Ciri, Penyebab, dan Cara Memperbaiki Cartridge Canon IP2770 Tidak Terdeteksi

jejakblog – Tentu merupakan hal yang sangat menyebalkan ketika Cartridge Canon IP2770 tidak terdeteksi. Pada dasarnya, printer termasuk salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mencetak tulisan atau gambar di atas kertas. Maka, tentu sangat tidak menyenangkan bila terjadi masalah pada printer, terlebih lagi jika Anda sedang ingin mencetak dokumen penting.

Hakikatnya, pada kondisi tersebut, Anda pasti akan bertanya-tanya mengenai penyebab Cartridge Canon IP2770 tidak dapat dikenali. Sebenarnya Anda bisa mencoba untuk memperbaiki masalah tersebut sendiri. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membawanya ke tukang servis sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu informasi mengenai hal tersebut.

Cartridge Canon IP2770 tidak terdeteksi

Ciri-ciri

Umumnya terdapat pemberitahuan pada layar komputer ketika Cartridge Canon IP2770 tidak terdeteksi. Pemberitahuan tersebut biasanya berupa peringatan berupa tanda seru tepat di atas cartridge. Ciri-ciri tersebut hampir mirip ketika tinta habis dan Anda diminta untuk segera mengisinya kembali.

Pada dasarnya, cartridge merupakan salah satu komponen pada printer yang berfungsi untuk mengalirkan tetesan tinta. Kemudian tinta itulah nantinya yang akan membentuk suatu objek sesuai dengan file pada komputer. Nah, apabila cartridge printer yang Anda miliki tidak terbaca, maka otomatis cartridge pada printer tidak bisa melakukan fungsi itu lagi.

Penyebab

Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada printer Canon IP2770 adalah error 5200. Adapun penyebab terjadinya hal tersebut karena tindakan suntik menyuntik tinta yang salah sehingga printer menjadi error. Dalam hal ini, bisa jadi tinta yang dimasukkan terlalu banyak atau tinta dalam keadaan menggumpal.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy M12 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Selain itu, error 5200 juga diakibatkan oleh perbedaan inisialisasi cartridge yang terpasang sebelum dilepas dan setelah dipasang kembali. Pada akhirnya, hal tersebut menyebabkan Cartridge Canon IP2770 tidak terdeteksi.

Maka, meskipun saat dihidupkan printer dalam keadaan normal, tapi nantinya tidak dapat digunakan untuk mencetak. Artinya, printer yang awalnya terlihat baik-baik saja tiba-tiba akan berubah menjadi berkedip bergantian dengan lampu resume yang berwarna orange.

Penyebab lainnya adalah karena chip head cartridge dalam keadaan kotor. Hal itu biasanya disebabkan karena Anda tidak sengaja memegang bagian tersebut pada saat pengisian tinta. Kemudian, umur cartridge juga bisa menjadi pemicu munculnya masalah. Artinya, cartridge memang sudah harus diganti apabila waktu penggunaannya sudah terbilang lama.

Pemicu Cartridge Canon IP2770 tidak terdeteksi bukan hanya itu saja. Penggunaan cartridge untuk mencetak dokumen dalam jumlah sangat banyak biasanya turut mempengaruhi timbulnya masalah. Kondisi tersebut biasanya menyebabkan salah satu cartridge warna atau hitam tidak terdeteksi, menjadi error, atau bahkan rusak total.

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terbaca

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki Cartridge Canon IP2770 tidak terdeteksi diantaranya, yaitu:

 Mereset Manual

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini adalah mereset secara manual printer yang Anda miliki. Adapun cara reset printer Canon IP2770 adalah tekan tombol resume pada printer dan tahan sekitar 5 hingga 10 detik. Selain itu, Anda juga bisa membiarkan printer dalam keadaan mati terlebih dahulu. Kemudian tekan dan  tahan tombol Resume sekitar 2 detik.

Bersamaan dengan hal itu, tekan tombol Power. Kemudian, lepas tombol Resume dan tetap tekan tombol Power. Berikutnya, tekan kembali tombol Resume sekitar 5 kali kemudian lepas tombol Resume dan Power secara bersamaan. Pada saat itu, mohon bersabar untuk menunggu selama beberapa detik hingga lampu power menyala normal dan tidak berkedip lagi.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy M30 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Berikutnya, matikan kembali printer dan setelah benar-benar mati tekan tombol Power dan lampu hijau. Umumnya, cartridge akan normal kembali saat printer dinyalakan ulang apabila memang tidak ada kerusakan yang fatal. Akan tetapi, Anda bisa mencoba cara selanjutnya jika cartridge masih saja tidak terdeteksi menggunakan cara yang pertama ini.

 Perbaiki Posisi Cartridge

Adanya perubahan posisi dapat menyebabkan Cartridge Canon IP2770 tidak terdeteksi. Perubahan posisi cartridge tersebut biasanya terjadi saat printer digunakan pada skala yang banyak atau digunakan terus menerus. Oleh karena itu, untuk mengatasi tidak terdeteksinya cartridge, maka Anda bisa mencoba memperbaiki posisi cartridge seperti semula lagi.

Adapun langkah yang harus Anda lakukan apabila menggunakan cara ini adalah dimulai dari melepas cartridge dari tempatnya terlebih dahulu. Setelah itu, pasang kembali dan saat pemasangan tersebut pastikan bahwa cartridge berada dalam posisi yang benar, tepat, dan pas. Kemudian, sebaiknya matikan printer dan beberapa saat cobalah hidupkan kembali.

Sejumlah orang ada yang berhasil melakukan cara ini, tapi ada pula yang masih gagal. Hal yang perlu diingat adalah cobalah untuk melakukan setiap langkah dari cara ini dengan hati-hati.

Mengecek Chip Head Cartridge

Pada dasarnya, chip head merupakan bagian dari head yang biasanya terletak di bawah cartridge. Chip head termasuk salah satu komponen yang sangat penting keberadaannya. Oleh karena itu, komponen tersebut harus benar-benar dijaga kebersihannya.

Ketika cartridge printer tidak terdeteksi, maka hal tersebut bisa saja disebabkan karena chip cartridge dalam keadaan kotor. Bisa juga karena chip terkena tinta pada saat melakukan isi ulang tinta. Oleh karena itu, pada saat pengisian tinta sebisa mungkin Anda melakukannya dengan hati-hati. Nah, jika chip head sudah dalam keadaan kotor, maka Anda bisa membersihkannya menggunakan tisu kering.

Baca Juga:  Begini Cara Backup Windows 7 Dengan Mudah!

Mengubah Printer dalam Keadaan Service Mode

Jika setelah melakukan cara sebelumnya masih saja Cartridge Canon IP2770 tidak terdeteksi. Maka, Anda bisa mencoba mempraktikkan cara yang satu ini. Sebenarnya cara ini mirip dengan cara yang pertama. Namun, pada cara kali ini ada sejumlah langkah lain yang perlu dilakukan dan diperhatikan. Dalam hal ini, sebelum melakukan perbaikan, maka Anda perlu mengubah keadaan printer ke Service Mode.

Kemudian, matikan printer tanpa melepas kabel power lalu tekan dan tahan tombol Power hingga lampu hijau menyala. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Resume lalu lepas tombol Resume dengan tetap menekan tombol Power. Setelah itu, tekan kembali tombol Resume sebanyak 5 kali lalu lepas secara bersamaan dengan tombol Power.

Pada saat itu, komputer akan mencari device baru dengan muncul tulisan Installing Device Driver Software. Abaikan saja tulisan tersebut lalu matikan printer kemudian hidupkan kembali. Umumnya, setelah itu printer sudah dapat terdeteksi kembali dan siap untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Bagaimana Bila Masih Tidak Terdeteksi

Jika Anda telah mencoba semua cara-cara yang telah dikemukakan sebelumnya, tapi masih saja Cartridge Canon IP2770 tidak terdeteksi. Maka, kemungkinan besar cartridge printer Anda mengalami kerusakan total. Oleh karena itu, tidak ada cara lain yang bisa ditempuh kecuali mengganti dan membeli yang baru. Anda bisa mendapatkan cartridge baru dengan mudah di toko-toko kelengkapan komputer, service center printer, atau di toko-toko online terpercaya.

Demikianlah informasi seputar Cartridge Canon IP2770 tidak terdeteksi. Semoga informasi dan panduan yang terdapat pada artikel ini bisa membantu Anda.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *