Daftar Bank BUMN Berdasarkan Nilai Aset yang Dimilikinya

jejakblog – Terdapat lima bank pemerintah yang termasuk dalam Daftar Bank BUMN, yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Tabungan (BTN), Bank Mandiri, dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Daftar Bank BUMN kelimanya merupakan milik pemerintah dengan nilai modal inti di atas Rp30 triliun, maka kelima bank tersebut masuk dalam Buku IV. Dengan demikian diharapkan bank BUMN tersebut menjadi kokoh dalam permodalan.

 Daftar Bank BUMN

Daftar Bank BUMN dari Nilai Aset Terbesar Hingga ke Terkecil

Berikut merupakan Daftar Bank BUMN dengan nilai asetnya mulai dari ratusan triliun hingga menembus angka diatas seribu triliun:

1. Nilai Aset

Bank BUMN terbaik berdasarkan asetnya adalah sebagai berikut:

a. Bank Rakyat Indonesia mempunyai aset dengan nilai Rp 1.411 triliunan.
b. Bank Mandiri mempunyai aset dengan nilai Rp 1.548 triliunan.
c. Sementara PT Bank Negara Indonesia dengan nilai asetnya sebesar Rp 862 triliun
d. Bank Tabungan Negara dengan produk unggulannya yaitu KPR memiliki aset sebesar Rp 357 triliun
e. PT Bank Syariah Tbk yang diresmikan pada 1 Februari 2021. BSI merupakan gabungan bank yang terdiri dari tiga bank syariah pemerintah yaitu BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah.
Ketiga bank syariah ini di-mergerkan dengan tujuan untuk mengembangkan ekonomi syariah. Pembentukan Bank Syariah Indonesia ini sendiri juga untuk menjadikan BSI sebagai salah satu dari 10 Bank Syariah terbesar.

2. BEI

Bank BUMN yang terdaftar di BEI adalah sebagai berikut yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Daftar Bank BUMN ini menjadi buruan investor lokal dan asing untuk menanamkan modal pada sahamnya. Hal ini terjadi karena pondasi dari perusahaan yang sangat bagus dan likuid pada pasar modal.

3. Macam Bank

Bank di Indonesia terbagi menjadi 5 macam bank, yaitu:

a. Bank Sentral

Bank Indonesia merupakan satu-satunya bank sentral di Indonesia. Tentu hal ini menjawab pertanyaan apakah Bank Indonesia BUMN atau bukan? Tugas utama Bank Indonesia untuk menjaga stabilitas keuangan di Indonesia adalah sebagai berikut:

    • Bank Indonesia bertugas untuk menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter yang meliputi kebijakan suku bunga dan nilai surat berharga.
    • Mengatur dan menjaga sistem pembayaran
    • Mengatur serta mengawasi sistem perbankan.

b. Bank Persero (BUMN)

Daftar bank BUMN Indonesia terdiri dari Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BSI, Bank BNI dan Bank BRI. Modal pada bank ini sebagian besar dimiliki oleh pemerintah dan sebagain dimiliki oleh masyarakat dalam bentuk kepemilikan saham.

Melihat kelima bank yang masuk dalam Daftar Bank BUMN terbaik, maka tentunya akan berdampak positif terhadap pelayanannya terhadap masyarakat. Dengan memiliki bank BUMN, diharapkan mendukung perekonomian Indonesia.

c. Bank Swasta

Bank Swasta terdiri dari 4 jenis bank yaitu :

Bank Umum Swasta Nasional Devisa

Contoh bank berjenis ini adalah PT Bank Agroniaga, PT Bank AntarDaerah, dan PT Bank Artha Graha Internasional, Tbk.

Bank Umum Swasta Nasional Non Devisa

Bank ini merupakan bank yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh pihak swasta non asing. Bank berjenis ini dapat melakukan transaksi valas. Contoh bank jenis ini adalah PT Anglomas Internasional Bank, PT Bank Andara, dan PT Bank Artos Indonesia.

Bank Campuran

Bank campuran adalah suatu bank yang didirikan oleh satu atau lebih dari bank umum di Indonesia. Bank ini didirikan oleh WNI atau sebuah badan hukum yang dimilikinya. Contoh bank campuran adalah PT Bank Commonwealth, PT Bank Agris dan PT Bank ANZ Indonesia.

Bank Asing

Bank asing adalah bank yang modalnya sebagian besar atau seluruhnya dipunyai pihak asing. Pihak asing dapat berupa pihak swasta asing maupun pemerintah asing. Contohnya adalah Bank Of America, N.A; Bank Of China Limited, dan Citibank N.A.

d. Bank Pembangunan Daerah

BPD adalah jenis bank yang sebagian atau seluruh sahamnya punyai oleh Pemerintah Daerah Provinsi. Contohnya adalah BPD Sulawesi Tenggara, BPD Yogyakarta, dan BPD Kalimantan Timur.

e. Bank Umum Syariah

Bank syariah merupakan bank yang memiliki sistem perbankan yang pelaksanaanya berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah Islam. Contoh bank syariah adalah Bank Mega Syariah Indonesia, Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Bukopin.

Dengan adanya daftar Bank BUMN di atas, Anda dapat memilih untuk menggunakan fasilitas yang diberikan sehingga mendukung transaksi perbankan Anda.

About admin

Check Also

Prediksi Coin yang Akan Naik 2021, Pilih Mana yang Terbaik!

jejakblog – Bitcoin telah menjadi topik diskusi untuk semua orang selama beberapa tahun dan menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *