7 Langkah Membuat Website Sekolah dengan WordPress

jejakblog – Website adalah salah satu bentuk bukti dari canggihnya teknologi. Adanya website, seseorang bisa memperkenalkan apa saja sehingga lebih banyak diketahui oleh khalayak ramai. Biasanya, mereka yang mengisi konten dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Salah satunya adalah sekolah. Anda bisa membuat website sekolah dengan WordPress.

Ada beberapa manfaat dengan membuat akun website untuk sekolah. Yakni sebagai media publikasi, profil sekolah, dan sarana pengumuman. Selain itu, ketika ingin mendaftar, orang akan melihat bagaimana sekolah Anda melalui konten tersebut. Untuk membuat website sekolah terdapat beberapa cara yang cukup mudah hanya dengan WordPress. Simak ulasannya.

membuat website sekolah dengan WordPress
Inilah Cara Membuat Website Sekolah dengan WordPress

Adapun cara membuat website untuk sekolah dengan wordpress adalah:

1. Menginstal WordPress

Cara pertama dalam membuat website sekolah dengan WordPress adalah dengan melakukan penginstalan pada WordPress itu sendiri. Ada berbagai cara yang bisa Anda coba lakukan, tapi cara yang paling mudah adalah dengan menekan panel kontrol yang sudah tersedia oleh pihak web hosting.

  1. Langkah pertama adalah dengan menuju halaman WordPress
  2. Kemudian akan muncul beranda dan Anda bisa memilih menu Hosting dan pilih tombol kelola
  3. Selanjutnya di halaman selanjutnya, Anda bisa membuka menu tab cPanel lalu pilih ikon Control Panel yang paling akhir.
  4. Jika Anda sudah menekan ikon tersebut, Anda akan dibawa ke bagian panel kontrol cPanel. Untuk memudahkan Anda dalam mencari penginstal, Anda bisa menuliskan nama pada kolom pencarian.
  5. Nantinya, ikon yang Anda inginkan akan muncul. Kemudian untuk menginstal WordPress, tekan ikon yang ada di halaman utama Installer Softaculous.
  6. Cara lainnya adalah dengan mencari pada bilah pencarian yang terletak pada pojok kiri bagian atas. Setelah itu tekan tombol instal. WordPress siap Anda gunakan dengan mudah dari sekarang.
Baca Juga:  Cara Menulis di Wordpress Lengkap, Mudah dan Pasti Mahir

2. Masuk ke Bagian Dashboard

Cara kedua sederhana yang bisa Anda lakukan selanjutnya dalam membuat website sekolah dengan WordPress adalah masuk ke bagian dashboard. Apa, sih, dashboard itu? Dashboard adalah bagian dari panel administrasi di WordPress yang berfungsi untuk mengatur semua aspek yang berhubungan dengan website.

  1. Untuk masuk ke bagian dashboard, Anda bisa mengetik nama domain website yang ditambahi dengan /wp.admin di belakangnya. Contoh, sekolahelit.sch.id/wp-admin. Dengan langsung mengetik alamat tersebut, Anda akan langsung dibawa menuju halaman untuk login akun WordPress.
  2. Saat melakukan login, Anda harus memasukkan alamat surel beserta kata sandi yang sudah dibuat sebelum melakukan instalasi.
  3. Cara lain untuk masuk ke bagian dashboard adalah dengan cara masuk ke area anggota pada Niagahoster. Anda bisa langsung menekan tombol kelola.
  4. Lalu pada bagian halaman dengan mengatur akun hosting, Anda bisa memilih menu tab WordPress Management kemudian klik anak panah bagian bawah sebelah kanan.
  5. Dengan melakukan cara ini, Anda tidak perlu memasukkan alamat email dan kata sandi. Anda akan langsung masuk ke bagian dashboard. Kedua cara di atas sama mudahnya dan bisa Anda pilih.

3. Mengatur Tampilan Pada Website

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mengatur tampilan pada website. Hal pertama yang bisa Anda ubah pertama kali adalah dengan mengubah tema. Anda bisa menginstal tema WordPress baik yang gratis atau berbayar.

  1. Cara untuk mengganti tema adalah dengan memilih menu Appearance dan klik Themes.
  2. Anda bisa melihat satu per satu tema yang disuguhkan. Selain itu, Anda juga bisa mencari tema dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian yang tersedia. Karena website yang Anda buat untuk sekolah, maka Anda bisa menggunakan sekolah sebagai kata kunci. Nanti akan muncul beberapa tema yang bisa Anda pilih lagi sesuai keinginan.
  3. Apabila Anda sudah menemukan tema yang benar-benar cocok dan Anda suka, maka Anda bisa menekan tombol instal.
  4. Jika Anda ingin melihat lebih jelas tentang tema yang Anda pilih, maka bisa menekan tombol pratinjau.
  5. Setelah itu, Anda bisa menekan tombol Activate. Tidak hanya itu, untuk melakukan kustomisasi Anda bisa menekan Appearance lalu Customize.
Baca Juga:  5 Cara Membuat Website Untuk Google Adsense Lengkap dan Mudah!

4. Membuat Website Sekolah dengan WordPress Menggunakan Fitur

Dalam buat website sekolah di WordPress, Anda harus menggunakan fitur dengan cara menginstal Plugin. Sama seperti tema, Plugin juga memiliki yang gratis dan tersedia dari WordPress.

  1. Tekan tombol Plugins dan pilih Add New pada bagian dashboard. Anda bisa memilih Plugins yang sesuai dan pilih instal jika sudah setuju.
  2. Setelah melakukan instalasi, jangan lupa untuk aktifkan Plugin. Jika Anda masih bingung dalam memilih Plugin yang sesuai, ada beberapa yang bisa Anda coba.
  3. Pertama, formulir kontak 7 yang berguna untuk memudahkan pengunjung dalam mengirim pesan.
  4. Kedua, WP Google Maps yang berguna untuk mengatur lokasi sekolah dengan mudah.
  5. Ketiga, galeri foto yang berguna untuk menunjukkan berbagai fasilitas sekolah.
  6. Keempat, kalender acara yang berguna untuk mempublikasikan jadwal kegiatan sekolah. Keempat Plugin tersebut memiliki fungsi yang sesuai dan mempunyai kelebihan masing-masing. Anda bisa memilih mana Plugin yang cocok digunakan untuk website sekolah Anda.

5. Mengatur Urutan Halaman

Membuat website sekolah dengan WordPress bukan hanya mendaftar akun saja, tapi juga bagaimana membuat tampilan website menjadi lebih menarik. Salah satu cara adalah dengan mengatur urutan halaman pada website agar terlihat enak dipandang. Karena konten Anda sudah jelas yaitu tentang sekolah, maka ada beberapa halaman yang harus Anda miliki.

Yaitu beranda, profil sekolah, informasi akademik, berita sekolah, dan halaman kontak. Profil sekolah bisa Anda isi dengan visi, misi, profil guru dan staf, serta fasilitas. Pada bagian informasi akademik, Anda bisa mengisinya dengan kurikulum, program ekstrakurikuler, dan informasi mengenai pendaftaran.

  1. Cara membuar halaman tersebut adalah dengan memilih Pages lalu Add New.
  2. Kemudian Anda bisa mengisi judul beserta dengan isi halaman.
  3. Jika sudah, Anda bisa memilih Publish. Untuk membuat halaman berurutan, Anda bisa memilih edit pada bagian page.
  4. Setelah itu, Anda bisa memilih menu tab Page Attributes dan ubah angka pada kolom sesuai keinginan.
Baca Juga:  Cara Membuat Blog di Wordpress, Belajar Dari Awal sampai Akhir

6. Mengatur Halaman Utama

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengatur halaman utama. Halaman utama atau beranda merupakan hal yang paling penting. Caranya seperti di bawah ini.

  1. Anda bisa mengaturnya dengan menekan tombol Appearance dan pilih Customize.
  2. Setelah itu, tekan menu Homepage Settings pada halaman selanjutnya. Anda bisa memilih halaman statis dan memilih halaman yang akan dijadikan sebagai beranda.
  3. Jika sudah, Anda bisa memilih Publish. Selain itu, Anda juga bisa membuat navigasi menu dengan cara menekan tombol Create New Menu > Next > Add Items.
  4. Anda juga bisa menambah logo sekolah. Caranya adalah dengan klik Site Identity dan pilih Select Logo.

7. Optimasi

Langkah membuat website sekolah dengan WordPress adalah dengan optimasi. Anda bisa menggunakan optimasi mesin pencari atau optimasi kecepatan. Kedua optimasi sama pentingnya.

Seperti optimasi mesin pencari yang akan membantu konten Anda berada dalam page one di Google. Sedangkan optimasi kecepatan yang akan membantu pengunjung untuk masuk ke website dengan mudah. Optimasi tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan website yang Anda buat.

Jika Anda ingin membuat website sekolah dengan WordPress, Anda bisa mencoba semua langkah di atas. Sekarang, membuat konten yang menarik akan terasa lebih mudah. Ingin mencoba?

About Admin

Check Also

Cara unlock iPhone

Inilah 3 Cara Unlock iPhone, Sudah Tahu?

jejakblog – Cara unlock iPhone menjadi salah satu hal penting yang sangat wajib dipahami oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *