Cara Verifikasi Google Search Console di WordPress, Simak Ya!

Cara verifikasi Google Search Console di WordPress perlu Anda pahami dengan benar bila ingin optimasi SEO WordPress. Bagaimana cara melakukannya? Simak Pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Google Search Console?

Google Search Console meruakan sebuah tool yang harus digunakan oleh para pemilik website termasuk WordPress.

Adapun salah satu alasan mengapa Anda harus menggunakannya yaitu karena Anda akan mendapatkan analisis tentang performa dari website yang Anda miliki di mesin pencarian.

Hasil analisi yang ada tersebut bisa Anda pakai untuk melakukan optimasi website agar bisa bekerja lebih optimal lagi. Cara verifikasi Google Search Console di WordPress

Namun, sebelum Anda menggunakan dan mendapatkan manfaatnya maka Anda harus melakukan verifikasi terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana cara verifikasi Google Search Console di WordPress tersebut? Tak perlu bingung, semua jawabannya akan dibahas dibawah ini.

Cara Verifikasi Google Search Console Secara Manual

Cara verifikasi Google Search Console di WordPress

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan diantaranya sebagai berikut:

  1. Menambahkan WordPress di Google Search Console

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebagai salah satu cara verifikasi Google Search Console di WordPress yaitu dengan menambahkan website.

Anda perlu menambahkan website dengan akses Google Search Console. Kemudian, lakukan login dengan menggunakan akun Google yang Anda miliki.

Selanjutnya masukkan alamat URL dari website yang Anda miliki di kolom URL prefix. Selanjutnya klik Continue.

  1. Memilih Metode Verifikasi

Berikutnya untuk tahap verifikasi Google Search Console nantinya Anda akan diminta memilih metode verifikasi yang ada di dalam Google Search Console. Cara verifikasi Google Search Console di WordPress

Gulir kebawah untuk memilih metode verifikasi dengan pilih menu Other Verification Methods.

Ada sebanyak 5 cara yang bisa Anda gunakan untuk verifikasi Google Search Console. Cara tersebut antara lain dengan mengupload file html ke root folder, meta tag di situs.

Selain itu, verifikasi dengan menggunakan Google Analytics, Google Tag Manager, dan DNS. Akan tetapi cara yang bisa dibilang mudah yaitu dengan menambahkan meta tag dan konfigurasi DNS.

Kalau Anda sebelumnya melakukan pendaftaran Google Search Console dengan menggunakan akun Gmail yang sudah terhubung dengan akun Google Analytics, maka yang perlu Anda pilih adalah verifikasi dengan Google Analytics.

  1. Memasang Kode Verifikasi di WordPress

Ada beberapa cara memasang kode verifikasi seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Adapun pembahasan tentang metode pemasangannya berikut ini.

  • Memakai HTML File

Anda dapat memverifikasi Google Search Console dengan memasukkan file HTML ke dalam folder website Anda.

Untuk mengunggah folder website maka Anda dapat memakai FTP seperti File Manager ataupun FileZilla. Cara verifikasi Google Search Console di WordPress

Kalau Anda memilih metode File Manager maka klik HTML File dilanjutkan dengan klik file yang ada di Download the File.

Selanjutnya, lakukan login ke cPanel memakai akun hosting. Kemudian, cari menu File Manager.

Pilih folder website milik Anda. Kalau website ada di domain utama maka pilih folder Public_html, kemudian klik Upload dan masukkan file HTM yang barusan didownload.

Setelah Anda berhasil upload, kembali ke halaman Google Search Console dan klik Verify. Tunggulah sampai ada notifikasi bahwa Anda telah berhasil melakukannya.

  • Memakai HTML Tag

Pada halaman Verify Ownership yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengklik HTML tag.

Selanjutnya salin meta tag yang ada untuk kemudian ditempelkan ke dalam tag <head> website milik Anda. Cara verifikasi Google Search Console di WordPress

Anda dapat menambah meta tag yang sebelumnya disalin ke header website memakai pugin Insert Headers and Footers.

Lakukan login ke dashboard WordPress miliki Anda. Kemudian pilih menu Plugin dilanjutkan dengan klik Add New.

Selanjutnya cari plugin Insert Headers and Footer, kemudian klik Install Now dilanjutkan dengan pilih Active. Cara verifikasi Google Search Console di WordPress

Setelah berhasil diaktifkan, klik Settings kemudian pilih Insert Header and Footers. Selanjutnya tempelkan meta tag ke tag header. Simpan perubahan.

  • Memakai Google Analytics

Cara pilih metode verifikasi sebagai salah satu cara verifikasi Google Search Console yaitu dengan memakai Google Anaytics.

Caranya cukup mudah, buka akun Google Anaytics yang Anda miliki. selanjutnya klik menu Pengaturan, kemudian pilih menu Property Settings.

Proses dilanjutkan dengan memilih Tracking Info dan berikutnya Tracking Code. Setelah itu, salin dan temple pada tag <head> website milik Anda.

Anda dapat memakai plugin Insert Headers and Footers untuk tambahkan tag <head>. Setelah itu, Anda bisa kembali ke halaman Google Search Console untuk klik Verify.

  • Memakai Google Tag Manager

Pilihan verifikasi berikutnya yaitu dengan memakai Google Tag Manager. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mendaftar akun terlebih dahulu.

Ada beberapa informasi yang perlu Anda isi saat mendaftar akun di Google Tag Manager diantaranya seperti nama akun, negara, dan URL website milik Anda.

Pilihlah platform web, kemudian klik tombol Install Google Tag Manager. Anda akan memverifikasi kode yang diperlu ditambahkan dibagian <head> dan <body> pada website milik Anda.

Kalau sudah selanjutnya salin dan tempelkan di bagia <head> dan <body> website. Silakan Anda kembali ke halaman Google Search Console dan klik tombol Verify.

  • Memakai Domain Name Provider

Pilihan metode verifikasi yang terakhir sebagai cara verifikasi Google Search Console di WordPress adalah dengan memakai Domain Name Provider.

Pertama, masuk ke dalam bagian bagian TXT. Kedua, isi nama domain padakolom hostname. Ketiga, isi kolom dengan TXT record yang didapat dari tahap kedua.

Untuk tahu pengaturan yang telah Anda lakukan apakah sudah benar atau belum, Anda perlu memastikan TXT domain milik Anda ke arah TXT record  yang terdapat pada informasi Google pada langkah kedua.

Selanjutnya dalam cara verifikasi Google Search Console di WordPress berikutnya yaitu dengan memasukkan domain yang Anda miliki. kemudian pilih kategori TXT.

Pastikan sudah mengaraha dengan tujujuan TXT record yang sebelumnya sudah diinformasikan Google di langkah kedua.

Tunggulah propagasi DND selama waktu maksimal 1 x 24 jam sapai domain berhasil mengarah.

  1. Melakukan Verifikasi di Google Search Console

Setelah Anda berhasil memasang kode verifikasi pada WordPress, Anda perlu ke halaman Google Search Console kemudian klik Verify Site.

Cara Verifikasi Google Search Console di WordPress dengan Plugin

Bagi Anda pengguna Yoast SEO, Anda bisa melakukan verifikasi Cara Verifikasi Google Search Console dengan cara:

  1. Pilihlah metode HTML tag di halaman Cara Verifikasi Google Search Console. Copy kode verifikasinya.
  2. Masuk ke dashboard adimin WP dan akses menu SEO dilanjut dengan memilih General.
  3. Klik Tab Webmaster Tools.
  4. Masukkan kode verifikasi ke dalam kolom Google Verificacation Code.
  5. Klik Save Change
  6. Kembali lagi ke halaman Cara Verifikasi Google Search Console, dan kemudian klik Verify.

Itulah cara verifikasi Google Search Console di WordPress. Mudah, bukan? Lakukan verifikasi yang Anda anggap mudah baik secara manual atau dengan plugin seperti diatas.

About admin

Check Also

Google Adsense Youtube Daftar Langsung Disetujui Cepat, Simak!

Bagi seorang Youtuber harus mengetahui cara Google Adsense Youtube daftar, terutama pemula. Pengetahuan tersebut sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *