Panduan Hapus Akun Gmail Permanen dan Pemulihan Terlengkap

jejakblog – Dalam beberapa kasus, ada beberapa orang yang memutuskan untuk hapus akun gmail permanen. Cara ini dapat dilakukan melalui komputer, laptop, ataupun smartphone biasa hanya dalam beberapa langkah saja. Namun, perlu diketahui bahwa ada dua pilihan dalam proses penghapusan ini.

Pertama, penghapusan akun Google yang berarti akun Gmail akan terhapus berikut dengan semua aplikasi yang terhubung. Kedua, hapus akun gmail permanen saja, sementara aplikasi maupun data lainnya masih dapat diakses. Jangan sampai salah pilih, karena berbeda efeknya.

hapus akun gmail permanen

Manfaat Akun Gmail Pada Kehidupan Sehari-hari

Gmail semula merupakan layanan email dari Google yang dapat dimanfaatkan secara gratis. Kebijakan akun ini resmi diluncurkan oleh Google.Inc tepat pada tanggal 21 Maret 2004. Ada banyak fitur unggulan yang dapat digunakan, seperti chatting, perlindungan spam, pengelompokan email, dan lain-lain.

Jangan heran, jika akun yang satu ini dapat langsung melejit dan diminati, terutama oleh para pebisnis. Oleh karena itu, pasti ada alasan tersendiri yang melatarbelakangi seseorang untuk hapus akun gmail permanen. Sebab, di dalam kehidupan sehari-hari akun Gmail memiliki peran sangat banyak, seperti:

  1. Syarat untuk menjalankan smartphone. Akun Gmail akan memberikan perlindungan lebih terhadap smartphone pengguna.
  2. Syarat untuk dapat mengakses fitur Playstore, terutama untuk download aplikasi.
  3. Membuat akun di aplikasi Youtube, baik untuk mengunggah video, memberi like, maupun mengirimkan komentar.
  4. Mengirim serta menerima pesan dalam format apapun melalui email.
  5. Memberikan akses pada Google Drive untuk melakukan penyimpanan dan pengunduhan file.
  6. Memasang iklan berbayar untuk mempromosikan bisnis atau usaha.
  7. Terhubung dengan fitur-fitur lain keluaran Google, seperti Google Maps, Google Plus, dan lain-lain.
Baca Juga:  6 Aplikasi Pemutar Musik Offline Tanpa Wifi atau Data

Apa Tujuan Hapus Akun Gmail Permanen?

Dari ketujuh manfaat di atas, dapat diketahui bahwa keberadaan akun Gmail sangat penting bagi pengguna internet. Bahkan, kini melamar pekerjaan pun mengharuskan pelamar untuk mencantumkan alamat email. Lantas, kenapa ada segelintir orang yang memutuskan untuk hapus akun gmail permanen?

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk melakukannya, seperti berganti smartphone, akun pernah digunakan untuk login tempat lain, dan lain-lain. Namun, alasan utamanya adalah soal privasi. Tak dipungkiri, di dalam akun Gmail terdapat banyak data pribadi pengguna, seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat, dan lain sebagainya.

Hal ini dapat dilihat saat proses pembuatan awal akun Gmail, sangat lengkap, bukan? Jika data tersebut tidak berada di dalam genggaman pengguna, maka ada celah untuk dilakukan peretasan atau penyalahgunaan data. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk melakukan hapus akun gmail permanen.

Cara Backup Data Akun Gmail

Sebelum memutuskan untuk hapus akun gmail permanen, alangkah lebih baik jika dilakukan pencadangan data terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengamankan data, tetapi sifatnya hanya opsional saja atau tidak diharuskan. Berikut langkah-langkah untuk melakukan backup data akun Gmail:

  1. Kunjungi halaman Google Account.
  2. Pilih Data & Personalization, klik Download data Anda.
  3. Google akan mencentang semua data secara otomatis. Oleh karena itu, jika ada data yang tidak ingin disimpan, tinggal hapus tanda centang di kotak kecil. Klik Next.
  4. Sesuaikan arsip dari data-data tersebut atau biarkan tetap dalam pengaturan Default. Klik Buat Arsip, tunggu sampai proses selesai.

Cara Hapus Akun Gmail Permanen

Bagi orang awam mungkin sedikit bingung, karena saat membuka menu Gmail pada smartphone tidak ditemukan tombol logout atau keluar. Ada sebagian orang juga yang berpikir, jika akun Gmail tidak digunakan dalam jangka waktu lama, maka akan terhapus dengan sendirinya.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Aplikasi Backup Data PC Terbaik

Sayang, karena ini tentulah tidak benar. Google memberikan akses selamanya pada akun-akun yang sudah terdaftar, sehingga tidak ada batasan atau masa kadaluarsa untuk akun Gmail. Tak perlu risau, karena ternyata hapus akun gmail permanen itu sangat mudah. Berikut panduannya:

Cara Pertama Hapus Akun Gmail di Android

  1. Masuk ke menu pengaturan atau Setting yang ada pada smartphone.
  2. Buka menu Akun atau Accounts, pilih Google. Jika pengguna memiliki lebih dari satu akun, di sini akan terlihat daftar nama akun-akun tersebut.
  3. Klik pada akun Gmail yang ingin dihapus, pilih opsi hapus akun atau Remove Account. Pilihan ini terdapat pada titik tiga yang ada di sebelah pojok kanan layar.
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi hapus akun gmail permanen sudah berhasil.

Cara Kedua Hapus Akun Gmail di Android

  1. Buka aplikasi Gmail yang tersemat di smartphone.
  2. Ketuk tanda tiga strip yang ada di bagian pojok kiri atas.
  3. Klik pada informasi email yang memperlihatkan nama serta alamat email.
  4. Pilih Manage Account. Klik Data & Personalisasi.
  5. Swipe layar ke bawah. Klik Hapus Layanan atau Akun Anda, pilih Menghapus Akun Google Anda.
  6. Masukkan kata sandi atau password akun Gmail, klik Berikutnya.
  7. Centang semua kolom syarat dan ketentuan, klik Hapus Akun. Tunggu sampai ada pemberitahuan hapus akun gmail permanen sudah berhasil.

Cara Hapus Akun di PC

Keberadaan akun Gmail memang tidak hanya terdapat pada perangkat smartphone saja, di PC pun pasti ada. Oleh karena itu, cara untuk hapus akun gmail permanen melalui PC berikut ini juga tidak kalah penting untuk dipelajari. Berikut panduan yang dapat diikuti:

  1. Buka halaman akun Google atau klik https://myaccount.google.com/.
  2. Setelah terbuka, pergi ke halaman Data & Personalization. Pilih Delete a service or your account.
  3. Pilih Delete your account untuk memulai proses penghapusan.
  4. Konfirmasi dengan memasukkan password akun Gmail.
  5. Selanjutnya akan muncul notifikasi konfirmasi kembali. Pahami setiap poin-poinnya, klik Delete Account. Beres.
Baca Juga:  6 Tips Promosi Video Youtube Di Google Ads, Simak!

Cara Pulihkan Akun Gmail yang Terhapus

Ternyata, permasalahan hapus akun gmail secara permanen tidak sampai disitu saja. Untuk alasan tertentu, ada beberapa orang yang menginginkan untuk kembali memulihkan akun Gmail yang sudah terhapus. Lantas dapatkah akun tersebut kembali digunakan?

Jawabannya, dapat. Seperti yang diketahui bersama, saat ada sesuatu yang dihapus maka akan masuk ke folder sampah terlebih dahulu. Untuk langkah permulaan, cobalah cek di dalam folder tersebut. Jika di tempat tersebut masih ada, maka pengguna tinggal pulihkan.

Namun, bagaimana jika di dalam folder sampah sudah terhapus juga? Tak perlu sedih, karena Google ternyata mengantisipasi hal tersebut dengan menyimpan data yang terhapus ke dalam cribe server. Berikut beberapa langkah pemulihan yang dapat diterapkan:

  1. Buka halaman Google Support atau klik https://accounts.google.com/signin/recovery.
  2. Isi data pada kolom formulir dengan detail dan benar.
  3. Sebutkan waktu atau tanggal, saat pengguna terakhir kali mengakses akun Gmail atau pertama kali mengetahui akun tersebut terhapus.
  4. Jangan lupa untuk melengkapi kolom deskripsi tentang kendala atau permasalahan email yang sudah terhapus. Klik Kirim atau Submit.
  5. Tunggu sampai ada email pemberitahuan dari mail-support@google.com.

Demikian beberapa cara untuk hapus akun gmail permanen berikut dengan cara pemulihannya. Untuk berjaga-jaga, alangkah lebih baik jika akun-akun Gmail tidak terpakai tersebut segera dihapus. Sebab, tidak ada seorang pun yang tahu, kapan peretasan akan menimpa dirinya.

About Admin

Check Also

cara reset hp Oppo

Begini Cara Reset Hp Oppo Jika Lemot Atau Terkunci, Mudah!

jejakblog – Mungkin Anda sedang bingung bagaimana cara reset hp Oppo yang benar. Jika tiba-tiba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *