Lakukan 7 Diet yang Aman untuk Ibu Menyusui Ini, Badan Langsing Sehat Lagi!

Tidak bisa dipungkiri jika ibu menyusui cenderung memiliki berat badan yang lebih tinggi dibanding ibu normal pada umumnya. Karena kondisi inilah, tidak heran jika ibu menyusui sering melakukan diet yang aman untuk ibu menyusui. Tujuannya tidak lain agar berat badannya bisa turun dengan cepat.

Sebenarnya tanpa diet sekalipun, berat badan ibu bisa turun dengan sendirinya. Pasalnya ibu yang baru melahirkan biasanya akan menyusui bayi selama 6 bulan atau dikenal dengan pemberian ASI eksklusif. Di masa pemberian ASI ini, produksi ASI terus naik dan akhirnya berat badan ibu menyusui juga lambat laun bisa turun.

Baikkah Ibu Menyusui Melakukan Diet?

diet yang aman untuk ibu menyusui

Namun karena waktunya yang terlalu lama, akhirnya tidak sedikit ibu yang memilih diet alami untuk ibu menyusui. Meskipun sudah banyak yang melakoninya, apakah diet seperti ini diperbolehkan di masa menyusui? Ternyata Anda boleh melakukannya. Tapi tetap saja dengan memperhatikan asupan nutrisi. Jangan sampai melakukan diet tapi tidak memperhatikan nutrisi yang akhirnya produksi ASI terganggu.

Saat diet, ada beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi. Tujuannya agar selama masa diet, tubuh tetap terpenuhi nutrisinya. Contoh makanan tersebut adalah sayuran. Ada banyak jenis sayuran yang bisa ditemui saat ini. Tentu setiap sayuran ini memiliki kelebihan dan kandungan yang berbeda-beda. Bagi ibu menyusui, memperhatikan kandungannya juga sangat penting.

Selain kandungan nutrisinya yang tinggi, serat juga bagus untuk dikonsumsi selama diet yang aman untuk ibu menyusui. Pasalnya kandungan serat bisa membuat rasa kenyang dalam tubuh bisa lebih lama. Selain itu, serat juga bagus untuk pencernaan ibu menyusui.

Sayuran Terbaik Untuk Dikonsumsi Selama Diet yang Aman untuk Ibu Menyusui

Nah, bagi yang bingung apa saja sayuran terbaik untuk ibu menyusui, berikut rekomendasinya:

Bayam

Bayam menjadi salah satu sayuran terbaik yang perlu dikonsumsi oleh ibu menyusui, terutama bagi yang tengah diet. Bayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan bagus untuk mencegah ibu menyusui dari kekurangan darah atau anemia. Bukan hanya itu saja, bayam juga memiliki kandungan asam folat, vitamin K dan juga kalsium.

Berbagai senyawa ini sangat bagus untuk dikonsumsi ibu menyusui. Pasalnya membantu mencerdasarkan otak bayi. Selain itu, kandungan kalsium di dalam bayi juga menambah pertumbuhan tulang sang bayi. Jadi bayi bisa terhindar dari masalah tulang ketika sudah tumbuh besar nanti. Jadi wajar jika bayam menjadi sayuran terbaik untuk diet yang aman untuk ibu menyusui.

Brokoli

Brokoli juga menjadi sayuran terbaik program diet alami yang dilakukan selama masa menyusui. Manfaat brokoli tidak usah ditanya lagi, khususnya manfaatnya untuk ibu menyusui. Sama dengan bayam, brokoli juga mengandung asam folat yang manfaatnya sangat bagus untuk otak bayi.

Selain itu, brokoli juga memiliki zat antibodi yang cukup tinggi dibanding sayuran lain. Wajar jika sayuran ini bisa menghindari ibu dan bayi dari berbagai penyakit. Saat menjalankan program diet yang aman untuk ibu menyusui, disarankan tidak melupakan konsumsi sayuran hijau ini.

Selada

Selada termasuk sayuran yang bagus untuk ibu menyusui, bahkan untuk ibu yang tengah menjalani program diet yang aman untuk ibu menyusui. Selada menjadi sayuran yang kaya akan air serta rendah kalori. Tidak heran jika selada dimasukkan ke sayuran terbaik untuk diet alami dan sehat ibu menyusui.

Air dalam selada bisa memenuhi cairan tubuh ibu menyusui. Selain itu, selada juga rendah kalori sehingga tidak menyulitkan tubuh untuk memprosesnya. Selada juga memiliki kandungan kalsium, zat besi, folat, vitamin, zinc dan masih banyak senyawa alami lainnya. Wajar jika diet alami untuk ibu menyusui tanpa konsumsi selada tidak disarankan sama sekali.

Paprika

Pabrika juga menjadi sayuran yang harus dikonsumsi oleh ibu menyusui. Pasalnya paprika memiliki kandungan air yang sangat melimpah dna bagus untuk ibu menyusui. Menurut penelitian yang sudah dilakukan, paprika juga mengandung senyawa yang rendah kalori serta sumber vitamin C dan A.

Tak hanya itu, diet yang aman untuk ibu menyusui dengan konsumsi paprika juga bagus untuk pencernaan. Pasalnya paprika mengandung senyawa asam folat dan serat yang bagus untuk pencernaan. Jadi jangan sekali-kali meninggalkan paprika untuk diet alami yang Anda lakukan selama masa menyusui.

Tomat

Tomat secara teknis memang dikenal sebagai buah. Namun tomat umumnya digunakan sebagai sayuran sehingga banyak yang menjadikannya sebagai sayuran untuk menambah kesedapan sayur yang dibuat di dapur. Lantas apa manfaat tomat untuk diet alami yang dilakukan oleh ibu menyusui?

Ternyata tomat memiliki kandungan air yang melimpah. Tak hanya itu, tomat juga mengandung vitamin A, C dan juga asam folat sehingga bagus untuk pencernaan ibu menyusui. Belum lagi zat antioksidan di dalam tomat yang bisa menjadi penyaring berbagai racun. Tidak heran jika tomat menjadi sayuran diet yang aman untuk ibu menyusui yang bagus untuk dikonsumsi.

Okra

Mungkin tidak sedikit yang masih merasa asing dengan sayuran yang satu ini karena memang jarang di masak di dapur Indonesia. Namun faktanya, okra mempunyai senyawa yang sangat bagus untuk ibu menyusui. Menurut penelitian yang dilakukan Parenting Health Babies, okra menjadi sumber vitamin A, B, C, E, niasin, folat dan tiamin. Sayur ini juga mengandung kalsium, fosfot, magnesium yang sangat tinggi.

Di dalam okra juga ada lendir yang bernama exopolysacharrides yang bagus untuk meningkatkan produksi ASI. Artinya, selama diet yang aman untuk ibu menyusui, Anda tetap bisa memproduksi jumlah ASI yang disarankan untuk ibu menyusui. Saat diet, pastikan mengonsumsi sayur ini secara rutin demi produksi ASI yang diberikan kepada sang buah hati.

Asparagus

Bagi sebagian orang mungkin masih jarang mengenal nama sayuran ini. Namun sayuran ini menjadi salah satu sayuran terbaik yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui. Asparagus memiliki kandungan Vitamin A, C, E, K, serat serta kromium yang tinggi dan bagus untuk ibu yang tengah dalam masa menyusui.

Kandungan vitamin B12 yang umumnya banyak ditemui di unggas, daging, ikan atau susu juga bisa ditemukan di sayuran ini. jadi benar-benar sayur yang lengkap kandungannya. Kandungan folat yang ada di sayuran ini juga bisa mencegah terjadinya kognitif yang kerap dialami ibu menyusui. Selain itu, asparagus juga memiliki senyawa amino esensial yang bisa menstimulasi produksi ASI. Saat diet alami untuk ibu menyusui, jangan pernah melupakan untuk konsumsi sayur ini.

Ibu menyusui pada dasarnya membutuhkan asupan nutrisi yang lebih dibanding orang lain. Tidak heran diet alami sedikit tidak disarankan oleh ibu menyusui. Namun bagi yang tetap mau melanjutkan diet ini juga masalah tapi dengan syarat nutrisi tetap dijaga dengan baik. Saat melakukan diet yang aman untuk ibu menyusui, Anda jangan sampai lupa olahraga karena bisa mengoptimalkan diet yang sedang dilakukan.

About admin

Check Also

Cream Muka Glowing Terbaik

7 Cream Muka Glowing Terbaik Yang Mampu Bikin Wajah Cantik

Cream Muka Glowing Terbaik Yang Mampu Bikin Wajah Cantik, Sumbersehat.com | Wajah atau muka glowing …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *