Heboh!! Matahari Terbit Dari Utara di Sulsel

jejakblog – Pada hari kamis tanggal 17 Juni lalu, ada fenomena aneh yakni matahari terbit dari utara di Sulsel. Padahal biasanya matahari terbit dari arah timur. Tentunya, fenomena ini membuat kehebohan tersendiri bagi masyarakat Sulsel (Selawesi Selatan).

Fenomena Direkam Oleh Guru Madrasah Kab. Janeponto

Salah satu warga Sulsel yang menyaksikan kejadian ini adalah seorang guru madrasah di Kab. Janeponto. Guru tersebut membuat video atas fenomena ini dan tersebar di jagat media social. Sontak, video tersebut langsung viral, banyak yang percaya dan tak sedikit pula yang tidak percaya.

Baca Juga:  Yuk, Lindungi Mobil Kesayangan dengan 5 Asuransi All Risk Ini

Dalam videonya, guru itu merekam dari MAN Binamu. Dia  menceritakan bahwa ada sesuatu yang aneh telah terjadi di Janeponto pagi itu pukul 08.00 WITA hari kamis, 17 Juni. Video tersebut memiliki durasi 3.32 menit.

Baca Juga:  PPKM Jawa dan Bali Dilaksanakan Tanggal 3-20 Juli 2021, Simak Aturannya!

Matahari Terbit Dari Utara di Sulsel

Fenomena Matahari Terbit dari Utara di Sulsel dikomentasi Anggota BMKG Makassar

Agusmin H anggota BMKG Makassar mengungkapkan bahwa kejadian itu benar dan lumrah terjadi setiap tahunnya. Menurutnya, itu adalah Gerak Semu Matahari.

Gerak Semu Matahari atau GSM adalah dimana posisi matahari tampak bergerak ke arah utara dan selatan. Saat ini, matahari sedang bergerak ke utara dan puncaknya sampai tanggal 21 Juni nanti.

Baca Juga:  Jadwal Copa America 2021 Lengkap, Live di Indosiar

Fenomena ini terjadi karena revolusi bumi atau pergerakan bumi mengelilingi matahari, sehingga seakan-akan kedudukan matahari terbit di utara. Agusmin meminta warga untuk tidak panik.

Bagaimana menurut Anda tentang kejadian matahari terbit dari utara di Sulsel ini?

About Admin

Check Also

Covid Varian Delta

Jangan Panik! Ini Cara Ampuh dan Efektif Tangkal Covid Varian Delta

jejakblog – Selama dua tahun belakangan ini Indonesia masih sangat prihatin atas kasus covid-19 dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *