4 Daftar Bank Syariah yang Terdaftar di BEI, Ketahui Yuk!

jejakblog – Ceruk pasar unit syariah di Indonesia sangat besar. Saham yang berbasis syariah banyak diminati. Daftar bank syariah yang terdaftar di BEI semakin banyak.

Bank syariah adalah perbankan yang dijalankan berdasar ketentuan hukum Islam. Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatur prinsip Bank Syariah dengan keadilan, kemaslahatan, dan tidak mengandung objek terlarang. Simak penjelasan tentang daftar bank syariah yang terdaftar di BEI berikut!

 Daftar bank syariah yang terdaftar di BEI

Perbedan Bank Syariah dan Bank Umum

Perbedaan antara bank konvensional atau umum dengan yang menjalankan syariah terletak pada sistem keuntungannya. Bank umum menerapkan bunga yang besarnya sama, baik ketika usaha yang dibiayai untung maupun rugi. Daftar bank syariah yang terdaftar di BEI

Sedang bank syariah menerapkan sistem bagi hasil. Besar keuntungan yang diterima tergantung kinerja usaha yang dibiayai. Semakin untung, bagian pendana semakin besar. Daftar bank syariah yang terdaftar di BEI 2020 semakin banyak.

Baca Juga:  Cara Daftar Online BCA Xpresi, Cukup 10 Menit Saja!

Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia atau yang dikenal dengan BEI adalah perusahaan yang melayani jual beli dan pertemuan pihak-pihak terkait efek. Berbeda dengan pasar modal, dalam bursa efek yang diperjual belikan adalah saham.

Peran penting BEI menyediakan semua sarana perdagangan efek dan membuat peraturan tentang kegiatan bursa. Selain itu juga mengupayakan likuiditas instrumen dan mencegah pembentukan harga yang tidak wajar.

Daftar Bank Syariah yang Terdaftar di BEI

Transaksi saham di bank syariah tidak terlepas dari peran BEI. Karena itu, daftar bank syariah yang terdaftar di BEI terus bertambah. Besarnya potensi pasar syariah di Indonesia menarik perhatian pelaku transaksi saham.

Panin Dubai Syariah

Panin Dubai Syariah awalnya bernama Bank Harfa dengan kantor pusat di Surabaya. Kemudian berubah menjadi Panin Dubai Syariah. Bank ini masuk daftar bank umum syariah yang terdaftar di BEI 2020.

Induk utamanya adalah PT Panin Investment. Bank yang lebih dikenal dengan nama Panin Syariah ini melayani transaksi tabungan, pinjaman, dan investasi. Panin Syariah masuk dalam daftar bank syariah yang terdaftar di BEI pertama.

Selain itu Panin Syariah juga melayani produk titipan. Bertransaksi di Bank yang sudah mendapat logo iB (Islamic Banking) ini aman. Titipan dan investasi sampai 2 miliar dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Baca Juga:  Ingin Membuka Tabungan Lebih Cepat dan Aman? Begini Cara Daftar Bank Secara Online

BTPN Syariah (Bank Tabungan Pensiun Nasional Syariah)

Bank Tabungan Pensiun Nasional Syariah (BTPNS) berkantor pusat di Jakarta. Awalnya merupakan perpaduan unit usaha Syariah BTPN dan Bank Sahabat Purba Danarta. Bank ini termasuk daftar Bank Syariah yang Terdaftar di BEI.

BTPS Syariah juga menjadi salah satu lembaga perbankan yang melayani pinjaman kelompok tanpa agunan. Untuk menjadi institusi sendiri, unit syariah menempati urutan ke 12 yang melakukan spin off atau pemisahan.

Bank Syariah Indonesia

BSI atau Bank Syariah Indonesia merupakan merger dari tiga unit usaha syariah Mandiri, BRI, dan BNI. Secara resmi, bank ini berdiri tanggal 1 Februari 2021. Harapan BSI dapat melayani pasar syariah di Indonesia yang besar. Daftar bank syariah yang terdaftar di BEI

Untuk berperan aktif dalam inklusi keuangan masyarakat, BSI melakukan digitalisasi. Salah satunya dengan QRIS atau QR Code Indonesia Standard. Selain transaksi belanja dan transfer, QRIS mempunyai fitur untuk sedekah.

BSI menambah daftar perbankan syariah yang terdaftar di BEI. Gabungan unit syariah 3 bank umum ini mempunyai produk tabungan Easy, pensiun, mabrur, giro dan tabunganku.

Baca Juga:  Ikuti Cara Buat Rekening Ponsel CIMB Niaga Ini! Semuanya Jadi Lebih Mudah

Bank Aladin Syariah

Aladin Syariah dulu bernama Bank Net Syariah yang berpusat di Jakarta. Awalnya merupakan patungan usaha antara Bank Nusa Nasional dengan Myabank, bernama Maybank Nusa International.

Nama Aladin diambil dari kata Ala yang berarti pada dan Din (agama). Visi Bank Aladin adalah “Menjadi Bank Syariah Digital Terdepan Melalui Inovasi Berkelanjutan”. Harga saham Bank ini pada April 2021 melonjak sangat tinggi.

Harga saham di Bursa Efek Indonesia menjadi parameter trader dalam mengukur kondisi pasar. Dengan melihat naik turunnya harga di BEI, trader dapat mengambil keputusan untuk menjual atau membeli saham.

Dengan jumlah mayoritas penduduk beragama Islam, produk syariah sangat diminati. Begitu juga dengan saham pada bank syariah. Daftar lengkap bank syariah yang terdaftar di BEI dapat dilihat di website-nya.

Bank Syariah di Indonesia mempunyai pangsa pasar yang sangat besar. Hal ini menjadi dasar pelaku pasar saham untuk terus memantau daftar bank syariah yang terdaftar di BEI.

About Admin

Check Also

cara menghasilkan uang dengan bitcoin

6 Cara Menghasilkan Uang dengan Bitcoin yang Mudah dan Cepat

jejakblog – Apakah Anda memikirkan cara menghasilkan uang dengan bitcoin? Jika ya, maka Anda benar-benar …

Leave a Reply

Your email address will not be published.