukan batu ginjal, dan ini membahayakan. Protein tersebut terdapat pada daging merah, daging unggas, ikan, dan telur. Sebagai gantinya, pederita bisa konsumsi protein nabati untuk memenuhi asupan protein untuk tubuh.

6. Makanan Laut

Siapa yang tidak suka dengan makanan laut atau seafood? Tentu Anda juga suka. Makanan tinggi akan protein itu banyak digemari oleh masyarakat kita. Seperti kerang, kepiting, cumi-cumi, ikan air laut, udang dan lain-lain. Namun, makanan laut ini menjadi salah satu pantangan makanan untuk batu ginjal.

Makanan laut mengandung kadar purin yang tinggi. Purin ini sendiri dapat memicu peningkatan asam urat dalam tubuh. Asam urat yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Jadi bagaimana? Siap tinggalkan makanan laut?

Tips Jaga Pola Makan untuk Penderita Batu Ginjal

Taukah Anda? Batu ginjal yang sudah hilang, masih bisa beresiko untuk muncul kembali, lho! Untuk itu Anda harus aktif menjaga pola hidup sehat. Anda juga harus tetap mengikuti arahan dokter dan meminum obat dengan teratur.

Dokter dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi jenis batu ginjal yang Anda derita. Dan kemudian, merancang pola diet yang paling sesuai dengan kondisi Anda agar tidak menganggu metabolisme tubuh Anda.

Beberapa anjuran yang mungkin akan diberikan dokter, yakni sebagai berikut ini.

  • minum paling tidak 12 gelas dalam satu hari,
  • minum jus buah-buahan sitrus,
  • konsumsi makanan yang kaya akan kalsium agar kadar oksalat tidak meningkat dalam tubuh,
  • membatasi asupan protein hewani,
  • membatasi konsumsi gula tambahan dan garam,
  • menghindari makanan dan minuman yang tinggi akan oksalat, purin, dan fosfat, menghindari makan atau minum apa pun yang memicu dehidrasi, seperti alkohol dan soda.

Nah, sudah jelas dan paham? Itu lah beberapa pantangan makanan untuk batu ginjal. Untuk itu Anda harus menjaga pola makan Anda.

About admin

Check Also

Cream Muka Glowing Terbaik

7 Cream Muka Glowing Terbaik Yang Mampu Bikin Wajah Cantik

Cream Muka Glowing Terbaik Yang Mampu Bikin Wajah Cantik, Sumbersehat.com | Wajah atau muka glowing …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *