Ketahui 13 Manfaat Nasi Jagung Putih Bagi Kesehatan, Jangan Remehkan!

Mungkin Anda masih tidak menyangka bahwa ternyata ada banyak sekali manfaat nasi jagung putih terutama bagi kesehatan. Olehnya itu, nasi jagung putih bisa dijadikan sumber karbohidrat pengganti ketika Anda sedang bosan mengonsumsi nasi putih atau nasi merah.

Anda tidak perlu khawatir karena nasi jagung putih memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, tidak perlu takut untuk mencobanya. Meski pada awalnya Anda mungkin akan merasa aneh, tapi sensasi rasa nasi jagung putih juga tidak kalah lezat, lho. Bagi Anda yang masih ragu untuk mengonsumsinya, yuk simak manfaat nasi jagung putih berikut ini!

Kandungan Jagung Putih

manfaat nasi jagung putih untuk diet

Indonesia terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya, salah satunya jagung putih. Perlu diketahui bahwa jagung dapat berwarna putih karena tidak adanya karoten, yaitu jenis pigmen alami yang menyebabkan jagung berwarna kuning. Meski terlihat berbeda, tapi kandungan jagung putih tidak bisa diremehkan, lho. Misalnya saja kandungan asam amino esensial lisin dan triptofan yang tinggi.

Selain itu, mengandung sumber karbohidrat yang baik. Dalam hal ini, setengah porsi jagung putih mengandung 440 gram karbohidrat sehingga sangat tepat digunakan sebagai pengganti nasi. Tidak hanya itu, kandungan gizi dari jagung putih juga tidak kalah dengan jagung pada umumnya. Dalam hal ini, mengandung protein, lemak, serat yang tinggi, vitamin B1 dan B5, niacin, zat besi, zinc, hingga asam folat.

Bahkan, kandungan gizi tersebut cukup tinggi sehingga dapat memenuhi 20% kebutuhan orang dewasa, lho. Menariknya, berbagai kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi dengan sangat mudah hanya dengan mengonsumsi satu buah jagung putih saja. Namun, jangan sampai berlebihan karena kalori jagung juga cukup tinggi, yaitu sebesar 85 kilokalori setiap 100 gram jagung putih.

Adapun kandungan nutrisi lainnya yang terdapat di dalam jagung putih adalah mineral, seperti fosfor dan magnesium. Selain itu, kandungan vitamin A pada jagung putih juga cukup tinggi. Bahkan, berdasarkan penelitian, para ahli rekayasa genetika mengatakan bahwa kandungan betakaroten dan provitamin A yang ada pada jagung putih meningkat. kalori nasi jagung komplit

Dengan semua kandungan nutrisi tersebut, maka tidak salah jika dikatakan bahwa manfaat nasi jagung putih juga sangat kaya. Hanya saja, Anda tetap perlu mengonsumsinya dengan porsi yang sewajarnya agar khasiat dari kandungan gizinya bisa benar-benar Anda rasakan.

Inilah Manfaat Nasi Jagung Putih untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat nasi jagung putih bagi kesehatan:

Meskipun jagung kuning masih jauh lebih populer, tapi sejumlah daerah di Indonesia sudah banyak yang membudidayakan jagung putih. Dalam hal ini, khususnya daerah Indonesia Timur, hal itu tentu saja karena adanya banyak sekali manfaat nasi jagung putih.

Sumber Karbohidrat yang Baik

Karbohidrat memiliki fungsi yang sangat penting bagi sistem metabolisme tubuh. Hal itu karena karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang kemudian digunakan sebagai sumber energi cadangan. Oleh karena itu, manusia memerlukan karbohidrat agar bisa menjalani hari dengan penuh energi. Menariknya, selain nasi putih, jagung putih ternyata merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik.

Mengontrol Kolesterol dalam Darah

Manfaat nasi jagung putih berikutnya adalah mengontrol kolesterol. Selain memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan energi, jagung putih juga tinggi kandungan serat. Sementara itu, serat tentu saja memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Misalnya saja untuk membantu menjaga berat badan hingga mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Menu Sarapan yang Sehat

Siapa bilang sarapan menu sarapan hanya roti atau nasi goreng saja? Nyatanya, nasi jagung putih juga bisa menjadi pilihan menu sarapan sehat, lho. Anda pun tidak perlu ragu dengan manfaatnya. Pasalnya, jagung memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi sehingga manfaat nasi jagung putih tidak perlu dipertanyakan lagi. Sangat aman dikonsumsi, termasuk untuk sarapan.

Membantu Kesehatan Jantung

Siapa sangka, jagung putih ternyata juga mengandung potasium. Menariknya, salah satu fungsi potassium adalah mengurangi kandungan sodium yang berlebihan. Hal tersebut dapat membantu kesehatan jantung terutama mengoptimalkan fungsi jantung. Nah, jadi jangan sekali-kali meremehkan manfaat jagung putih, ya.

Mencegah Terjadinya Diabetes

Kandungan karbohidrat yang ada dalam jagung putih ternyata tidak hanya berguna sebagai sumber energi, lho. Namun, juga berkhasiat untuk membantu mencegah diabetes. Hal tersebut karena jagung putih dapat membantu menjaga level gula darah agar tetap berada dalam batas normal.

Membantu Menjaga Berat Badan

Apakah Anda cenderung sulit untuk menjaga berat badan? Jika iya, maka nasi jagung putih bisa jadi solusinya. Pasalnya, manfaat nasi jagung untuk diet memang tidak bisa diragukan. Kandungan karbohidrat dan seratnya dinilai sangat baik. Bahkan, kandungan seratnya dapat mengikat lemak yang berlebihan sehingga masalah berat badan pun dapat teratasi.

Meningkatkan Imun Tubuh

Jagung putih juga kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi yang dihasilkan dari sistem pencernaan. Bahkan, tidak hanya itu, kandungan vitamin C juga dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu membuat imun dalam tubuh Anda akan lebih kuat. manfaat nasi jagung putih untuk diet

Mencegah Masalah Kesehatan darah

Selanjutnya, manfaat nasi jagung putih adalah mencegah gangguan kesehatan darah. Kandungan mineral yang terdapat dalam jagung putih, seperti zat besi, zink, dan potassium dapat mengoptimalkan produksi sel darah merah. Hal tersebutlah yang juga dapat membantu mencegah terjadinya berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah.

Mengoptimalkan Pertumbuhan Otak

Jagung putih sangat tepat dikonsumsi oleh anak-anak karena tingginya kandungan B kompleks yang terdapat di dalamnya dapat menjaga kesehatan otak. Selain itu, ibu hamil juga sangat wajib mengonsumsi jagung putih karena dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan otak pada janin.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Kurangnya serat dalam tubuh ternyata dapat mengakibatkan terjadinya masalah pencernaan. Beruntungnya, jagung putih ternyata memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu mengoptimalkan sistem pencernaan dalam tubuh. Hal itu otomatis akan mengatasi terjadinya berbagai masalah dalam pencernaan. Itulah termasuk manfaat nasi jagung putih untuk diet

Mengurangi Risiko Kanker Usus

Umumnya, kanker usus terjadi karena adanya masalah pada sistem pencernaan. Namun, karena jagung putih mengandung serat sekaligus antioksidan yang merupakan senyawa anti kanker. Maka, tidak mengherankan bila manfaat nasi jagung putih dapat menjaga kesehatan usus sehingga risiko terjadinya kanker usus juga bisa diatasi.

Mengurangi Konstipasi

Umumnya, konstipasi terjadi di era modern saat ini yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Misalnya saja, kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji. Konstipasi bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang memiliki serat tinggi, salah satunya jagung putih.

Mengatasi Depresi

Termasuk jenis makanan dalam kategori padi-padian membuat jagung putih memang kaya akan vitamin B kompleks, karbohidrat kompleks, dan omega 3. Semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh organ otak sehingga wajar saja bila mengonsumsi jagung putih secara rutin dapat mengurangi depresi.

Hakikatnya, ada banyak sekali manfaat nasi jagung putih. Hal yang perlu diingat adalah jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya dan upayakan untuk tetap menyeimbangkan dengan menu makanan sehat lainnya.

About admin

Check Also

Cream Muka Glowing Terbaik

7 Cream Muka Glowing Terbaik Yang Mampu Bikin Wajah Cantik

Cream Muka Glowing Terbaik Yang Mampu Bikin Wajah Cantik, Sumbersehat.com | Wajah atau muka glowing …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *