Alasan Mengapa Layanan Google Play Telah Berhenti Dan Cara Mengatasinya

jejakblog – Anda mungkin bingung jika tiba-tiba mendapat notifikasi “layanan Google Play telah berhenti”. Karena pemberitahuan tersebut berarti Anda akan kesulitan membuka layanan Google penyedia segala macam aplikasi dan hiburan. Apalagi jika sedang butuh untuk install aplikasi permainan atau menonton film, apa yang harus Anda lakukan?

Anda tak perlu khawatir. Karena notifikasi tersebut bisa berarti banyak indikasi terjadi. Bisa jadi notifikasi tersebut hanya pertanda terjadi gangguan pada gawai Anda. Atau bisa juga terjadi kerusakan serius yang membutuhkan penanganan teknisi. Tapi sebelum membawa ke teknisi, Anda perlu meneliti lebih lanjut penyebab utamanya. Semoga tidak butuh penanganan serius.

 

Fitur Layanan Google Play

Notifikasi layanan Google Play telah berhenti biasa muncul pada aplikasi Google Play. Dalam aplikasi ini, sampai tahun 2020 terdapat beberapa fitur yang berada dalam pengaturannya. Yaitu aplikasi, permainan, buku, film, dan musik. Jika notifikasi tersebut sering muncul dan halaman layar sulit kembali ke mode “home”, tentu mengkhawatirkan. Berikut rincian fiturnya:

  • Aplikasi

Bagi Anda pengguna gawai android baru pasti diminta untuk mendaftarkan akun Google. Jika sudah punya, bisa langsung login sesuai dengan akun. Tapi jika tidak, bagaimana cara mengaktifkan layanan Google Play? Ya, harus membuat akun baru jika belum punya. Karena Google tidak akan merespon permintaan layanan apapun tanpa menggunakan akun mereka.

Bagian Google Play yang melayani pemasangan atau pelepasan aplikasi dikenal dengan fiturr Play Store. Dari aplikasi ini Anda bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin dipasang sesuai kebutuhan. Karena di dalamnya terdapat ratusan atau mungkin ribuan aplikasi dari seluruh dunia. Jika muncul notifikasi layanan Google Play telah berhenti, Anda tidak bisa memasang aplikasi.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A70 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Anda tidak bisa mengunduh dan memasang aplikasi permainan, edit foto, meda sosial, dan sebagaiya. Karena aplikasi Play Store adalah satu-satunya penyedia aplikasi di Android. Kabar baiknya, Anda tidak perlu memasang Google Play Store karena biasanya sudah terpasang sebagai aplikasi bawaan dari gawai.

  • Game

Selain aplikasi, layanan Google Play Store juga menyediakan berbagai aplikasi permainan. Mulai dari permainan online yang bisa digunakan beberapa pemain sekaligus, atau mainan anak-anak yang sederhana namun tetap menarik bagi anak. Jika saat menggunakan tiba-tiba muncul notifikasi layanan Google Play telah berhenti, maka Anda perlu hati-hati.

  • Buku

Layanan lain yang tersedia di Google Play adalah toko buku dan perpustakaan digital. Aplikasi ini disebut sebagai Google Play Book. Anda dapat membeli, membaca sampel, dan menyimpan buku yang sudah dibeli pada rak aplikasi. Anda tidak perlu khawatir kehilangan buku jika suatu saat berganti gawai. Atau misal tiba-tiba muncul notifikasi layanan Google Play telah berhenti.

Selama Anda masih memakai akun yang sama untuk login ke gawai android, maka buku-buku milik Anda akan aman. Masalah kenapa Google terus berhenti? Mungkin bisa diidentifikasi melalui beberapa cara dalam sub bahasan berikut. Ada banyak alasan yang mungkin muncul jika terjadi penghentian aplikasi tiba-tiba.

  • Film

Google Play Movie menyediakan banyak film seperti halnya netflix atau platform film lain. Di zaman serba dig Kenapa Google terus berhenti?ital dan melarang kerumunan, aplikasi penyedia film kebanjiran order. Siapapun yang suka nonton film akan tergoda untuk melihat secara penuh menggunakan akun berbayar.

Munculnya notifikasi layanan Google Play telah berhenti tentu akan mengganggu saat nonton film melalui gawai. Notifikasi ini dapat menghentikan pemutaran film dan jika dibuka ulang, harus mengulang lagi dari awal. Meskipun pengguna Google Play Movie tidak sebanyak Netflix atau platform film lainnya.

  • Musik

Aplikasi Play Music di Google terus berhenti. Ini disampaikan melalui laman resmi Google dan berbagai media sosialnya pada akhir 2020. Penghentian Google PLay Music dilakukan Google mungkin karena rendahnya minat pengguna Google untuk menggunakan layanan ini. Sampai saat ini aplikasi Google Play Music masih ada di sebagian gawai.

Baca Juga:  8 Cara Dapat Uang Dari Google Ads, Pebisnis Wajib Tahu!

Namun jika dibuka, akan muncul pemberitahuan bahwa aplikasi sudah tidak dapat digunakan. Kemudian pengguna diarahkan untuk menuju halaman Youtube music dan disarankan untuk mendaftar dengan fasilitas premium. Jika Anda suka menyalakan musik sebagai latar belakang layar, aplikasi ini dapat digunakan.

Alasan Layanan Google Play Berhenti

Google Play service memiliki term and condition yang dipublikasikan dalam setiap layanannya. Setiap aplikasi yang dirilis oleh Google, memiliki kapasitas kecepatan dan akses terbuka luas. Sejauh ini selalu kompatibel digunakan di semua perangkat dengan spesifikasi tertentu. Semua gawai jenis android selalu terhubung dengan layanan Google. Lalu mengapa tiba-tiba berhenti?

  • Dihentikan

Ada layanan Google Play yang dihentikan sejak Oktober 2020, yaitu Google Play Music. Anda tidak lagi bisa membukanya meskipun berusaha mematikan notifikasi layanan Google Play telah berhenti. Penghentian layanan ini mungkin karena banyak aplikasi lain yang menyediakan musik lebih beragam dan lebih banyak pengguna. Atau Google hendak meluncurkan aplikasi baru.

  • RAM Penuh

Jika RAM penuh, maka akan muncul pemberitahuan layanan Google Play telah berhenti di gawai. Hampir semua aplikasi yang sudah terpasang akan kena dampak dari penuhnya RAM. Karena fungsi RAM adalah seperti sirkuit. Tempat lalu lintas aplikasi saling berkoordinasi dengan perangkat agar mau berjalan. Jika sirkuit ini penuh maka yang terjadi adalah aplikasi macet.

  • Bug Aplikasi

Jika Anda sedang membuka aplikasi tertentu kemudian tiba-tiba berhenti, maka kemungkinan besar ada bug aplikasi. Semacam kekurangan kode atau ketidaksempurnaan unsur penyusun aplikasi. Sehingga ketika digunakan, aplikasi tersebut menutup dengan sendirinya. Jika ini terjadi, maka sebaiknya lepas aplikasi tersebut dari gawai Anda dan ganti dengan yang sejenis.

  • Kerusakan Sistem Android

Notifikasi penghentian aplikasi tiba-tiba dalam gawai bisa juga terjadi karena koneksi internet yang lambat. Atau jika perangkat Android sudah lemah karena sudah lama digunakan, juga bisa menjadi penyebab kerusakan sistem. Ini akan sangat mengganggu kinerja aplikasi.

Baca Juga:  7 Cara Untuk Mengubah PDF Ke Word Gratis, Lengkap dan Jelas

Cara Mengatasi Layanan Google Play Telah Berhenti

Lalu bagaimana mengatasi layanan Google Play telah berhenti yang muncul dari notifikasi? Ada beberapa langkah yang bisa Anda coba sebelum membawanya ke tukang servis. Pertama, bersihkan semua aplikasi dari chace. Caranya masuk ke pengaturan lalu buka aplikasi. Pilih storage atau penyimpanan. Lalu bersihkan sampah atau cache. Lakukan di semua aplikasi.

Kedua, Anda bisa melakukan restart gawai. Tindakan ini akan menyegarkan sistem karena kembali ke proses awal setelah digunakan membuka banyak aplikasi. Jika sudah terbuka dan siap menjalankan aplikasi kembali, buka aplikasi seperlunya saja. Jangan membuka banyak aplikasi sekaligus karena ini akan memperberat kerja gawai.

Anda juga bisa melakukan cara ketiga, dengan melakukan update layanan Google dan reset akun. Jadi dari pengaturan aplikasi, Google dibersihkan semua datanya kecuali sistem/aplikasi. Setelah itu Anda akan diminta login ulang menggunakan akun yang sudah terdaftar. Biasanya update membuat gawai menjalankan aplikasi menjadi lebih ringan.

Beberapa cara mengatasi layanan Google Play telah berhenti di atas dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Namun jika cara di atas tidak membuahkan hasil dan kondisi gawai semakin parah, maka ini pertanda bahwa Anda membutuhkan bantuan teknisi. Atau jika tidak ada teknisi yang sanggup, sebaiknya ganti gawai Anda dengan tipe terbaru sesuai budget.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *