Kopi Black Ivory Kopi Mahal Dengan Cita Rasa Unik Dari Gajah

Kopi Black Ivory merupakan kopi khas Thailand, mirip dengan kopi luwak dari Indonesia. Bedanya jika luwak diambil dari biji kopi yang dipisahkan dari kotoran luwak, maka kopi Ivory dipisahkan dari kotoran gajah.

Oleh karena Black Ivory mengandalkan peran gajah, sehingga hasil produksi tidak bisa sebanyak dan secepat kopi lain. Untuk memproduksi 1 kg kopi saja, dibutuhkan sekitar 33 kg buah kopi sebagai pakan gajah.

Kopi Black Ivory, Mengandalkan Peran Gajah Dalam Proses Awal, Hasilkan Cita Rasa Unik

Kopi ini bukanlah varian baru, dirilis sejak tahun 2012 namun hanya beredar dikalangan tertentu, sehingga belum banyak orang tahu keistimewaannya. Black Ivory diproduksi di provinsi Surin,

Thailand, diprakarsai jaringan hotel mewah The Anantara Hotel, Resorts, and Spas.
Cita rasa kopi yang tak biasa berasal dari fermentasi dengan menggunakan ‘bantuan’ gajah. Pakan favorit gajah seperti pisang, beras, dan buah asam, dicampur dengan buah kopi Thai Arabica.

Gajah lalu memproses kopi dalam pencernaannya beserta makanan lainnya dalam waktu 12-72 jam, dan memperkaya aroma serta cita rasa kopi. Rasa pahit kopi cenderung halus, dengan jejak rasa rempah, cokelat, rumput, juga cherry merah.

’’Berdasar penelitian, selama dalam proses pencernaan, enzim di tubuh gajah mengurai protein kopi,’’ terang jubir Hotel Anantara di Chiang Rai, Thailand. ’’Protein merupakan faktor utama dari cita rasa pahit. Makin sedikit protein, makin kuat aroma kopi dan makin hilang rasa pahitnya,’’ lanjutnya pada CNNGO, Jumat (12/10) kemarin.

Setelah gajah mengeluarkan kotoran, pemelihara gajah mengambil biji kopi satu per satu dengan tangan. Selanjutnya biji kopi akan melalui serangkaian proses olahan pasca panen hingga menjadi kopi yang siap dikonsumsi.

Melansir situs resminya, Black Ivory Coffee Company, pada tahun 2022 Black Ivory hanya diproduksi sebanyak 215 kg. Oleh karenanya, kopi ini tergolong kopi terlangka dan paling mahal di dunia.
Pada awalnya kopi dijual di jaringan hotel bintang 5. Namun kini situs Black Ivory Coffee Company mulai melayani penjualan kopi dengan harga fantastis, sekitar Rp 37 juta per kilogramnya!

Kopi Black Ivory dikemas eksklusif dalam kantong kertas bernuansa hitam yang memberikan tampilan klasik, elegan, dan mewah dengan label emas. Satu kemasan berisi 29 paket kopi siap seduh.

About admin

Check Also

Prestasi Indonesia di Islamic Solidarity Games 2022, Yuk Simak!

Islamic Solidarity Games 2022 merupakan acara pesta olahraga solidaritas islam yang telah diselenggarakan pada tanggal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *