Ketahui 7 Menu Makanan Diet Untuk Ibu Menyusui Selama 1 Minggu, Simak!

Tidak sedikit ibu yang ingin langsung menurunkan berat badan pasca persalinan. Meskipun hal ini diperbolehkan, tapi tetap saja pada masa ini ibu menyusui membutuhkan banyak energi untuk menyusui bayi yang baru dilahirkan. Jadi ibu harus tahu makanan diet untuk ibu menyusui yang tepat nutrisinya.

Di masa menyusui, pola makan yang seimbang dan sehat menjadi bagian paling penting untuk diterapkan. Makanan yang perlu dikonsumsi ibu menyusui mencangkup karbohidrat, sayuran, buah-buahan, makanan yang memiliki kandungan susu dan protein. Hingga saat ini tidak ada jawaban pasti berapa kalori yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Rekomendasi Makanan Diet untuk Ibu Menyusui

makanan diet untuk ibu menyusui

Bagi ibu menyusui yang bingung menu terbaik untuk diet alami, tenang saja karena kami akan mencoba merangkumkan. Supaya bisa langsung menjalankan program diet alami yang menyehatkan untuk ibu hamil, berikut rekomendasi menu terbaik yang bisa dikonsumsi:

Tumis kangkung dan ikan panggang

Menu makanan diet untuk ibu menyusui yang pertama adalah tumis kangkung dan ikan panggang. Seperti yang kita ketahui bersama jika ikan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Semua nutrisi tersebut bagus saat Anda menjalani diet alami untuk ibu menyusui. Manfaatnya seperti bisa membantu untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak.

Tak hanya itu, ikan juga bagus untuk menyehatkan jantung, memenuhi kebutuhan vitamin D untuk bayi dan ibu menyusui serta mengurangi depresi pada ibu menyusui. Hal ini berbeda dengan kangkung yang ada dalam menu terbaik ini. Dimana kangkung memiliki kandungan serat yang bagus untuk pencernaan. makanan diet untuk ibu menyusui

Bukan hanya itu, tumis kangkung juga bagus untuk menambah energi bagi ibu menyusui, mengandung vitamin A dan menyumbang asal folat yang dipakai untuk memperbaiki kualitas ASI yang dikeluarkan ibu menyusui. Diet alami untuk ibu menyusui ini sangat penting untuk dipenuhi.

Ayam panggang dan sayur pakcoy

Menu ayam cocok untuk makanan diet untuk ibu menyusui. Ayam memiliki kandungan protein serta zat besi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Protein membantu dan memelihara tubuh ibu. Untuk si bayi, protein ini bagus untuk otot, otak, antibodi, tulang, jantung, paru-paru dan organ tubuh lainnya.

Untuk memaksimalkan kandungan dari ayam panggang, ibu menyusui bisa melakukan diet alami dengan mengonsumsi sayur pakcoy. Pasalnya sayur ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bagi yang sedang melakukan diet alami untuk ibu menyusui, pakcoy mengandung sedikit kalori saja sehingga bagus untuk ibu menyusui.

Pepes tahu dan sayur asam

Tahu menjadi makanan yang nutrisinya tidak usah ditanya lagi. Makanan yang terkesan sangat sederhana ini kaya akan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Kalsium ini bagus untuk menambah perkembangan tulang dan pertumbuhan si kecil. Jika ibu menyusui mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi, ASI yang dikeluarkan juga lebih banyak.

Untuk sayur asam sendiri mengandung senyawa yang bisa menambah kuantitas dan kualitas ASI yang dikeluarkan. Contoh sayur asam yang direkomendasikan berisi labu, kacang-kacangana atau melinjo. Dengan makanan diet untuk ibu menyusui ini, ibu bakal lebih sehat dan si kecil juga lebih tangkas selama masa menyusui.

Sup ayam dan telur dadar bayam

Mengonsumsi lima butir telur setiap hari bisa membuat ASI ibu lebih lancar dari biasanya. Hal ini karena telur menjadi sumber vitamin D yang baik untuk tulang dan gigi si kecil. Beda lagi dengan bayam yang dicampurkan ke telur. Dimana jenis sayur ini sangat baik untuk kesehatan tubuh si ibu dan anak karena mengandung vitamin A.

Vitamin ini bertugas untuk membantu perkembangan mata dan kulit bayi menjadi lebih optimal. Selain itu digunakan juga untuk memelihara kulit dan mata ibu. Vitamin C yang ada dalam bayam juga bagus untuk menyerap zat besi, mencegah terjadinya infeksi, menyehatkan ligamen serta menjaga pembuluh darah. Diet alami untuk ibu menyusui ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Ayam sendiri memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Sehingga bagus untuk meningkatkan kekebalan atau metabolisme ibu dan si kecil. Terlebih jika ayam dijadikan sup yang didalamnya berisi sayuran sehat seperti kembang kol dan sebagainya. Kombinasi menu ini menjadi yang terbaik untuk diet alami yang Anda lakukan.

Sayur bayam dan ayam bakar lombok hijau

Seperti yang sudah dibahas sebelum-sebelumnya, ayam memiliki kandungan protein serta zat besi yang amat tinggi untuk tubuh. Sehingga bagus untuk meningkatkan kualitas ASI dan jumlah ASI yang dikeluarkan ibu. Sedangkan sayur bayam memiliki kandungan Vitamin A dan C yang bagus untuk si kecil dan mama. Dua kombinasi makanan diet untuk ibu menyusui ini tidak kalah ampuh dan menyehatkan.

Bagi yang sudah bosan dengan ayam panggang di menu sebelumnya, Anda bisa memanggang ayam tadi dengan olesan sambal hijau. Terlebih akan lebih sehat jika dibarengi dengan sayur bayam yang kaya akan zat besi. Ingat, ibu menyusui tidak disarankan menggoreng makanan yang akan dikonsumsi karena mengandung lemak jahat yang berbahaya untuk ibu dan si bayi.

Pecel sayur dan tahu telur

Pecel dan tahu telur bisa menjadi makanan diet untuk ibu menyusui yang disarankan dikonsumsi. Pecel biasanya mengandung sayuran sehat seperti kacang panjang, kol, bayam dan touge. Dimana sayuran ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh ibu dan si bayi. Akan lebih nikmat jika disantap dengan taburan bumbu kacang yang agak kental dan tambahan tahu telur.

Manfaat sayuran, tahu dan telur yang ada di menu ini sudah dijelaskan di pembahasan sebelumnya. Dimana menu sehat ini bisa menyehatkan tubuh ibu usai persalinan. Selain itu juga bisa meningkatkan senyawa sehat dalam ASI sehingga bagus untuk bayi yang menyusui. Jangan lupa perbanyak konsumsi air putih supaya kandungan ini bisa diserap tubuh dengan baik.

Telur mata sapi dan mie shirataki

Mie shirataki menjadi mi yang rendah akan kalori sehingga cocok dalam menu diet alami untuk ibu menyusui. Penelitian juga menyebutkan jika serat glucomannan di mie shirataki bisa menurunkan kadar gula darah serta menurunkan risiko resistensi insulin. Cocok untuk ibu menyusui yang sedang melakukan diet sehat dan alami.

Untuk menambah kandungan sehat di menu ini, Anda bisa menambahkan telur mata sapi sebagai sumber protein. Kombinasi dua menu ini benar-benar sempurna dan cocok untuk diet alami untuk ibu menyusui yang sedang Anda lakukan.  

Jika dilihat secara umum, ibu menyusui membutuhkan 500 kalori lebih banyak dibanding perempuan yang tidak sedang dalam masa menyusui. Atau jika dilihat dari angkanya, total kalori yang dibutuhkan ibu menyusui adalah 2000 hingga 2500 kalori per harinya. Jadi saat mengonsumsi diet makanan diet untuk ibu menyusui,  bagaimanapun caranya kalori ini harus dipenuhi dengan baik.

About admin

Check Also

Cream Muka Glowing Terbaik

7 Cream Muka Glowing Terbaik Yang Mampu Bikin Wajah Cantik

Cream Muka Glowing Terbaik Yang Mampu Bikin Wajah Cantik, Sumbersehat.com | Wajah atau muka glowing …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *