PPDB SMP Kabupaten Aceh Tengah 2022, Simak Jadwal, Syarat, Cara Daftar, dan Tips Lolosnya

PPDB SMP Kabupaten Aceh Tengah 2022 saat ini sedang banyak yang mencari informasinya. Mengingat memang hampir dekat dengan ajaran baru, yaitu tahun 2022/2023. Jadi, perlu mencatat baik-baik hal yang terkait dengan pendaftaran.

Mulai pertama dari jadwal, kualifikasi, hingga cara langkah  daftarnya. Dengan begitu, nanti tidak akan ketinggalan untuk mendaftar. Jangan lupa pula untuk mulai menyiapkan dokumen pendaftaran, {meskipunwalaupun} jadwalnya belum dibuka.

Informasi Seputar PPDB SMP Kabupaten Aceh Tengah 2022

PPDB SMP Kabupaten Aceh Tengah 2022

Kota Kabupaten Aceh Tengah adalah salah satu kabupaten di Indonesia dan wilayahnya juga cukup luas. Tentu pendidikan di sana juga banyak, termasuk SMP Negeri. Berikut informasi mengenai pendaftarannya.

  • Jadwal

Pendaftaran PPDB SMP Kabupaten Aceh Tengah secara online berjalan pada bulan Juni sampai Juli. Mengenai tanggal pastinya tidak tercatat, kemungkinan hampir sama dengan tanggal yang ada di Semarang.

Bisa juga memang diperluas sampai 2 bulan prosesnya. Namun, sebaiknya pendaftar memastikannya langsung melalui akun website sekolah tujuan. Biasanya di sana akan tertera lengkap mengenai jadwalnya secara spesifik.

Meskipun begitu, ada keterangan mengenai jam terakhir pelaksanaannya. Pada pendaftaran, hanya sampai pukul 10.00 WIB dan dilayani sampai pukul 12.00 WIB. Sedangkan daftar ulangnya pada pukul 08.00 sampai 13.00 WIB.

  • Persyaratan

Semua persyaratan yang sudah lembaga tentukan harus terpenuhi. Hal ini sebagai penunjang apakah pendaftar akan diterima atau tidak. Jika tidak ingin ada yang terlewat, maka bisa mencatat daftar persyaratan berikut.

  • Sudah lulus dan mempunyai ijazah atau SKL dari SD maupun MI asal.
  • paling tinggi berusia 15 tahun ketika di awal tahun pembelajaran nanti.
  • Mengisi formulir pendaftaran berwarna putih rangkap 2.
  • Mempunyai Surat Keterangan Lulus (STL) atau Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah (SKHUS) SD/MI.
  • Pas foto warna, dengan ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar.
  • Dua buah folder, mengenai warnanya bisa pendaftar sesuaikan dengan sekolah tujuan masing-masing.
  • Bagi siswa dari keluarga belum mampu, maka tolak ukur dan persyaratannya akan ditetapkan setelah lulus seleksi.
Baca Juga:  PPDB SMP Kota Lhokseumawe 2022, Simak Jadwal, Syarat, Cara Daftar, dan Tips Lolosnya

Bagi anak dari tenaga kependidikan di sekolah tersebut, maka harus melampirkan fotokopi SK dari satuan pendidikan tempat bertugasnya. Selain itu, juga perlu melampirkan fotokopi KTP, KK, KP4, dan akta kelahiran.

  • Cara Daftar PPDB SMP Kabupaten Aceh Tengah 2022

Jika ingin mendaftar secara online di SMP Kabupaten Aceh Tengah, maka harus tahu caranya. Di bawah ini sudah ada mengenai pendaftaran SMP online Indonesia untuk wilayah Kabupaten Aceh Tengah.

  • Pertama, kunjungi dulu situs pendaftarannya, yaitu melalui https://brebes.siap-ppdb.com/.
  • Kemudian, mengisi formulir pendaftaran. Biasanya, data tersebut berupa nomor ujian nasional SD, nomor ponsel, serta 2 urutan pilihan SMP Negeri.
  • Hasil pendaftaran dapat pendaftar print out sebanyak 2 lembar. Kemudian, tempelkan foto dan harus mendapatkan tanda tangan sekolah pilihan pertama. 1 lembar untuk petugas pendaftaran dan selembar lagi pendaftar yang menyimpannya.
  • Pendaftaran online maksimal hanya [boleh|bisa] 1 kali. Selain itu, juga tidak bisa melakukan perbaikan atau pembatalan berkas.
Baca Juga:  Ketua BEM UI Sebut Jokowi Pembual, Ade Armando : Ternyata Kader HMI

Macam-Macam Jalur Penerimaan PPDB SMP Kabupaten Aceh Tengah 2022

Untuk masuk ke SMP impian, tentu terdapat berbagai macam jalur yang bisa Anda ikuti. Setiap jalur juga akan ditampilkan pada bagian website PPDB.

Jalur Zonasi

Jalur pertama yang tersedia dalam PPDB SMP Kabupaten Aceh Tengah yaitu Zonasi. Jalur ini dimaksudkan untuk siswa yang berwilayah pada daerah Zonasi. Kuota untuk jalur Zonasi adalah minimal 50 persen terhitung dari keseluruhan kuota PPDB. Adapun syarat untuk mengikuti jalur ini yaitu mempunyai alamat satu zonasi yang dibuktikan dengan kartu keluarga yang diterbitkan minimal 1 tahun.

Jika pendaftar tidak mempunyai KK, maka syarat itu bisa digantikan dengan surat keterangan domisili dari RT maupun RW yang dilegalisir resmi. PPDB SMP Kabupaten Aceh Tengah 2022

Jalur Afirmasi

Jalur selanjutnya yaitu Afirmasi, yang merupakan jalan untuk peserta didik yang berasal dari keluarga tidak mampu dan penyandang disabilitas. Kuota untuk jalur ini sebesar minimal 15 persen. Syarat untuk mengikuti PPDb jalur afirmasi yaitu mempunyai bukti program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat dan daerah

Jalur Prestasi

Jalur prestasi yaitu cara peserta didik untuk mendaftar dengan menggunakan nilai rapor sebagai bahan seleksi. Tidak ada kuota yang stagnan atau tetap untuk jalur prestasi. Hal ini dikarenakan tergantung pada kuota tiap sekolah. Untuk mendaftar PPDb jalur prestasi, Anda harus mempersiapkan rapor 5 semester terakhir dengan surat keterangan peringkat dari sekolah asal.

Baca Juga:  Spoiler Yumi Cells 2 Episode 7 dan 8 dan Cara Nontonnya

Jika mempunyai sertifikat pendukung seperti prestasi perlombaan akademik maupun non akademik, maka hal tersebut sangat dianjurkan untuk dilampirkan.

Tips Agar Lulus Seleksi PPDB SMP Kabupaten Aceh Tengah 2022

Jika ingin lulus seleksi PPDB SMP Kabupaten Aceh Tengah 2022, maka bisa melakukan tips-tips berikut. Dengan begitu, akan mempunyai janji lebih besar dan nantinya bisa sekolah di SMP tujuan.

  • Pertama, harus meminta berkat orang tua terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tujuan tanggapan antara orang tua dan anak sama.
  • Pelajari aturan PPDB yang sudah ditetapkan masing-masing zona, kawasan atau sekolah. Baik itu yang berkaitan dengan dokumen persyaratan atau alur pendaftarannya.
  • Mencatat jadwal pendaftaran. Hal ini sangat penting agar tidak terlewati. Tidak hanya mengenai jadwal pendaftarannya, melainkan juga tanggal pengumuman dan pendaftaran ulang.
  • Pelajari profil SMP tujuan. Dengan begitu, pendaftar akan tahu seperti apa gambaran sekolah tersebut. Cara mempelajarinya bisa mengunjungi situs resminya.
  • Menyiapkan berkas pendaftaran. Meskipun belum dimulai, tetapi menyiapkannya lebih dulu akan lebih baik agar tidak ada yang kewalahan.
  • Belajar dengan giat untuk perencanaan tes yang akan diujikan.
  • Terakhir, jangan lupa berharap karena apapun hasilnya nanti tidak akan lepas dari kehendak Tuhan.

Itulah beberapa informasi terkait jadwal, persyaratan, dan cara daftar dari PPDB SMP Kabupaten Aceh Tengah 2022. Mengenai info di kabupaten lainnya, bisa cari tahu di portal PPDB individual Indonesia.

About Admin

Check Also

daftar cpns 2021

Mau Daftar CPNS 2021? Ketahui Dokumen dan Cara Mengunggahnya di sscasn.bkn.go.id

jejakblog – Selasa tanggal 29/06/2021 pukul 14.00 WIB pengumuman seleksi CPNS telah dilakukan oleh Badan …