7 Cara Untuk Mengubah PDF Ke Word Gratis, Lengkap dan Jelas

jejakblog – Ada kalanya, mengubah pdf ke word gratis dibutuhkan untuk beragam keperluan. Hal ini memang sangat wajar, karena dokumen dalam bentuk pdf sulit untuk diubah atau di-edit. Sementara ada beberapa kebutuhan yang mengharuskan seseorang melakukan perubahan data.

Di sinilah peran adanya teknologi yang mampu mengubah pdf ke word gratis. Tak hanya melalui komputer saja, proses pengubahan ini juga dapat dilakukan melalui smartphone. Bahkan, proses pengubahan tipe dokumen tersebut kini tak lagi menghabiskan waktu yang cukup lama.

mengubah pdf ke word

Cara Mengubah Pdf Ke Word Gratis

Ingin melakukan penyuntingan file PDF untuk keperluan skripsi atau melengkapi isi formulir? Tak perlu bersusah payah lagi, karena sudah ada banyak cara untuk mengubah pdf ke word gratis. Berikut beberapa cara untuk melakukan perubahan tipe dokumen dari pdf ke word:

1. Via Situs Converter

Situs Converter merupakan salah satu cara untuk mengubah pdf ke word gratis yang dapat dilakukan tanpa aplikasi. Sebab, proses pengubahan data dilakukan dengan sistem online, langsung melalui browser yang ada pada smartphone atau komputer. Berikut panduannya:

  1. Kunjungi situs converter ke https://convertonlinefree.com/.
  2. Scroll ke bawah sampai pada kolom PDF to Word. Klik bagian Choose File, lalu unggah dokumen PDF yang ingin diubah. Klik Open.
  3. Setelah dokumen berhasil diunggah, klik Convert.
  4. Tunggu beberapa saat sampai file selesai diproses. Biasanya akan muncul notifikasi untuk memilih lokasi penyimpanan hasil convert. Namun, hal ini juga bergantung pada pengaturan browser. Jika diatur otomatis, maka file hasil pengubahan akan langsung masuk pada folder Downloads.
Baca Juga:  Inilah Cara Mengedit Text Di PDF Praktis Dan Gampang

2. Via Aplikasi UniPDF

Berbeda dengan poin sebelumnya, UniPDF merupakan salah satu sistem mengubah pdf ke word gratis melalui aplikasi. Meski sedikit ribet, tetapi aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pengubahan secara offline dan gratis. Berikut panduannya:

  1. Unduh aplikasi UniPDF melalui Playstore atau langsung klik https://unipdf.com/id/download/.
  2. Jika proses pengunduhan sudah selesai, buka software UniPDF. Pada kolom Home, klik tombol + Add yang berada di bagian pojok kiri bawah untuk menambahkan dokumen yang mau diubah.
  3. Pilihlah file PDF yang diinginkan, lalu klik Open.
  4. Pada menu Output Format, pastikan sudah ter-setting dalam bentuk Word. Klik Convert.
  5. Pilihlah lokasi penyimpanan hasil convert, klik OK.
  6. Tunggu sampai muncul notifikasi Conversion Completed. Untuk membuka file secara langsung, pilih Open Converted Files. Sementara untuk membuka folder penyimpanan, pilih Open Output File Path.

Perlu menjadi catatan, untuk aplikasi dalam mode gratis pengguna hanya dapat melakukan konversi maksimal 3 kali dalam satu hari. Selain mengubah pdf ke word gratis, aplikasi ini juga menyediakan dalam format lain, seperti Excel. Oleh karena itu, UniPDF cukup direkomendasikan.

3. Via Adobe Acrobat Pro

Bagi seseorang yang sudah terbiasa dengan dunia komputerisasi tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Adobe Acrobat. Vendor yang satu ini memang menyediakan beragam produk unggulan untuk memudahkan pengguna komputer. Namun, hanya ada satu produk yang dapat mengubah file pdf ke word gratis, yaitu Adobe Acrobat Pro.

Sebenarnya, proses konversi tersebut tidak hanya ke dalam bentuk Microsoft Word saja, tetapi juga Microsoft Visio, Microsoft Project, maupun AutoCAD. Cukup dengan satu aplikasi, berbagai macam kebutuhan dapat dilakukan dengan mudah. Berikut panduan untuk mengkonversi PDF ke Word:

  1. Unduh aplikasi Adobe Acrobat Pro melalui Playstore atau klik https://acrobat.adobe.com/sea/en/free-trial-donwload.html (untuk versi trial).
  2. Setelah selesai diunduh, jalankan aplikasi tersebut. Buka file PDF yang akan diubah ke dalam bentuk Word.
  3. Pilih menu File, lalu pilih Export To. Klik Microsoft Word, lalu pilih Word Document.
  4. Pilih menu Save As. Atur lokasi penyimpanan yang diinginkan, sementara pada kolom File Name isi dengan nama dokumen hasil konversi. Klik Save.
Baca Juga:  3 Rekomendasi Aplikasi Backup Data PC Terbaik

4. Via Google Docs

Salah satu cara untuk mengubah pdf ke word gratis yang paling banyak digunakan, yaitu melalui Google Docs. Fitur besutan Google ini memang layak diacungi dua jempol. Selain dapat mengunggah dan mengedit file PDF, fitur ini juga dapat menyimpan dokumen dalam berbagai format. Berikut panduan konversinya:

  1. Masuklah pada akun Google yang dimiliki, lalu masuk ke bagian Google Drive.
  2. Unggah dokumen PDF yang ingin dikonversi, tunggu sampai proses tersebut selesai.
  3. Setelah berhasil diunggah, klik kanan pada file tersebut. Pilih Open With, lalu klik Google Docs.
  4. Di sini, susunan dokumen mungkin akan mengalami perubahan. Oleh karena itu, perbaiki saja terlebih dahulu, lalu Save.
  5. Setelah selesai, klik menu File, pilih Download As, lalu pilih lagi Microsoft Word.

5. Via pdf2doc.com

Situs pdf2doc.com merupakan salah satu situs untuk mengubah pdf ke word gratis secara online. Sebenarnya masih ada beberapa situs serupa yang lain, tetapi kali ini akan memberikan contoh melalui pdf2doc.com. Pada dasarnya, semua melalui cara yang sama, yaitu:

  1. Buka situs terlebih dahulu ke https://pdf2doc.com/id/.
  2. Setelah berhasil masuk, pilihlah kolom PDF to Doc untuk mengubah pdf ke format word gratis.
  3. Klik Upload Files, lalu pilih dokumen yang ingin dikonversi. Kelebihannya, di dalam situs ini pengguna dapat mengunggah banyak file PDF sekaligus. Dengan demikian, cukup sekali proses dapat menghasilkan banyak konversi.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pengubahan format selesai. Klik Download untuk mengunduh hasil konversi dan Download All seandainya ada banyak file yang dikonversi.
Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A31 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

6. Via Foxit Reader

Foxit merupakan sejenis perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membaca, mencari, dan mencetak dokumen dalam bentuk PDF. Namun, ternyata software ini juga sering digunakan untuk mengubah pdf ke word gratis. Berikut panduan untuk melakukan konversi menggunakan aplikasi Foxit Reader:

  1. Unduh aplikasi Foxit Reader melalui https://foxit-reader.id.uptodown.com/windows.
  2. Jika sudah berhasil terinstal, bukalah aplikasi. Pilih file yang ingin dikonversi pada tombol Open File, klik Open.
  3. Simpan file tersebut dengan mengklik tombol Save As. Ubah File Name dengan nama yang diinginkan, sementara pada Save as Type diubah menjadi TXT.
  4. Pindahlah ke Microsoft Word, lalu buka file TXT yang tadi disimpan.
  5. Saat muncul notifikasi File Conversion, klik OK.
  6. Setelah file berhasil dibuka, simpan dalam bentuk docs.

7. Via Microsoft Office

Ingin mengubah pdf ke word gratis dan tanpa ribet? Pengguna dapat langsung melakukannya melalui lembar kerja atau Microsoft Office. Namun, cara ini hanya dapat dilakukan untuk pengguna Microsoft 2013 ke atas. Sementara pada versi 2010 atau 2007 belum dibekali dengan fitur converter. Berikut panduan untuk melakukan konversi:

  1. Buka Microsoft Office, lalu pilih file PDF yang ingin diubah.
  2. Saat muncul notifikasi peringatan, langsung klik OK.
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses konversi selesai. Simpan hasilnya dengan klik menu File, pilih Save As. Pada kolom Document Type, pilih menjadi docs.

Demikian 7 cara untuk mengubah pdf ke word gratis, baik secara online, offline, aplikasi, dan tanpa aplikasi apapun. Beberapa langkah di atas juga dapat diterapkan untuk konversi menggunakan smartphone. Semoga dapat memberikan kemudahan untuk Anda.

About Admin

Check Also

cara reset hp Oppo

Begini Cara Reset Hp Oppo Jika Lemot Atau Terkunci, Mudah!

jejakblog – Mungkin Anda sedang bingung bagaimana cara reset hp Oppo yang benar. Jika tiba-tiba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *