Mengulik Adsense Vs Affiliate Dari Sisi Keuntungan Dan Kekurangan

jejakblog – Mana yang lebih menguntungkan antara adsense VS affiliate? Pertanyaan ini sesungguhnya akan sulit dijawab oleh para blogger. Karena jawaban terbaik setiap blogger mungkin berbeda. Sebagian peternak blog dengan visitor tinggi bisa menjawab bahwa adsense lebih menguntungkan.

Sedangkan bagi blogger dengan visitor harian minimal, maka affiliate bisa dianggap lebih menguntungkan. Bagaimana detail konsekuensi masing-masing pilihan? Monetize blogger melalui adsense dan afiliasi saat ini menjadi pilihan terbaik untuk gajian dari blog.

Mengulik Adsense Vs Affiliate Dari Sisi Keuntungan Dan Kekurangan

Keuntungan Adsense

Memilih antara adsense vs affiliate memang perlu pertimbangan mendalam. Ada banyak master blog yang mendapat penghasilan puluhan hingga ratusan juta dari blog. Siapa yang tidak tergiur dengan pendapatan yang banyak? Pasti setiap orang menginginkannya.

  • Sekali Daftar

Untuk satu blog, adsense hanya perlu sekali daftar. Selanjutnya iklan akan terpasang otomatis dan dapat dikendalikan letak pemasangannya oleh pemilik blog. Meskipun untuk mendaftar adsense perlu diperhatikan beberapa hal penting. Seperti umur blog, niche yang dibidik, dan dan pertimbangan lain yang hanya diketahui oleh tim Google.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S20+ : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Pendaftaran adsense hanya perlu dilakukan melalui link yang tersedia di akun adsense. Namun pendaftaran tersebut dapat diterima atau ditolak oleh tim, adalah murni kewenangan mereka. Pemilik blog tidak dapat melakukan protes jika pendaftarannya ditolak. Mungkin karena niche blog yang dianggap kurang bagus oleh Google, atau karena sebab lain yang tidak dijelaskan.

  • Passive Income

Umumnya adsense memberikan pembayaran berdasarkan jumlah klik atau jumlah pengunjung situs tersebut. Semakin banyak visitor yang bertahan di blog tersebut, maka peluang passive income semakin besar. Selama blog tersebut aktif, maka adsense dapat ditarik penghasilannya. Namun jika domain atau hosting tidak diperpanjang maka tidak bisa diakses lagi.

Akses passive income dari adsense dapat ditarik setelah jumlahnya mencapai angka minimal sebanyak 100 dolar. Jika kurang dari itu, Google meminta para blogger bersabar sehingga penghasilannya terus meningkat dan dapat dicairkan. Oleh karena itu adsense sangat diburu para master blog dengan visitor tinggi.

Keuntungan Affiliate

Untuk memilih antara adsense vs affiliate, para blogger perlu memahami apa itu affiliate atau program khusus untuk iklan klien. Baik melalui iklan murni atau keseluruhan artikel dengan link yang terhubung langsung pada produk klien.

  • Tidak Butuh Banyak Visitor Harian

Afiliasi oleh klien tidak menuntut visitor harian tinggi. Hanya saja, perlu visitor yang tertarget dari setiap blog sesuai niche yang dibidik. Visitor tinggi namun tidak tertarget dapat dikalahkan oleh visitor rendah namun tertarget. Umumnya klien lebih menyukai produknya dilihat oleh para calon pembeli. Untuk apa banyak pengunjung tapi tidka sesuai dengan target pasar, kan?

  • Komisi Menggiurkan

Biasanya, kisaran minimal nilai kerjasama afiliasi adalah sekitar 100 ribu rupiah untuk sekali kerjasama. Angka tersebut dapat meningkat sesuai dengan program afiliasi yang berhasil diikuti. Belum lagi seandainya menang lomba blog, hadiahnya bisa mencapai jutaan rupiah. Jika dibandingkan dengan adsense, sepertinya program ini lebih menggiurkan.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A51 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Kekurangan Adsense dan Affiliate

Jadi, mana yang lebih menarik antara adsense vs affiliate? Adsense yang berhasil didaftarkan cenderung merusak tampilan postingan dengan berbagai iklan sesuai kemauan mereka. Oleh karena itu beberapa blogger memilih untuk tidak memasang iklan, karena tidak suka dengan keberadaan iklan.

Baca Juga:  50 Keyword CPC Tertinggi 2021 di Indonesia, Jangan Salah!

Begitu juga untuk program afiliasi, yang menuntut kinerja para blogger lebih baik dari sebelumnya. Karena merasa telah membayar dengan nominal cukup, para mereka menuntut para blogger dengan tulisan khusus dan sesuai dengan permintaan. Biasanya permintaan khusus tersebut berhubungan dengan optimasi SEO berdasarkan hasil riset.

Adsense Vs Affiliate

Maka untuk memilih antara adsense vs affiliate, para blogger hanya perlu memilih berdasarkan kriteria dan fokus kemampuan masing-masing. Memadu-padankan keduanya juga bukan hal yang mustahil. Artinya menerapkan dua strategi dalam satu blog sekaligus juga dibolehkan. Selama tetap bisa merasa nyaman sambil terus meningkatkan penghasilan.

Tidak ada yang lebih bagus di antara adsense atau afiliasi dalam dunia blog. Masing-masing dapat menjadi sumber pendapatan bagi yang bisa memanfaatkannya sebagai sebuah hobi yang menghasilkan gaji. Bahkan keduanya bisa diterapkan sekaligus selama blogger mampu menyeimbangkan kedua kepentingan besar tersebut.

Sedikit pembahasan mengenai adsense Vs affiliate ini semoga menjadi bahan pertimbangan pembaca untuk memilih. Jika dirasa bisa memaksimalkan di salah satu cara, maka ambil dan konsisten hingga benar-benar menghasilkan. Namun jika memungkinkan untuk melakukan optimasi keduanya sekaligus, mengapa tidak?

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *