Begini Cek Bansos UMKM Online Menggunakan E-form BRI 2021

jejakblog – Bantuan sosial UMKM diperuntukkan bagi warga Indonesia yang memiliki usaha mikro kecil menengah. Bansos ini diluncurkan oleh pemerintah sebagai bagian dari program banpres 2020 kepada masyarakat Indonesia dengan ekonomi menengah kebawah yang terdampak pandemic Covid 19.

Anda sudah melakukan pendaftaran bantuan sosial UMKM? Segera cek apakah nama pendaftar sudah terdata dan berhasil menerima bansos. Bagaimana cara melihatnya? Gunakan cara cek bansos UMKM menggunakan e-form BRI untuk memudahkan aktivitas Anda. Simak beberapa pemaparan lengkap dibawah ini.

cara cek bansos UMKM

Berapa Dana Bansos UMKM Yang Cair Pada 2021?

Sebelum melakukan cek bansos UMKM online menggunakan e-form BRI, ada baiknya Anda mengetahui banyak kisaran dana bansos yang diluncurkan pemerintah kepada pelaku UKM pada kurun 2021. Mengingat jadwal terdektat, dana bantuan sosial ini akan cair tepatya pada bulan Februari 2021.

Kisaran jumlah dana bantuan yang akan Anda terima adalah sebesar Rp2,4 juta rupiah. Jumlah tersebut tentunya sama seperti tahun sebelumnya. Bansos UMKM atau biasa dikenal dengan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) ini diberikan kepada pelaku usaha kecil dengan batas waktu pencairan pada 18 Februari 2021.

Bagaimana Cara Cek Bansos UMKM Online?

Bagi Anda yang telah mendaftar sebagai calon penerima bantuan sosial UMKM, Anda bisa melakukan cek bansos UMKM secara online dari e-form BRI. Lantas, bagaimana cara pengecekannya? Anda bisa menyimak pemaparan mengenai langkah-langkah mudah berikut ini.

Baca Juga:  4 Cara Mendapatkan Beasiswa Jurusan S2 di Chulalongkorn University Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

Mengunjungi Website E-form BRI

Bank BRI bekerjasama dengan pemerintah untuk terus melakukan pembaruan dan inovasi demi menyukseskan program-program pemerintah, khususnya dalam proses pemulihan ekonomi skala nasional. Bank BRI membuat sebuah website resmi yang bisa diakses oleh masyarakat Indonesia, yaitu eform.bri.co.id/bpum.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk cek bansos UMKM yaitu mengunjungi website eform.bri.co.id/bpum. Layanan akses dari web tersebut dapat memudahkan Anda untuk mengetahui dan memastikan, apakah Anda termasuk dari bagian calon penerima yang berhasil mendapat bantuan sosial BPUM dari pemerintah atau tidak.

Menginput Identitas dan Data Diri

Setelah Anda masuk pada halaman e-form BRI, Anda bisa menginput nomor KTP yang sebelumnya sudah didaftarkan pada formulir pendaftaran calon penerima. Pastikan data yang Anda masukkan benar dan tidak typo. Setelah Anda memasukkan nomor KTP, selanjutnya isi kolom verifikasi sesuai kode yang tertera.

Setelah mengisi dua kolom untuk nomor KTP dan juga kode verifikasi, Anda bisa menekan menu Inquiry dan kemudian Anda akan dapat melihat serta mengetahui apakah data Anda berhasil di approve sebagai penerima bantuan sosial UMKM atau tidak. Proses yang sangat mudah, bukan?

Bagaimana Proses Pencairan Dana Bansos?

Pencairan dana bantuan sosial UMKM hanya berlaku ketika Anda sudah melakukan cek bansos UMKM dan memastikan nama penerima melalui e-form BRI. Program bansos Rp2,4 juta diberikan kepada pelaku usaha mikro secara langsung dengan mendatangi kantor BRI di wilayah masing-masing. Namun, apabila Anda belum memiliki rekening, pihak bank akan membantu Anda membuatkannya.

Baca Juga:  Berikut Cara Daftar Bansos Bogor, Lihat Sekarang! 

Tahap pencairan bansos Rp2,4 juta juga dapat dilakukan ketika Anda sudah menerima SMS bahwa Anda dinyatakan sebagai penerima bantuan. Anda bisa mengonfirmasi kepada pihak bank terdekat untuk memastikan jadwal pencairan. Bantuan ini bukan sebagai pinjaman, namun murni bantuan dari pemerintah. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun dan tanpa ada potongan sepeser pun.

Apa Saja Dokumen Yang Harus Dibawa Untuk Pencairan Dana Bansos?

Anda sudah memastikan bahwa Anda telah terdaftar sebagai penerima bansos? Jika sudah, kini Anda bisa menyiapkan beberapa dokumen yang nantinya harus dibawa ke kantor bank BRI terdekat dan melangsungkan proses pencairan dana. Apa saja berkas-berkas yang dimaksud? Simak beberapa uraian berikut ini.

Buku Tabungan

Dokumen pelengkap untuk melakukan proses pencairan dana bantuan sosial yang pertama adalah Anda harus membawa buku tabungan. Bagaimana jika belum atau tidak memilikinya? Anda bisa membuka buku tabungan/ rekening terlebih dahulu ke teller bank BRI. Bagaimana cara membuat buku rekening tersebut?

Untuk membuka buku rekening, Anda harus mendatangi kantor bank di masing-masing wilayah dengan membawa identitas diri berupa KTP. Selain KTP, Anda juga perlu menyampaikan nomor telepon atau hp yang aktif. Selanjutnya Anda harus menyerahkan uang untuk membuka rekening sesuai peraturan yang telah ditentukan.

Kartu ATM

Setelah Anda membuka tabungan, secara otomatis Anda sudah memiliki nomor rekening dan juga kartu ATM yang akan dibuatkan oleh pihak bank terkait. Kartu ATM ini berfungsi untuk memudahkan transaksi Anda, baik untuk tarik tunai, setor tunai, serta proses transfer uang secara elektronik secara aman dan praktis.

Baca Juga:  Begini Cara Cek Bansos UMKM Dengan Mudah 2021

Adanya kartu ATM juga dapat memudahkan proses transaksi Anda di mana pun dan kapan pun. Termasuk dalam proses pencairan dana bantuan sosial dari pemerintah. Tentu saja kartu ATM memiliki peranan penting. Setelah proses transaksi terkait bansos, Anda juga bisa memanfaatkan kartu ATM untuk hal selainnya.

Identitas Diri (KTP)

Setelah cek bansos UMKM selesai dilakukan dan Anda akan melakukan proses pencairan, Anda wajib untuk membawa KTP sebagai identitas resmi yang bisa digunakan sebagai tanda bukti ketika mendatangi bank. Pihak bank akan melakukan verifikasi dan kevalidan antara data yang Anda masukkan pada website sama dengan data diri yang Anda bawa ketika itu.

Proses tersebut dilakukan guna memastikan agar tidak terjadi kecurangan oleh pihak-pihak nakal. Selain itu, identifikasi melalui KTP juga terbilang sangat valid dan sinkron dan meminimalisir permasalahan yang nantinya tidak diinginkan. Pendataan menggunakan KTP juga dibutuhkan untuk proses laporan dari pihak bank kepada instansi pemerintahan yang bertugas dalam penyaluran bansos.

Itulah informasi mengenai cara melakukan cek bansos UMKM. Anda harus mengikuti beberapa langkah yang sudah ditetapkan serta memenuhi syarat-syarat paten yang berlaku. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda calon pendaftar bansos usaha yang hendak melakukan pendaftaran.

 

About Admin

Check Also

4 Cara Mendapatkan Beasiswa Kaist S2 Ampuh! Wujudkan Impian Sekolah Tinggi

jejakblog – Beasiswa Kaist S2 adalah incaran para mahasiswa, bahkan sejak masih di tingkat Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *