Alami Anosmia? Ini 5 Obat Alami Kehilangan Penciuman yang Ampuh

jejakblog – Anosmia atau kehilangan penciuman baru-baru ini sering dialami oleh banyak orang termasuk penderita covid-19. Indera penciuman kita merupakan bagian yang luas dari kehidupan kita sehari-hari, tanpa kehidupan yang tampaknya cukup hitam, putih, dan hampa.  Ada obat alami kehilangan penciuman yang ampuh.

Anosmia mengacu pada kondisi hidung ketika seseorang menderita kehilangan indera penciuman. Kadang-kadang itu mungkin cacat lahir yang mencirikan hilangnya penciuman total yang disebut sebagai ‘anosmia bawaan’. Atau kadang-kadang dapat terjadi di kemudian hari karena beberapa kondisi kesehatan yang mendasarinya, yang disebut sebagai ‘Hiposmia’.

Ini 5 Obat Alami Kehilangan Penciuman yang Ampuh

Kondisi Tubuh Saat Alami Anosmia

Anosmia umumnya terjadi ketika saraf yang mengirimkan sinyal dari hidung ke otak setelah mengidentifikasi bau tertentu rusak. Itu, bisa disebabkan karena beberapa kecelakaan atau tersumbat karena hidung tersumbat atau beberapa kondisi kesehatan lainnya. Yang pada akhirnya menghambat kemampuan untuk mencium.

Dalam kebanyakan kasus, anosmia terjadi ketika seseorang menderita batuk, pilek, sinus, rinitis, pertumbuhan jinak yang menghalangi saraf penciuman, sakit kepala, stres atau cedera di lobus temporal. Selain itu, juga muncul pada penderita covid-19.

Baca Juga:  PPKM Jawa dan Bali Dilaksanakan Tanggal 3-20 Juli 2021, Simak Aturannya!

Keadaan kekurangan penciuman

Ayurveda biasanya mendefinisikan ‘Anosmia’ sebagai ‘Ghrana Nasa’ dimana ‘Ghrana’ berarti ‘bau’ dan ‘nasa’ berarti ‘hilangnya sensasi’, dan biasanya kondisi ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon, karena kebiasaan makanan dan gaya hidup yang tidak sehat, akhirnya mengarah pada kejengkelan vata doshas di dalam tubuh dan di tempat tindakan.

Obat Alami Kehilangan Penciuman Dengan Cepat

Adapun obat alami anosmia yang ampuh dan cepat mengatasinya adalah:

Bawang putih

Sifat anti-inflamasi yang kuat dari asam risinoleat konstituen aktif dalam bawang putih mengurangi pembengkakan dan peradangan di dalam saluran hidung. Sehingga, sangat tepat sebagai obat alami kehilangan penciuman. Kehadiran sifat anti-bakteri menambah keuntungannya dengan membersihkan endapan dahak dari rute hidung dan juga memudahkan pernapasan dengan memperlebar saluran hidung.

Cara mengatasi anomia dengan bawang putih adalah hancurkan 4-5 siung bawang putih dan tambahkan ke dalam secangkir air mendidih. Rebus selama dua menit, tambahkan sedikit garam. Minum ramuan tersebut saat masih panas, dua kali sehari untuk mengembalikan indra penciuman.

Baca Juga:  Jangan Panik! Ini Cara Ampuh dan Efektif Tangkal Covid Varian Delta

Lemon

Selanjutnya, obat alami kehilangan penciuman yang ampuh adalah lemon. Kelimpahan vitamin C, antioksidan dan sifat anti-mikroba yang kuat dalam lemon memiliki arti penting dalam mengobati infeksi yang menyebabkan endapan lendir yang berlebihan di saluran hidung diikuti dengan hidung tersumbat dan berair.

Cara mengobati anosmia dengan lemon adalah peras jus satu lemon dalam segelas air hangat. Lalu, tambahkan satu sendok teh madu dan minum teh lemon ini dua kali sehari untuk meredakan tenggorokan dan hidung tersumbat.

Minyak jarak

Minyak yang diperoleh dari biji jarak menggambarkan sifat antioksidan, anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit yang kuat, yang mencegah pertumbuhan polip hidung. Ini sangat efektif dalam mengurangi gejala seperti pembengkakan dan peradangan yang terjadi karena batuk dan pilek. Sehingga, tepat sekali sebagai obat alami kehilangan penciuman karena membantu membangun kembali indera penciuman.

Cara mengobati anosmia dengan minyak jarak adalah dengan meneteskan setetes minyak jarak hangat ke dalam lubang hidung. Amalkan cara ini dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur untuk mendapatkan khasiat yang lebih cepat.

Baca Juga:  PPKM Jawa dan Bali Dilaksanakan Tanggal 3-20 Juli 2021, Simak Aturannya!

Daun mint

Mentol konstituen bio-aktif dalam daun mint menunjukkan sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi. Itu memainkan peran penting dalam mengurangi gejala batuk dan flu yang menyebabkan hidung tersumbat, tenggorokan dan rongga dada. Cara mengobati anosmia dengan daun mint adalah rebus 10-15 lembar daun mint dalam secangkir air. Saring dan minum campuran setelah diresapi dengan sendok madu untuk membuka hidung tersumbat dan mengembalikan indra penciuman.

Jahe

Selanjutnya, obat alami kehilangan penciuman adalah jahe. Gingerol, konstituen aktif jahe memberikan aroma khas dan rasa jahe yang membantu merangsang selera dan meningkatkan indera penciuman. Selain itu, sebagai ekspektoran alami.

Jahe juga menunjukkan sifat anti-mikroba dan penghilang rasa sakit yang ampuh yang membantu mengobati infeksi di saluran hidung dan membersihkan partikel rheum dari hidung. Cara mengobat anosmia dengan jahe adalah dengan menyeduhnya menjadi teh atau mengunyah sepotong kecil jahe untuk meningkatkan indra penciuman Anda.

Itulah beberapa obat alami kehilangan penciuman yang cocok Anda aplikasikan saat ini, baik pada penderita covid maupun tidak. Semoga berhasil dan sehat kembali.

About Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *