Hp Xiaomi Mati Total? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

jejakblog – Jika Hp xiaomi mati total tidak perlu khawatir dulu, karena terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Nah, jika penyebabnya ringan tidak perlu buru-buru untuk dibawa ke tukang servis yang pastinya akan memakan biaya. Jadi, Apa salahnya jika diatasi sendiri terlebih dahulu.

Ada beberapa cara yang telah terbukti dapat menyembuhkan xiaomi yang mati total. Mungkin bagi Anda yang baru pertama kali mengalami hp xiaomi mati total sendiri akan panik. Sesungguhnya hp mati total merupakan hal yang sudah umum terjadi pada Hp merk apapun seperti Oppo, Samsung, Asus dan lain-lain.

Hp xiaomi mati total

Penyebab Hp Xiaomi Mati Total Yang Perlu Anda Ketahui

Untuk memperbaiki hp xiaomi mati total tentu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari penyebabnya. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab xiaomi mati total.

  • Kemasukan Air

Penyebab yang sudah umum terjadi hp xiaomi mati total kena air. Hal ini dapat terjadi karena air adalah komponen konduktor yang dapat mengakibatkan konslet pada komponen Hp. Sehingga ketika air masuk, Hp menjadi mati total. Oleh karena itu jika Anda tak sengaja menjatuhkan Hp ke dalam air, segera keringkan. Sebelum menghidupkan bersihkan dan keringkan papan PBC dengan cairan khusus atau bensin.

  • Software Hp Rusak

Penyebab kedua Hp xiaomi mati total bisa karena terdapat salah satu softwarenya yang rusak. Hal ini juga umum dialami oleh Hp Android lainnya. Jika hal ini yang terjadi maka perlu dilakukan flash ulang Hp xiaomi atau restart agar masalah tersebut dapat diatasi tanpa perlu ke tukang servis.

  • Baterai Kosong

Hal lain yang sering terjadi yakni xiaomi mati total karena baterai habis.  Baterai habis memang sudah umum membuat Hp akan mati sendiri. Namun, jika baterai dalam keadaan benar-benar kosong bisa jadi mati total dan susah dihidupkan. Untuk menghidupkannya kembali Anda harus mengisi daya baterai. Xiaomi membutuhkan arus 300mv dengan tegangan kurang lebih 3,4-4 V untuk dapat menyala lagi.

  • Konektor Baterai Berkarat

Kondisi konektor baterai yang sudah lama tidak digunakan serta berkarat tentu tidak dapat digunakan sesuai fungsinya. Sehingga ketika Hp xiaomi mati total tetap tidak akan menyala meskipun sudah dipasangkan dengan pengisi daya. Untuk mengatasinya Anda bisa dengan membeli konektor yang baru.

  • Tidak Ada Sinyal

Ternyata tidak ada sinyal juga dapat mengakibatkan hp xiaomi mati. Ini bisa saja terjadi ketika Anda di suatu tempat yang sulit mendapatkan jaringan internet. Jadi, Hp xiaomi akan selalu berada dalam kondisi mencari sinyal. Penggunaan baterai akan semakin besar karena IC PA bekerja extra.

  • Hang Karena Terlalu Banyak Aplikasi

Sebenarnya ini bukanlah kondisi Hp xiaomi mati total, namun untuk membedakan antara Hp hang layar hitam dan mati total hampir sulit. Sehingga keadaan tersebut bisa dianggap mati total. Cara mengatasi ini cukup hapus beberapa aplikasi yang tidak berguna.

Baca Juga:  7 Langkah Membuat Website Sekolah dengan WordPress

9 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Mati Total

Setelah mengetahui penyebab Hp xiaomi mati total, Anda bisa memulai memperbaikinya. Nah berikut ini ada beberapa metode yang bisa Anda coba untu mengatasi hp yang mati total.

  • Ganti Charger Original

Saat kondisi Hp mati dan disambungkan dengan pengisi daya namun lampu LED tidak menyala, bisa jadi baterai sudah soak. Kemungkinan lain pengisi daya yang digunakan bermasalah. Untuk memastikan apakah yang bermasalah Hp atau charger, coba pasangkan dengan Hp xiaomi lain.

Baca Juga:  Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone Dengan dan Tanpa Aplikasi

Jika daya tidak masuk itu artinya charger yang bermasalah.Namun, sebaliknya jika di xiaomi lain charger dapat berfungsi dengan baik, berarti permasalahan berada pada hp. Nah, jika akar masalah berasal dari charger silakan gunakan cas yang masih berfungsi baik atau membeli yang original.

  • Isi Daya Xiaomi

Untuk mengatasi Hp yang mati total adalah dengan mengisi daya Hp tersebut. Namun, pastikan Hp dalam kondisi bisa di charge. Kemudian biarkan hingga kurang lebih 2 jam. Hal lain yang perlu diperhatikan yakni memastikan lampu LED hp menyala, sehingga permasalah bukan pada baterai.

  • Perhatikan Tombol Power

Sudah banyak yang berhasil mengatasi hp xiaomi mati total dengan menggunakan trik ini. Caranya yaitu colok pengisi daya ke Hp kemudian tekan tombol power. Selanjutnya lepaskan tombol power tersebut. Tekan kembali dengan durasi 1-3 menit. Nah, jika berhasil maka Anda diarahkan ke halaman pengisi daya. Di sana Anda dapat melihat daya sedang mengisi.

  • Lakukan Reset

Jika ketiga cara di atas tidak berhasil Anda bisa melakukan reset Hp ke pengaturan pabrik. Cara ini cukup riskan dilakukan, namun apa salahnya untuk dicoba. Tetapi, Anda harus ekstra hati-hati agar data yang dimiliki tidak hilang. Oleh karena itu, sebelum mereset Hp lakukan backup terlebih dahulu pada data-data Anda.

  • Bongkar Baterai Tanam

Membongkar baterai tanam pada hp xiaomi selama ini dianggap cukup berhasil. Namun, membongkar baterai tanam pada xiaomi tidak semua orang dapat melakukannya. Hanya orang-orang yang ahli dibidangnya saja. Jika ingin mencobanya Anda bisa bertanya kepada orang yang sudah Ahli atau menggunakan panduan seperti Youtube.

  • Masuk Ke Recovery Mode

Cara selanjutnya adalah dengan masuk ke recovery mode. Ini sudah dimanfaatkan oleh orang banyak untuk mengatasi hp xiaomi mati total bahkan mengatasi hp xiaomi yang bootlop. Bootloop adalah kondisi hp xiaomi yang dapat menyala namun hanya sampai pada halaman log MIUI saja. Namun sebelumnya Anda harus membackup seluruh data agar tidak hilang. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut ini

  • Tekan secara bersamaan antara tombol power dengan tombol volume down sampai terlihat logo Android
  • Akan muncul beberapa menu, lalu pilih menu wipe & reset lalu klik OK
  • Lanjutkan dengan wipe all data dan klik Yes
  • Tunggu hingga proses recovery tersebut selesai
  • Gunakan Software Pc One Click Unbrick

Untuk mengatasi hp xiaomi mati total bisa dengan memanfaatkan software PC atau komputer. Cara ini juga sudah banyak digunakan. Jika Anda akan mencobanya bisa dengan mendownload aplikasi tersebut di situs resminya kemudian diinstall. Untuk panduan lengkapnya Anda bisa mencari di Youtube atau orang yang sudah berpengalaman dibidangnya.

  • Cek Arus Listrik

Mungkin penyebab lain hp yang tidak mau menyala adalah arus listrik yang berkaitan dengan pengisian baterai. Bisa jadi, xiaomi mati total kehabisan baterai. Anda harus memastikan pada bagian kontak listrik apakah arus stabil atau tidak. Namun, jika tetap tidak berhasil Anda perlu melakukan jurus pamungkas yakni bawa ke Service Center.

  • Bawa Xiaomi Ke Service Center Terdekat

Setelah semua cara di atas dicoba, namun hasilnya masih nihil solusi terakhirnya adalah membawa Hp tersebut ke service center xiaomi terdekat. Tidak bisa dipungkiri Anda pasti akan mengeluarkan biaya tergantung seberapa parah tingkat kerusakannya. Tetapi jika Anda masih ingin mencoba cara di atas, maka perhatikan bahwa langkah-langkahnya sudah tepat.

Baca Juga:  Buat Akun Wordpress Gratis dengan 5 Langkah Sederhana

Nah itulah tadi 9 cara mengatasi Hp xiaomi mati total. Jika sudah sukses dengan menggunakan cara-cara di atas Anda tidak perlu ke Service Center. Itu artinya Anda sudah menghemat biaya sekaligus waktu. Jadi bagaimana? Mau mencoba trik di atas atau datang ke Service Center?

About Admin

Check Also

Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *