Kenali dengan Detail Macam-Macam Beasiswa di Indonesia Sebelum Memilih

jejakblog – Macam-macam beasiswa di Indonesia mungkin tidak terhitung. Begitu banyaknya sehingga memudahkan mahasiswa yang kesulitan biaya kuliah untuk memilih mana yang tepat. Akan tetapi karena banyaknya pula kadang menyebabkan mahasiswa bingung hendak memilih beasiswa yang mana. Rata-rata memberikan fasilitas yang menarik dan menggiurkan.

Adanya macam-macam beasiswa dari berbagai pihak, sebaiknya memang harus memahami lebih dahulu. Mengenal macam-macam beasiswa tersebut akan berguna untuk memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki. Pastinya tidak ingin terjadi kesalahan saat mengajukan pendaftaran beasiswa, bukan?

Macam-macam beasiswa di Indonesia

Mengenal Macam-Macam Beasiswa Di Indonesia

Macam-macam beasiswa pendidikan di Indonesia bisa dinikmati oleh mahasiswa yang membutuhkan. Umumnya untuk mendapatkan beasiswa ini para calon peserta harus melewati beberapa seleksi terlebih dahulu. Serta melampirkan berbagai macam persyaratan. Agar tidak salah pilih, berikut adalah beberapa jenis beasiswa yang ada di Indonesia;

1. Beasiswa Penghargaan

Macam-macam beasiswa di Indonesia yang harus dikenal pertama kali adalah beasiswa penghargaan. Beasiswa ini akan diberikan pada mereka yang memiliki prestasi atau nilai akademik terbaik. Indikatornya adalah IPK untuk mahasiswa dan rata-rata nilai akademik untuk yang masih sekolah. Tidak hanya nilai akademik, keaktifan dalam berbagai kegiatan non-akademik juga menjadi syarat pertimbangan.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa AAS Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

2. Beasiswa Penelitian

Beasiswa penelitian menjadi bagian dari macam-macam beasiswa yang ada di Indonesia. Beasiswa ini memberikan pendanaan untuk mereka yang akan melakukan observasi terkait study yang diambil. Sumber dana bisa berasal dari universitas, lembaga pemerintahan hingga perusahaan. Jumlah beasiswa yang ditawarkan tergantung dari banyaknya dana yang dibutuhkan selama penelitian.

3. Beasiswa Bantuan

Jika termasuk sebagai mahasiswa tidak mampu, macam-macam beasiswa tidak mampu di Indonesia yang satu ini bisa dipertimbangkan. Sasaran beasiswa ini memang untuk mereka yang dinilai kurang mampu secara ekonomi, tapi memiliki nilai prestasi yang unggul. Sehingga dianggap layak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih layak.

Umumnya penyedia beasiswa akan meninjau ketidakmampuan finansial dari calon penerima beasiswa. Misalnya melihat bagaimana penghasilan orang tua, berapa jumlah saudara yang menjadi tanggungan orang tua serta pengeluaran dan biaya hidup. Foto rumah juga menjadi salah satu yang akan dijadikan bahan pertimbangan.

4. Beasiswa Ikatan Dinas

Macam-macam beasiswa di Indonesia selanjutnya adalah beasiswa ikatan dinas. Beasiswa ini secara umum akan mensyaratkan para penerimanya untuk mengikat diri dengan ikatan dinas pada pemberi beasiswa. Ikatan ini ibaratkan hubungan timbal balik yang akan menguntungkan kedua belah pihak. Jika lolos mendapatkan beasiswa, biasanya akan ada kontrak kerja dengan instansi atau perusahaan.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

5. Beasiswa Penuh

Macam-macam beasiswa pembiayaan di Indonesia yang harus diketahui adalah beasiswa full scholarship. Untuk beasiswa yang satu ini tidak hanya memberikan biaya pendidikan, dana untuk kebutuhan seperti biaya hidup dan akomodasi disediakan. Bahkan biaya sarana dan prasarana pendukung pembelajaran juga akan didapatkan. Salah satu beasiswa yang jadi incaran banyak adalah beasiswa ini.

6. Beasiswa dari Pemerintah

Urutan jenis beasiswa di Indonesia yang lain adalah beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah. Misalnya saja beasiswa yang diberikan oleh kementerian atau lembaga tertentu. Berbagai departemen dan lembaga pemerintahan akan menyediakan beasiswa tidak untuk karyawannya saja.

Beasiswa ini juga terbuka lebar untuk masyarakat umum. Utamanya mereka yang ingin melanjutkan kuliah, tapi terkendala oleh biaya. Solusinya tentu dengan mencari beasiswa. Contoh beasiswa ini adalah dari departemen keuangan atau LPDP dan beasiswa LIPI.

7. Beasiswa dari Pihak Swasta

Macam-macam beasiswa pilihan di Indonesia yang ditawarkan salah satunya adalah yang berasal dari pihak swasta. Biasanya beasiswa semacam ini ditawarkan oleh institusi atau perusahaan besar. Bentuk beasiswa yang diberikan mayoritas adalah perwujudan dari bentuk program CSR sebuah perusahaan. Contoh beasiswa yang terkenal adalah beasiswa Djarum, beasiswa Tanoto Foundation dan lainnya.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Universitas Tarumanagara Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

8. Beasiswa dari Negara Maju

Pembahasan macam-macam beasiswa di Indonesia yang satu ini berkaitan dengan kerjasama eksklusif dari negara maju. Kerjasamanya dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial. Tujuan diberikannya beasiswa ini adalah untuk memfasilitasi pelajar dalam mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Contoh beasiswa ini adalah beasiswa Chevening dari Inggris dan Fullbright dari AS.

9. Beasiswa Komunitas Atau Yayasan

Program beasiswa ini ditawarkan oleh organisasi, komunitas atau yayasan yang memiliki latar belakang sosial dan akademik. Mereka umumnya memiliki kepedulian terhadap pendidikan dan ingin memberikan bantuan. Beasiswa ini bisanya sejalan dengan nilai tujuan yang dijunjung oleh yayasan tersebut. contoh beasiswa ini adalah beasiswa The Habibie Center dan beasiswa Yayasan Orbit Hasri Ainun habibie.

10. Beasiswa Perguruan Tinggi

Macam-macam beasiswa di Indonesia juga bisa berasal dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Mayoritas perguruan tinggi tersebut memiliki program beasiswa yang memberikan bantuan dalam bidang akademik. Selain menyediakan beasiswa untuk mahasiswanya sendiri, terdapat beberapa perguruan tinggi yang menyediakan untuk kalangan umum.

Itulah macam-macam beasiswa di Indonesia yang mayoritas dicari oleh para mahasiswa. Beasiswa di atas memberikan banyak fasilitas dan keuntungan bagi para mahasiswa. Sehingga jangan heran apabila peminat beasiswa tersebut sangat banyak. Untuk mendapatkan beasiswa tersebut juga harus berjuang dan mau bersabar untuk menunggu.

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *