7 Tips Ampuh Optimalisasi Blog Terindeks Google dan Visitor

jejakblog – Semua pemilik blog tentunya menginginkan agar blognya bisa terindeks Google dan bisa masuk ke dalam halaman pertama mesin pencari Google. Sebagus apapun konten yang ditampilkan dalam blog jika tidak terindeks oleh Google maka akan menjadi sia-sia. Perlu optimalisasi blog terindeks Google dan visitor sehingga trafik blog pun akan semakin meningkat.

Cara agar blog terindeks Google bisa dengan mudah dipelajari secara online. Blog yang tidak dapat terindeks oleh Google tentu saja tidak bisa muncul di halaman pencarian Google. Hal ini tentu saja sangat merugikan pemilik blog karena hampir semua pengguna internet memanfaatkan mesin pencari Google jika mencari suatu informasi.

7 Tips Ampuh Optimalisasi Blog Terindeks Google dan Visitor

Beginilah Cara Optimalisasi Blog Terindeks Google dan Visitor

Perlu beberapa upaya agar blog bisa terindeks oleg Google dan juga visitor. Membuat blog yang bagus dan konten berkualitas belumlah cukup jika blog atau konten tersebut tidak bisa dikenali oleh Google. Cara optimalisasi blog terindeks Google dan visitor dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut.

  • Miliki Akun di Google Webmaster

Cara agar blog terindex Google yang pertama adalah dengan memiliki akun di Google Webmaster. Jika sudah memiliki akun di Google Webmaster, maka pastikan bahwa akun tersebut terhubung dengan website atau blog yang dimiliki. Apabila keduanya belum terhubung, segera sambungkan melalui Google Search Console.

  • Kirimkan Site Map Website ke Google Search Console

Google akan lebih mudah mengindeks blog atau website yang telah mengirimkan sitemap website ke Google Search Console. Apabila web atau blog yang dimiliki belum mengirimkan sitemap ke Search Console, maka segera lakukan pengiriman site map. Sitemap berfungsi untuk memberitahu mesin pencari, termasuk mesin pencari Google, tentang halaman-halaman yang dimiliki oleh sebuah website.

  • Pasanglah Google Analytics di Blog

Google Analytics akan membantu pemilik blog untuk memantau traffic dan jumlah kunjungan pada blog mereka. Tools ini  akan menyajikan data yang berisi traffic dan jumlah pengunjung. Memasang Google Analytics pada blog atau website akan membantu Google untuk dapat mengenali blog tersebut.

  • Cantumkan Link Blog pada Profil Akun Media Sosial

Cara Optimalisasi blog terindeks Google dan visitor bisa dilakukan mencantumkan link blog pada profil akun media sosial yang dimiliki. Pastikan semua akun media sosial yang dimiliki mencantumkan link blog pada bagian profil. Sinyal sosial atau social signal bisa membuat sebuah web atau blog lebih cepat terindeks oleh Google.

  • Manfaatkan Google Search Console

Cara praktis untuk optimalisasi blog terindeks Google dan visitor adalah dengan memanfaatkan Google Search Console. Langkah-langkah agar website atau blog bisa cepat terindeks Google melalui Search Console adalah sebagai berikut.

  • Bukalah Google Search Console
  • Pada bagian “Periksa semua URL di … “, masukkan alamat URL yang hendak di indeks
  • Tekan “Enter” dan tunggu proses pengambilan data dari indeks Google
  • Klik menu “Minta Pengindeksan” pada halaman Inspeksi URL
  • Tunggu proses pengujian apakah URL yang dimasukkan bisa langsung terindeks atau tidak
  • Apabila seluruh proses pengindeksan sudah selesai, maka akan muncul pop up ”Pengindeksan Diminta”. Klik “OK” untuk mengakhiri.
  • Cek pada halaman Inspeksi URL. Apabila menu “Minta Pengindeksan” berubah menjadi “Minta Lagi”, artinya proses pengindeksan sudah berhasil.
  • Untuk memastikan bahwa blog telah terindeks sempurna, maka bukalah laman pencari Google. Ketikkan “site:(url blog yang telah diindeks)”. Jika URL yang tadi di indeks telah muncul pada saat laman pencarian Google, maka proses pengindeksan telah sempurna. Ulangi langkah-langkah tersebut di atas jika ingin melakukan pengindeksan pada URL lainnya.
Baca Juga:  5 Cara Riset Keyword dengan Copy Paste dari Website

Konsekuensi optimalisasi blog terindeks Google dan visitor salah satunya adalah trafik yang semakin tinggi. Saat trafik semakin tinggi, ada baiknya membuat konten yang membuat orang yang sama rajin mengunjungi blog. Pengunjung yang loyal seperti itu tentunya sangatlah menguntungkan. Salah satu cara membuat pengunjung menjadi loyal bisa dengan cara memberikan penawaran yang menarik.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy M12 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Demikianlah cara optimalisasi blog terindeks Google dan visitor yang dapat dengan mudah dilakukan. Setelah website atau blog terindeks oleh Google, sebaiknya tetap konsisten membuat konten yang menarik. Konten yang baik dan menarik tentunya akan membuat pengunjung tidak bosan untuk terus menerus mengunjungi blog tersebut. Selamat mencoba.

About Admin

Check Also

layanan Google Play telah berhenti

Alasan Mengapa Layanan Google Play Telah Berhenti Dan Cara Mengatasinya

jejakblog – Anda mungkin bingung jika tiba-tiba mendapat notifikasi “layanan Google Play telah berhenti”. Karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *