4 Cara Mendapatkan Beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

jejakblog – Beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University adalah incaran para mahasiswa, bahkan sejak masih di sekolah SMU. sudah tentu, penyebabnya semakin tahun, biaya kuliah pun lebih meningkat. Jadi, agar bisa tetap kuliah, salah satunya yaitu melalui cara mendapatkan beasiswa yang ampuh ini.

Pengertian Beasiswa Kuliah

Beasiswa artinya sebuah bentuk tunjangan dan diberikan kepada mahasiswa yang memiliki hak memperolehnya, sebagai bantuan ongkos kuliah. memperoleh beasiswa ini tidak mudah, karena wajib memenuhi persyaratan dan berbagai tes.

Siapa pun punya hak ikut dalam tes beasiswa ini. Asalkan memenuhi syarat, pasti bisa memperolehnya. Beasiswa ini dapat berupa pembiayaan full, parsial, atau hanya fasilitas penunjang tertentu saja.

beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University

Jenis Beasiswa Berdasarkan Sumbernya

Ada beberapa macam beasiswa apabila dilihat dari sumber penyelenggaranya. di bawah ini merupakan beberapa jenis beasiswa yang bisa diraih oleh para mahasiswa Indonesia.

1. Beasiswa Pemerintah

Ini merupakan pembagian pertolongan biaya kuliah yang pangkal uangnya dari beberapa lembaga negara. Di antaranya adalah dari Bapenas, Departemen Keuangan, dan LIPI. Beasiswa ini bersifat masyarakat, tidak terbatas Cuma bagi pekerja saja. 

Beasiswa ini ada yang diberikan untuk mahasiswa. Namun, ada juga beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University untuk lulusan SMA. Ini untuk menjaring siswa berprestasi yang terkendala dana untuk meneruskan studinya.

2. Beasiswa Negara Asing

kemudian adalah beasiswa yang bersumber dari tambahan dana dari negara maju. Tujuannya adalah mendukung perkembangan pada bidang ilmu dan penelitian dengan menyerahkan dukungan dana, serta fasilitas penunjang.

Rancangannya bisa berupa beasiswa kuliah luar negeri. Biasanya dukungan dananya penuh, mulai dari biaya belajar, akomodasi, hingga uang saku. Jadi, mahasiswa hanya fokus belajar saja.

3. Beasiswa Kuliah Swasta

Terdapat pula beasiswa yang merupakan bentuk tanggung jawab sosial (CSR) suatu perusahaan swasta. Umumnya, selain memberikan bantuan dana Jurusan S2 di Chulalongkorn University full, juga ada bantuan fasilitas dan perangkat pendukung belajar.

4. Beasiswa Yayasan

Bentuk beasiswa yang satu ini, umumnya merupakan bantuan dana kuliah bagi kelompok mahasiswa berprestasi, tetapi memiliki kelemahan biaya. Bantuan ini sifatnya umum, jadi siapa pun bisa mendaftarnya.

5. Beasiswa Universitas

Pihak universitas juga menyiapkan beasiswa untuk para mahasiswanya. Mereka bisa mengajukan permohonan beasiswa untuk mendapat potongan biaya atau pemberian fasilitas pendukung belajar.

Jenis Beasiswa Kuliah Berdasarkan Bentuknya

Selain dari sumber dananya, beasiswapun dibedakan berdasarkan bentuknya. Ada beberapa bentuk pemberian beasiswa. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Beasiswa Pemenang

Bentuk beasiswa ini merupakan pemberian bantuan dana kuliah bagi mahasiswa yang mempunyai keunggulan. Tidak hanya dalam hal pendidikan saja, beasiswa ini juga bertujuan membantu mahasiswa yang berprestasi di bidang non akademis.

2. Beasiswa Bantuan Belajar

Ini merupakan beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa kurang mampu yang kesulitan biaya kuliahnya. Namun, tidak hanya menilai kemampuan ekonominya saja. ketentuan lainnya adalah bahwa mahasiswa itu memenuhi IPK minimumnya.

3. Beasiswa Ikatan Dinas

Selanjutnya ada juga bentuk beasiswa yang memberikan bantuan kepada siswa berprestasi di hal yang sesuai. Beasiswa ini biasanya diikuti dengan perjanjian kerja di instansi yang membiayainya tersebut. Nantinya ketika wisuda, penerima beasiswa langsung terikat kontrak kerja.

4. Beasiswa Kompetisi

Mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi nasional maupun internasional bisa mengajukan pendaftaran beasiswa ini. Biasanya pemberi beasiswa mendukung mulai dari training, dana penelitian, hingga legalisasi dalam bentuk sponsorship.

5. Beasiswa Penelitian

Beasiswa ini merupakan bantuan bagi mahasiswa yang sedang melakukan riset menurut bidang studinya. Mahasiswa tersebut bisa mengajukan proposal dengan melampirkan kemajuan penelitiannya.

Syarat Mendapatkan Beasiswa {Kuliah}

Ada beberapa persyaratan umum dan khusus yang harus dilengkapi oleh mahasiswa yang mengajukan permohonan Beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University. Berikut ini beberapa syarat umumnya.

1. Merupakan Mahasiswa Suatu Perguruan Tinggi

Syarat pertama ini dapat dibuktikan dengan melampirkan identitas kemahasiswaan, yaitu berupa kartu mahasiswa. Namun, Ada pula beasiswa untuk siswa SMU yang baru akan lulus. Syaratnya adalah memperlihatkan kartu pelajar.

2. Menunjukkan Transkrip Nilai

Berikutnya, mahasiswa tersebut harus bisa memperlihatkan transkrip nilainya. Biasanya ada batasan minimum nilainya, yaitu IPK 3.00. Adapun bagi pelajar, biasanya syarat nilai ini paling kecil 8 untuk masing-masing mata pelajaran.

3. Berkelakuan Baik

Syarat selanjutnya adalah berperilaku bagu. Mahasiswa maupun siswa calon penerima Beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University dilarang memiliki sejarah kriminal. Hal ini dibuktikan melalui surat keterangan dari kepolisian.

4. Mempersiapkan Berkas Dengan Lengkap

Perlu dipahami juga tentang kelengkapan persyaratan dokumen. Contohnya identitas pribadi dan kelengkapan lainnya. KTP, Kartu Keluarga, dan formulir pendaftaran beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University harus terlampir secara lengkap.

5. Berasal dari Keluarga Miskin

Apabila hendak mengajukan Beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University atau bantuan pendidikan untuk mahasiswa tidak mampu, tentu harus membuktikan kebenarannya. Buatlah surat keterangan tidak mampu dengan saran RT.

Biasanya, surat ini menjadi alasan pertimbangan untuk pemberian beasiswa full. Penerima akan mendapatkan biaya kuliah secara (penuh, termasuk ongkos hidupnya.

6. Membuat Surat Pernyataan

Umumnya, ada beberapa surat keterangan yang harus dibuat. Surat pernyataan itu mengandung penjelasan siap lulus tepat waktu dan tidak putus studi di tengah jalan. Ada juga keterangan bahwa tidak sedang menerima beasiswa dalam bentuk lain.

alasan dari surat keterangan ini adalah memastikan pemerataan penerima beasiswa. Dengan mencegah adanya mahasiswa penerima beasiswa ganda, sehingga bisa diberikan ke penerima lainnya yang lebih memiliki hak.

Cara Mendapatkan Beasiswa {Kuliah}

Mendapatkan beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University merupakan [perjuangan|usaha} yang gampang sekaligus sulit. Mengingat ada jutaan mahasiswa bersaing memperjuangkan kuota beasiswa yang terbatas.

Namun, hal ini bukan berarti mustahil. Pada kenyataannya telah banyak mahasiswa yang berhasil lolos penyisihannya. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan beasiswa kuliah, coba tips berikut ini.

1. Persiapkan Nilai Sejak Jauh Hari

Biasanya, persyaratan nilai dalam seleksi beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University bukan hanya melihat transkrip terakhir saja. Bisa jadi harus melampirkan hasil selama dua hingga tiga semester.

Bahkan, bagi siswa SMU, nilai rapor tiga tahun terakhir menjadi tolok ukur. Itulah sebabnya, pastikan nilai selalu bagus mulai jauh-jauh hari. Dengan demikian, persyaratan ini dapat terpenuhi dengan mudah.

2. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Cari informasi mengenai lembaga, yayasan, atau perusahaan penyelenggara beasiswa. Semakin banyak informasi, pilihannya pun menjadi semakin luas. Bisa jadi salah satu beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University dalam negeri dapat ditembus.

3. Jaga Agar Tidak Mendapatkan Catatan Buruk

Saat ini, pergaulan anak muda semakin miris. Oleh sebab itu, harus mampu menjaga diri agar tidak terjerumus pada pergaulan yang salah. Ini akan memengaruhi citra baik yang menjadi pertimbangan penerimaan beasiswa.

Hindari merokok, narkoba, dan seks bebas. Jadilah pelajar dan mahasiswa yang sungguh-sungguh bersikap apa adanya. Alih-alih terpengaruh pergaulan yang salah, sebaiknya mempersiapkan diri untuk selalu berprestasi.

4. Ikuti Beragam Kompetisi

Prestasi yang pernah diraih merupakan salah satu pertimbangan dalam keberhasilan memperoleh beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk meraih juara di berbagai lomba.

Dengan demikian, portofolio prestasi pun menjadi semakin komplet. Simpan semua piagam yang dimiliki sebagai dokumen penunjang pengajuan beasiswa nantinya.

Dengan melakukan persiapan sejak jauh hari sebelumnya, maka potensi lolos seleksi beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University menjadi lebih besar. Biaya kuliah pun dapat teratasi, sehingga cita-cita sekolah hingga jenjang lebih tinggi dapat teraih.

About admin

Check Also

Simak, 5 Cara Dapat Beasiswa Bidikmisi 2021 ! Ikuti Trik Ini

jejakblog – Cara dapat beasiswa Bidikmisi 2021 musti diketahui secara tepat supaya bisa memproleh beasiswa …