Inilah 3 Cara Unlock iPhone, Sudah Tahu?

jejakblog – Cara unlock iPhone menjadi salah satu hal penting yang sangat wajib dipahami oleh semua pengguna iPhone. Hal tersebut karena ketika Anda baru pertama kali menggunakan iPhone, maka kemungkinan besarnya perangkat iPhone Anda masih dalam keadaan terkunci.

Mengenai hal tersebut pun sepertinya Anda tidak perlu heran lagi. Sebab, sudah menjadi rahasia umum bahwa perangkat iPhone memang memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, agar Anda bisa menggunakannya, maka solusi satu-satunya adalah Anda harus tahu cara membuka iPhone yang terkunci.

Cara unlock iPhone

Cara Unlock iPhone Melalui Layanan Berbayar

Menggunakan layanan berbayar menjadi solusi bagi Anda yang sudah mengetahui cara unlock iPhone, tapi masih merasa kesulitan untuk membuka kuncinya. Saat ini pun sudah hadir berbagai layanan online yang menerima jasa unlock iPhone, simak penjelasan berikut untuk mengetahui langkah-langkahnya:

Memilih Layanan Unlock iPhone

Sebelum memilih perusahaan tertentu untuk membuka kunci iPhone Anda, maka sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut. Ketahuilah performa dari suatu perusahaan melalui ulasan pengguna atau Anda juga bisa bertanya langsung di forum pengguna ponsel.

Menemukan Kode IMEI

Setelah meyakini bahwa perusahaan yang dipilih keamanannya bisa terjamin, maka proses selanjutnya adalah perusahaan akan meminta kode IMEI.  Setiap iPhone memiliki kode IMEI masing-masing. Untuk menemukannya, Anda bisa memasukkan *#06# pada aplikasi telepon Anda. Saat itu, kode IMEI akan otomatis tampil di layar iPhone.

Namun, perlu diingat, bagi Anda pengguna iPhone 2G atau 5, maka kode IMEI sudah terletak di bagian belakang bawah iPhone. Sementara untuk pengguna iPhone 3G, 3GS, 4, dan 4S, maka kode IMEI terletak di wadah SIM Card. Kode IMEI juga bisa dilihat melalui iTunes. Caranya adalah klik iPhone yang sedang terhubung pada iTunes dan kode IMEI terletak pada jendela summary di bawah kapasitas penyimpanan.

Baca Juga:  Super Mudah! Begini Cara Backup Data iPhone di iCloud dan iTunes

Pembayaran

Cara unlock iPhone berikutnya adalah melakukan pembayaran pada jasa unlock iPhone yang telah Anda pilih. Perlu dipahami bahwa untuk bisa memperoleh kode unlock, maka umumnya Anda harus menunggu beberapa jam hingga beberapa hari.

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa informasi kode yang diberikan sudah benar. Hal itu agar kode yang Anda peroleh nantinya juga tepat untuk iPhone Anda. Setelah memperolehnya, maka Anda bisa langsung membuka kunci iPhone Anda.

Cara Unlock Melalui Operator Seluler

Apabila Anda khawatir dengan keamanan dari suatu layanan yang menerima jasa unlock iPhone, maka menghubungi operator adalah solusi yang tepat. Dalam hal ini, untuk membuka kunci iPhone, maka Anda harus mempelajari dan memahami aturan operator Anda.

Hakikatnya, setiap operator memiliki aturan unlock-nya masing-masing. Hal yang perlu diperhatikan adalah jika Anda ingin berpindah operator, maka pastikan bahwa iPhone Anda kompatibel dengan operator tersebut. Misalnya saja jika Anda ingin menggunakan iPhone pada operator Indosat, maka syaratnya adalah iPhone Anda harus GSM.

Cara Unlock iPhone Melalui iCloud

Untuk mencegah terjadinya pencurian iPhone, maka fitur Activation Lock dihadirkan oleh iCloud pada Apple di iOS 7. Jika Anda mengaktifkan menu Find My iPhone, maka fitur Activation Lock akan otomatis dihidupkan. Maka, Anda harus memasukkan nama dan password untuk menghapus iPhone, mengaktifkan pada akun yang berbeda, atau menonaktifkan  Find My iPhone.

Begitupun jika Anda ingin membuka kunci iPhone, maka satu-satunya cara adalah dengan memasukkan nama pengguna dan nomor ID. Perlu dipahami bahwa nama pengguna dan ID tersebut harus sesuai dengan yang Anda masukkan pada saat pertama kali mengaktifkan iPhone. Oleh karena itu, orang lain tidak akan dengan mudahnya bahkan tidak bisa membuka iPhone Anda secara sembarangan.

Baca Juga:  5 Penyebab Aplikasi Terhenti dan Cara Ampuh untuk Mengatasinya

Hal tersebut tentu membuktikan kembali bahwa tingkat keamanan iPhone memang sangat tinggi. Jika sekiranya iPhone Anda dicuri, maka pencurinya pun pasti tidak akan bisa melakukan apapun bahkan sekadar membukanya saja tidak bisa. Masalah yang mungkin saja muncul dari adanya fitur ini adalah apabila Anda tidak mengingat password yang telah Anda masukkan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih password yang memang mudah untuk Anda ingat. Namun, sekiranya Anda benar-benar sangat lupa, maka tidak perlu terlalu khawatir. Cara membuka kunci iPhone jika lupa password adalah dengan cara melakukan pengaturan ulang. Akan tetapi, hal tersebut juga akan kembali menjadi hal rumit jika iPhone yang Anda miliki merupakan bekas.

Artinya, nama pengguna dan kata sandi bukan merupakan milik Anda. Jika hal tersebut yang terjadi, maka ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan. Pertama, jika orang pertama yang memiliki iPhone tersebut merupakan orang yang Anda kenal dan jarak Anda dengannya pun dekat. Maka, Anda bisa langsung memintanya saja untuk memasukkan ID tersebut ke iPhone.

Setelah itu, minta ia untuk keluar dari iCloud. Perlu diperhatikan bahwa untuk logout dari iCloud caranya bisa berbeda-beda. Khusus iOS 10.2, caranya adalah buka menu Pengaturan lalu pilih iCloud lalu pilih Keluar kemudian pilih Hapus dari iPhone Saya. Adapun pada iOS 10.3 dan di atasnya, maka caranya adalah buka menu Pengaturan lalu pilih nama Anda lalu pilih keluar. Terakhir, pilih opsi Turn Off.

Kemudian, ketika selesai, maka Anda harus memintanya untuk keluar dari iCloud agar fitur Activation Lock tidak aktif kembali. Namun, apabila secara fisik jarak Anda terlalu jauh, maka cobalah hubungi pemilik asli iPhone tersebut. Kemudian, mintalah ia untuk masuk ke situs iCloud.com dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang digunakan untuk mengaktifkan iPhone.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A10 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Berikutnya, mintalah untuk memilih menu Temukan iPhone Saya lalu pilih menu Semua Perangkat kemudian pilih Hapus iPhone. Terakhir, pilih opsi Hapus dari Akun. Setelah pemilik asli selesai melakukan semua proses tersebut, maka Anda bisa memulai ulang iPhone Anda. Pada saat iPhone Anda aktif, maka Anda pasti tidak akan melihat lagi layar kunci aktivasi.

Hal yang akan menjadi masalah besar adalah ketika Anda tidak mengetahui pemilik asli dari iPhone. Sebab, fitur Activation Lock pada iCloud benar-benar alat yang sangat ampuh dan Anda tidak akan mungkin bisa mengelabuhinya dengan mudah. Oleh karena itu, Anda sudah berada di jalan buntu jika tidak mengetahui pemilik asli dari iPhone yang Anda miliki sekarang.

Maka, hal yang sangat penting diingat jika Anda membeli iPhone bekas adalah pastikan bahwa perangkat tersebut tidak terkunci di iCloud. Satu-satunya cara membuka kunci aktivasi iPhone adalah menghubungi pihak Apple. Jika Anda bisa memberikan bukti pembelian yang valid, maka mungkin saja Apple bersedia membantu Anda.

Dalam hal ini, maka saat melakukan transaksi pembelian iPhone, Anda jangan sampai meremehkan data-data seperti bukti pembelian. Sebab, hal tersebut benar-benar sangat berguna jika Anda berada pada masalah seperti saat ingin melakukan cara unlock iPhone.

Pada intinya, menghubungi pihak Apple merupakan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan. Cobalah untuk mendapat dukungan teknik untuk mengetahui apakah pihak Apple bersedia membantu Anda.

Demikian cara unlock iPhone. Semoga bisa dipahami, ya.

About Admin

Check Also

Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *