Simak, 11 Manfaat Energi Matahari Untuk Kehidupan Sehari-hari!

Manfaat energi matahari untuk kehidupan sehari-hari memang sangat luar biasa. Sinar yang terkadang manusia keluhkan karena terasa begitu menyengat kulit dan membuatnya menghitam. Meski demikian, bumi dan seisinya ini benar-benar tidak dapat terlepas dari keberadaan matahari.

Matahari merupakan benda antariksa yang ukurannya 109 kali lebih besar dari diameter bumi. Saking besarnya, seujung kuku material yang ada di matahari setara dengan energi 1.000 ton batubara yang menyala. Sementara pada lapisan intinya, suhu matahari dapat mencapai 15 juta derajat Celcius. Nah, kali ini kita akan bahas manfaat energi matahari untuk bagi manusia dan lainnya, simak yuk!

Manfaat Energi Matahari Untuk Kehidupan Sehari-hari di Bumi

Manfaat energi matahari untuk kehidupan sehari-hari

Beruntunglah, karena jarak antara matahari ke bumi berada di kisaran 150 juta kilometer, sehingga energi panas tersebut masih terasa hangat. Lebih dari itu, energi tersebut juga berperang penting pada kelangsungan hidup bumi, baik manusia, hewan, tumbuhan, maupun alam. Berikut beberapa manfaat energi matahari untuk kehidupan sehari-hari:

Pusat Galaxy

Selain menghasilkan energi panas, matahari juga memiliki gravitasi yang sangat besar. Gaya inilah yang membuat planet, asteroid, satelit, komet, dan benda angkasa lainnya berputar mengelilingi matahari. Jika tidak ada gravitasi tersebut, mungkin saja benda-benda angkasa akan bergerak tidak beraturan dan saling bertabrakan.

Lebih dari itu, manfaat energi matahari untuk kehidupan sehari-hari juga berperan dalam perubahan waktu dan musim. Baik perubahan siang dan malam, maupun perubahan musim semi, gugur, panas, dingin, kemarau, maupun hujan. Hal ini disebabkan gaya rotasi atau perputaran bumi terhadap matahari.

Manfaat Energi Cahaya Matahri untuk Tumbuhan

Manfaat energi matahari untuk kehidupan tumbuhan sehari-hari tentu sudah tidak asing lagi. Sebab, pembahasan ini sudah didapatkan sejak ada di bangku sekolah dasar. Berikut beberapa manfaat energi matahari dalam pertumbuhan dan kehidupan tumbuhan:

a. Membantu proses fotosintesis atau pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber makanan tumbuhan.
b. Memberi nutrisi dan warna pada daun.
c. Menjaga suhu tanaman agar tetap stabil, sehingga dapat bertahan meski musim berganti.
d. Membantu proses pertumbuhan daun dan bunga.

Kehidupan Hewan

Manfaat energi matahari untuk kehidupan sehari-hari pada dunia hewan juga tidak kalah menarik untuk dibahas. Sama seperti manusia, hewan juga memerlukan bantuan matahari untuk bertahan hidup. Berikut beberapa manfaat matahari untuk kelangsungan hidup hewan:

a. Menjaga temperatur atau suhu tubuh agar tetap hangat dan stabil.
b. Membantu proses pencernaan makanan di dalam tubuh hewan tertentu.
c. Memperkuat struktur otot dan tulang hewan.
d. Sebagai sumber penerangan saat hewan mencari mangsa.
e. Melindungi diri dari serangan predator atau pemangsa.

Sumber Listrik

Berkat perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, kini energi matahari dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik atau yang biasa disebut solar panel. Bahan utama dari panel tersebut adalah lempengan silikon yang memiliki sifat semi konduktor. Tenaga surya yang menimpa panel ini akan dikonsentrasikan ke satu titik atau garis, sehingga menghasilkan tekanan uap panas.

Tekanan inilah yang kemudian dapat menjalankan turbin penghasil energi listrik. Kini, manfaat energi matahari untuk kehidupan sehari-hari sebagai sumber listrik sudah dapat dinikmati oleh skala rumah tangga. Selain dapat menghemat pengeluaran, cara tersebut juga dapat mengurangi efek gas rumah kaca.

Memberi Penerangan

Selain sebagai sumber listrik, manfaat energi matahari untuk kehidupan sehari-hari juga berfungsi untuk memberikan penerangan. Bayangkan, jika tidak ada sinar matahari maka bumi ini akan gelap gulita dan manusia tidak dapat melihat apapun yang ada disekelilingnya. Meski sama-sama bercahaya, penerangan lampu dan matahari jelas berbeda.

Mengeringkan Pakaian

Manfaat energi matahari untuk kehidupan sehari-hari yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, yaitu mengeringkan pakaian. Meski saat ini sudah ada teknologi pengering pakaian, tetapi tekstur keringnya tetap berbeda. Cahaya matahari akan membuat pakaian kering sempurna dan tidak berbau apek.

Sumber Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi mikro yang harus terpenuhi. Tak hanya baik untuk tulang, vitamin D juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi saluran napas. Meski masih memerlukan penelitian lebih lanjut, vitamin D juga digadang-gadang mampu menurunkan risiko kanker serta penyakit multiple sclerosis.

Selain melalui makanan, vitamin D juga dapat diperoleh dari sinar matahari. Sinar matahari yang menyentuh kulit akan membantu proses pengubahan kolesterol menjadi vitamin D. Namun, manfaat energi matahari untuk kehidupan sehari-hari yang satu ini juga bergantung pada musim, usia, pakaian, dan penggunaan tabir surya.

Menguatkan Tulang

Seperti yang disinggung di atas, vitamin D berperan penting dalam kesehatan dan kekuatan tulang, terutama anak-anak. Hal ini dikarenakan vitamin D memiliki peran dalam menjaga jumlah fosfor di dalam darah, serta mengatur kalsium. Sementara kekurangan vitamin D, anak-anak akan lebih berisiko terkena rakhitis.

Oleh karena itu, kecukupan vitamin D pada anak-anak harus lebih diperhatikan. Namun, bukan berarti orang dewasa boleh mengabaikan kehadiran vitamin ini. Sebab, kekurangan vitamin D pada orang dewasa dapat menyebabkan osteoporosis dan osteomalacia atau yang biasa dikenal sebagai pelunakan tulang.

Kesehatan Mental

Siapa sangka, manfaat energi cahaya matahari untuk kehidupan sehari-hari juga berperan dalam kesehatan mental manusia. Caranya yaitu melalui peran sinar matahari dalam melepaskan hormon endorphin dan serotonin. Seperti yang sudah diketahui, kedua hormon tersebut berhubungan dengan mood atau suasana hati seseorang.

Manfaat tersebut diperoleh dari sinar matahari yang masuk melalui mata, lalu menuju suatu bagian di dalam retina. Di tempat ini, sinar matahari akan memicu pelepasan hormon serotonin. Sementara sinar matahari yang memapar pada bagian lainnya akan menurunkan kadar serotonin (hormon penyebab stres dan depresi.

Kualitas Tidur

Benarkah, manfaat energi matahari untuk kehidupan sehari-hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur? Jawaban dari pertanyaan ini adalah ‘Ya’. Hal ini dikarenakan hormon serotonin yang diproduksi di retina bersama sinar matahari juga berperan dalam mengatur jam internal tubuh. Jam inilah yang kemudian membentuk ritme sirkadian, yaitu ritme tubuh untuk memproduksi melatonin.

Melatonin juga dikenal sebagai hormon tidur, karena berperan aktif dalam pengaturan tidur. Hormon inilah yang mengatur ritme tubuh tentang kapan harus tidur atau terbangun. Lebih dari itu, melatonin juga berfungsi untuk menurunkan hormon dopamin, yaitu hormon yang membuat seseorang terus terjaga.

Kecantikan

Daftar manfaat energi cahaya matahari untuk kehidupan sehari-hari yang terakhir yaitu manfaat dalam dunia kecantikan. Tidak sedikit orang yang beranggapan, bahwa sinar matahari akan membuat kulit hitam, kusam, hingga terkena kanker. Perlu diketahui, hal ini tidak sepenuhnya benar.

Faktanya, sinar matahari juga memiliki peran yang cukup besar dalam dunia kecantikan. Selain membuat kulit tampak lebih bersinar, energi matahari juga dapat mengatasi beragam penyakit kulit. Mulai dari gatal-gatal, psoriasis, jerawat, eksim, dan lain sebagainya.

Demikian sederet manfaat energi matahari untuk kehidupan sehari-hari. Perlu diingat, bahwa sinar matahari dapat menembus lapisan kulit dan merusak sel DNA. Oleh karena itu, berjemurlah pada pagi hari sekitar 5 sampai 15 menit dan lakukan 2 sampai 3 kali dalam satu minggu.

About admin

Check Also

Cream Muka Glowing Terbaik

7 Cream Muka Glowing Terbaik Yang Mampu Bikin Wajah Cantik

Cream Muka Glowing Terbaik Yang Mampu Bikin Wajah Cantik, Sumbersehat.com | Wajah atau muka glowing …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *