DPR Desak KSSK Lakukan Antisipasi Krisis Akibat Tekanan dari Tiga Penjuru Dunia

Anggota Komisi XI DPR desak KSSK lakukan antisipasi krisis yang berpotensi terjadi akibat tekanan krisis dari tiga penjuru. Hal itu diungkapkan oleh Kamrussamad, politisi Partai Gerindra pada Selasa (2/6/2022).

Kamrussamad meminta Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) memperkuat sinergi dan mengantisipasi dampak terburuk yang mungkin terjadi. Penyebabnya adalah resesi yang dialami Amerika Serikat (AS) dan China, serta perang berkepanjangan antara Ukraina-Rusia.

Dampak Resesi AS

PDB AS pada kuartal I 2022 adalah negatif 1,6 persen, lalu kuartal pada II 2022 negatif 0,9 persen. Dengan demikian, dapat dipastikan AS mengalami resesi.

Politisi Partai Gerindra tersebut menyebutkan setidaknya dua dampak resesi di AS bagi Indonesia. Pertama, pengurangan nilai ekspor karena AS akan berhemat dan mengurangi impor. Kedua, peningkatan suku bunga sebagai bentuk respon The Fed. Bila ini terjadi, potensi capital outflow akan semakin tinggi.

“Menghadapi situasi yang semakin tidak pasti ini, KSSK harus perkuat sinergi dan ada roadmap yang jelas untuk antisipasi dampak-dampak terburuk,” kata Kamrussamad dalam keterangan tertulis.
Kamrussamad menilai, kenaikan suku bunga akan membuat investor beramai-ramai menarik dananya dalam jumlah besar.

“Dan ini terjadi sejak Mei 2022. Rp32,12 triliun pada Mei, lalu turun menjadi Rp15,51 triliun pada Juni 2022, dan kembali naik menjadi Rp29,15 triliun pada Juli 2022,” jelasnya.

Dampak Krisis China dan Perang Rusia-Ukraina

Selain ancaman krisis akibat resesi AS, Kamrussamad juga khawatir dengan pertumbuhan ekonomi China yang negatif. Apalagi, konflik geopolitik antara Rusia-Ukraina yang belum reda juga memperparah hal tersebut.

“Ini krusial, terutama bagi kinerja ekspor kita. AS, RRT, Eropa adalah negara-negara tujuan ekspor Indonesia. Jadi, kalau mereka melemah, permintaan ekspor turun dan harga komoditas turun,” ungkapnya.

Terakhir, Kamrussamad mengatakan bahwa kondisi tersebut dinilai tidak membuat rupiah melemah secara signifikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Meskipun begitu, anggota DPR desak KSSK lakukan antisipasi krisis yang datang dari tiga penjuru karena bisa membuat dampak yang lebih besar dari sebelumnya.

About admin

Check Also

Prestasi Indonesia di Islamic Solidarity Games 2022, Yuk Simak!

Islamic Solidarity Games 2022 merupakan acara pesta olahraga solidaritas islam yang telah diselenggarakan pada tanggal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *