Ketahui 2 Jenis Beasiswa Yang Ada Di UNDIP, Kuliah Yuk!

jejakblog – Beasiswa yang ada di UNDIP diperuntukkan bagi mahasiswa yang berprestasi secara akademis maupun kurang mampu secara ekonomi. Universitas Diponegoro (UNDIP) yang terletak di kota Semarang adalah termasuk dalam 10 besar perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia. Universitas ini menawarkan banyak program beasiswa bagi para mahasiswa yang hendak maupun sedang belajar di sana.

Bekerjasama dengan pemerintah dan beberapa perusahaan besar yang ada di Indonesia, UNDIP menyelenggarakan program beasiswa 2020 bagi mahasiswa. Beasiswa ini bertujuan untuk memberi kesempatan belajar bagi mahasiswa yang berprestasi maupun yang kurang mampu secara ekonomi. Bagi mahasiswa ingin mengetahui jenis-jenis beasiswa tersebut, silahkan menyimak artikel berikut!

Beasiswa yang ada di UNDIP

2 Jenis Beasiswa yang Ada di UNDIP

Beberapa mahasiswa mungkin merasa kuatir dengan besarnya biaya kuliah yang harus dibayarkan saat menempuh pendidikan di UNDIP. Akan tetapi tidak perlu kuatir karena universitas ini menawarkan bermacam pilihan beasiswa untuk meringankan biaya kuliah tersebut. Berikut adalah 2 jenis beasiswa yang ada di UNDIP yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa:

  • Beasiswa Peringkat Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa PPA UNDIP 2020 adalah jenis beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademis. Mahasiswa yang bisa mengajukan diri sebagai penerima beasiswa ini adalah yang masih aktif kuliah di UNDIP dan memiliki nilai IPK minimal 3,00. Saat mengajukan permohonan beasiswa PPA, mahasiswa harus melengkapi syarat-syarat berikut ini:

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Keperawatan Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Syarat dan Cara Mengajukan Permohonan Beasiswa PPA

Mahasiswa yang dapat mengajukan permohonan beasiswa PPA sebagai beasiswa yang ada di UNDIP adalah mahasiswa program Reguler. Mahasiwa tersebut bukan mahasiswa Ekstensi, maupun yang transfer dari program D3 ke program S1. Mahasiswa program S1 minimal duduk di semester 2 dan maksimal di semester 7. Bagi program D3 minimal duduk di semester 2 dan maksimal di semester 5.

Saat mengajukan permohonan, mahasiswa harus mengisi formulir permohonan beasiswa PPA. Pemohon harus melampirkan fotokopi KRS yang disahkan oleh pejabat berwenang sebagai bukti masih aktif di kegiatan perkuliahan. Lampirkan juga fotokopi KTM dan KHS terakhir dengan IPK minimal 3,00 yang telah disahkan.

Syarat-syarat lain yang harus dilampirkan saat mengajukan beasiswa PPA sebagai beasiswa yang ada di UNDIP adalah:

  • Surat keterangan tidak atau sedang mengajukan beasiswa yang berasal dari tempat lain atau mengajukan permohonan keringanan SPP.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Surat Keterangan Berkelakuan Baik yang diterbitkan oleh Fakultas dan disahkan oleh pejabat yang berwenang.
  • Surat Keterangan Gaji Orangtua atau Wali.
  • Fotokopi sertifikat penghargaan prestasi akademis (jika ada).
  • Fotokopi rekening listrik bulan terakhir.

Berbarengan dengan kelengkapan syarat pengajuan beasiswa yang ada di UNDIP, pemohon juga harus membuat Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Tata cara pembuatan proposal dapat dilihat dan diunduh di website resmi UNDIP. Beasiswa PPA berlaku selama satu tahun, yang dapat dicairkan setiap enam bulan sekali. Besaran nilai beasiswa adalah Rp350.000,00 per bulan.

  • Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa bidikmisi UNDIP adalah beasiswa yang diberikan pemerintah bagi siswa SMA, SMK, dan yang sederajat. Program ini ditujukan bagi siswa berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi dan diselenggarakan atas dasar pemerataan pendidikan bagi seluruh rakyat. Pemerintah akan menanggung seluruh biaya kuliah hingga lulus serta memberikan biaya hidup sebesar Rp700.000,00 per bulan.

Baca Juga:  Simak, 5 Cara Dapat Beasiswa PPA 2021 ! Ikuti Trik Ini

Syarat dan Cara Mengajukan Permohonan Beasiswa Bidikmisi di UNDIP

Syarat bagi peserta yang ingin melakukan pendaftaran beasiswa bidikmisi tahun 2021 sebagai beasiswa yang ada di UNDIP adalah siswa SMA atau SMK atau yang sederajat yang akan lulus di tahun 2021. Siswa yang telah lulus di tahun 2020 juga diperkenankan untuk mendaftar asalkan bukan penerima bidikmisi. Pendaftar juga sesuai dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di UNDIP.

Syarat lainnya adalah:

  • Usia pendaftar tidak lebih dari 21 tahun.
  • Tidak mampu secara ekonomi dengan salah satu kriteria dan disertai bukti sebagai berikut: penerima Beasiswa Bantuan Miskin, pemegang Kartu Indonesia Pintar/sejenisnya, pendapatan kotor orangtua/wali perbulan maksimal Rp3.000.000,00 atau maksimal Rp750.000,00 perbulan setelah dibagi jumlah seluruh anggota keluarga.
  • Pendidikan orangtua/wali paling tinggi adalah Strata 1.
  • Memiliki potensi dan prestasi akademik berdasarkan rekomendasi dari kepala sekolah.
  • Pendaftar dapat memilih salah satu perguruan tinggi dengan ketentuan sebagai berikut: mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri dengan pilihan seleksi masuk SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri di 1 PTN. Pendaftar juga dapat memilih program studi di Politenik, UT, ISI, serta Perguruan Tinggi Swasta.
Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Universitas Timor (UNIMOR)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Cara pendaftaran Bidikmisi bisa dilakukan secara online. Sekolah sebagai pemberi rekomendasi diharuskan mendaftar ke http:// dikti.go.id/sekolah/  untuk mendapatkan kode akses. Setelah Ditjen Belmawa melakukan verifikasi, pihak sekolah dapat merekomendasikan nama siswa menggunakan NPSN dan kode akses yang telah diverifikasi tersebut.

Sekolah akan memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada siswa rekomendasi agar mereka dapat mendaftar  melalui http:// dikti.go.id/siswa/login . Siswa akan menyelesaikan semua tahap pendaftaran melalui situs ini. Siswa yang telah melakukan pendaftaran bidikmisi dapat melakukan pendaftaran seleksi nasional SNMPTN melalui http://ac.id, SBMPTN melalui http://sbmptn.ac.id.

Seleksi Mandiri PTN dan PTS dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing perguruan tinggi. Pada saat pendaftaran ulang seleksi masuk, siswa harus melengkapi berkas seperti fotokopi rapor dan ijazah, serta sertifikat yang menunjukkan prestasi.

Demikianlah 2 jenis beasiswa yang ada di UNDIP yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa selama menempuh pendidikan di universitas tersebut. Agar bisa mendapatkannya, maka para siswa harus memiliki semangat belajar yang tinggi sehingga memperoleh prestasi yang tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat.

About Admin

Check Also

4 Cara Mendapatkan Beasiswa MEXT Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

jejakblog – Beasiswa MEXT adalah idaman para mahasiswa, bahkan sejak masih di tingkat SMU. Tentu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *