Inilah Cara Daftar Bansos UMKM 2020, Cek Syarat dan Ketentuannya

jejakblog – Pendaftaran bantuan sosial terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) telah digalakkan oleh presiden Jokowi di tengah polemik pandemi Covid 19, tepatnya pada tahun 2020. Anda dapat memanfaatkan peluncuran program tersebut guna membantu stabilitas usaha serta memajukan perekonomian individu atau kelompok.

Syarat dan ketentuan berlaku bagi setiap warga negara Indonesia serta pemilik usaha atau UKM yang hendak melakukan registrasi program bantuan sosial ini, sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Anda ingin daftar bantuan sosial untuk usaha kecil menengah? Simak cara daftar bansos UMKM 2020 lengkap berikut ini.

cara daftar bansos UMKM 2020

Bagaimana Cara Daftar Bansos UMKM 2020?

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah telah menyalurkan bansos UMKM sejak perkiraan bulan Agustus 2020. Target penerima bansos adalah menyeluruh untuk warga negara Indonesia yang memiliki usaha perorangan atau kelompok dalam bentuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Peluncuran bansos untuk usaha ini menjadi tambahan dalam skema Banpres, yang sebelumnya sudah memiliki program seperti insentif pajak UMKM, kredit modal, dan sebagainya. Cara Daftar Bansos UMKM 2020 tidaklah rumit. Anda cukup mengikuti prosedur yang berlaku, sehingga dana bantuan pun dapat tersalurkan dengan benar.

Baca Juga:  Cara Mengecek Data Diri Pada Situs Penerima Bansos

Apa Saja Syarat yang Diperlukan untuk Daftar Bansos UMKM 2020?

Cara daftar bansos UMKM 2020 memang mudah. Masyarakat yang memiliki usaha kecil dan menengah dapat mendatangi Dinas Koperasi UMKM dan langsung mendaftarkan diri serta nama UKM nya disana. Selain itu, Anda cukup memenuhi beberapa lampiran dokumen dan membawanya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Simak pemaparan berikut ini.

Warga Negara Indonesia yang Dibuktikan dengan KTP atau NIK Asli

Syarat yang wajib Anda penuhi sebagai bagian dari cara daftar bansos UMKM 2020 yang pertama, yaitu Warga Negara Indonesia (WNI). Hal yang bisa dibuktikan bahwa Anda sebagai pemilik UMKM adalah WNI, yaitu dengan menunjukkan KTP asli. Selain itu, Kartu Keluarga juga dapat dijadikan lampiran dokumen pelengkap.

Bagaimana jika KTP hilang? Solusi bagi Anda yang memiliki kendala tersebut adalah Anda bisa melaporkan ke aparat wilayah setempat, melalui RT/RW serta kepolisian. Sembari menunggu proses konfirmasi, Anda bisa menggunakan surat pengantar supaya dapat memproses pengajuan dana bansos UMKM dengan lebih cepat.

Memiliki Usaha Mikro yang Dibuktikan dengan Surat Resmi dari Dinas Koperasi

Memiliki usaha mikro ini harus dibuktikan dengan adanya surat pernyataan sebagai usulan kepada calon penerima bansos. Surat tersebut dapat Anda peroleh dari pengusul, yaitu Dinas Koperasi dan Usaha Mikro setempat di wilayah masing-masing dan pastinya memiliki wewenang menurut badan hukum, lembaga penyalur oleh pemerintah, kementerian, maupun perusahaan.

Baca Juga:  Simak, 5 Cara Dapat Beasiswa Sejutacita ! Ikuti Trik Ini

Surat memiliki usaha mikro atau UKM sebagai bagian dalam syarat dari cara daftar bansos UMKM 2020 ini berfungsi agar meminimalisir kecurangan dari pihak-pihak tertentu. Proses ini juga berguna untuk memudahkan langkah validasi data calon penerima bantuan yang melakukan registrasi, serta untuk kepentingan legalitas laporan penyaluran dana bantuan kepada pemerintah pusat.

Bukan Termasuk Aparatur PNS, Anggota TNI/ Polri, Pegawai BUMN/ BUMD

Kehadiran bantuan dana sosial untuk UMKM ini sangatlah disambut baik oleh seluruh masyarakat Indonesia. Namun, ada sebagian besar dari masyarakat tersebut yang bertanya mengenai syarat dan spesifikasi golongan yang berhak menerima bansos UMKM 2020 tersebut, termasuk perijinan bagi strata PNS, anggota TNI/ Polri, serta pegawai BUMN ataupun BUMD.

Informasi mengenai pembagian golongan yang berhak menerima bansos UMKM ini telah ditetapkan oleh Kementerian Koperasi UKM. Anggota PNS, TNI/ Polri, Pegawai BUMN/BUMD tidak diperkenankan mengikuti program tersebut. Namun, anggota keluarganya boleh dengan syarat bahwa anggota keluarga tersebut memiliki usaha sendiri, walaupun sebenarnya tidak menjadi prioritas.

Tidak Sedang Memiliki Pinjaman di Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau Bank Apapun

Anda sedang terlibat transaksi dan memiliki tunggangan peminjaman di Bank atau Kredit Usaha Rakyat (KUR)? Segera lunasi terlebih dahulu jika Anda ingin mendapatkan bantuan sosial untuk UKM.  Hal tersebut merupakan bagian dari cara daftar bansos UMKM 2020 agar pelaku usaha tidak sedang memiliki pinjaman di Bank ataupun KUR.

Baca Juga:  Simak 5 Cara Dapat Beasiswa di Institut Seni Indonesia Denpasar (ISI Denpasar)! Ragam Beasiswa yang Ditawarkan

Pemerintah memberikan bantuan tersebut hanya kepada pemilik UKM yang bersih dari aktivitas pinjaman dengan bank. Hal tersebut berguna supaya bansos dapat tersalurkan kepada pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid 19 secara menyeluruh. Selain itu juga dapat mendukung program pemerintah dalam upaya memajukan ekonomi nasional.

Proses Pencairan Dana Bansos UMKM 2020

Setelah memahami syarat dan ketentuan mendaftar bansos UMKM 2020, Anda juga perlu mengetahui tentang bagaimana proses pencairan dananya. Cara mengetahui jika nama Anda atau UKM yang didaftarkan sudah tercantum ke dalam daftar penerima adalah dengan menerima SMS pemberitahuan dari bank penyalur bantuan. Setelah itu lakukan konfirmasi dengan mendatangi bank terkait.

Ketika mendatangi bank tempat penyalur bansos UMKM, Anda juga perlu menyiapkan beberapa dokumen sebagai lampiran dalam persyaratan untuk proses pencairan dana. Dokumen-dokumen tersebut seperti buku tabungan, kartu ATM, KTP atau identitas diri, surat pernyataan penerima bansos, Surat Pernyataan TanggungJawab Mutlak, serta surat kuasa penerimaan dana bantuan.

Demikian informasi mengenai cara daftar bansos UMKM 2020. Periksalah dokumen-dokumen pengantar sebelum Anda mendaftar secara teliti. Hal tersebut berguna agar proses registrasi yang Anda lakukan dapat terproses dengan lancar. Lakukan cara-cara bijak supaya tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Semoga bermanfaat untuk pembaca yang ingin mendaftarkan diri melalui program bantuan sosial pemerintah 2020.

About Admin

Check Also

Beasiswa S1 hukum di Indonesia

Ingin Mendapat Beasiswa S1 Hukum di Indonesia, 6 Syarat Ini Harus Dipenuhi

jejakblog – Beasiswa S1 hukum di Indonesia memberikan kesempatan yang terbuka lebar bagi calon mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *