5 Cara Riset Keyword dengan Copy Paste dari Website

jejakblog – Cara riset keyword dengan copy paste ternyata sangat mudah untuk dipraktekan. Selama ini, tidak jarang orang melakukan riset keyword dengan memanfaatkan website orang lain sebagai referensi. Kemudian melihat konten apa saja yang dibuat pada website yang lain dan membuat konten terbaru dengan versi yang lebih baik. Sebenarnya, dalam melakukan riset dapat menggunakan tools seperti Ahrefs.

Tetapi, riset keyword gratis yang banyak dilakukan tetap saja dengan melakukan copy paste pada keyword dari website lain. Hal ini dilakukan karena relatif lebih mudah dilakukan dan tidak memakan waktu yang lama. Berikut ini akan membahas mengenai cara riset keyword dengan copy paste sitemap dari website lain dengan mudah.

Cara riset keyword dengan copy paste

Tentang Keyword

Sebelum mengetahui cara riset keyword dengan copy paste, sebelumnya Anda ketahui terlebih dahulu mengenai keyword. Keyword (kata kunci) merupakan istilah yang untuk kata-kata yang digunakan orang ketika melakukan pencarian di Google. Tujuan melakukan riset keyword adalah untuk mengetahui topik apa saja yang banyak dicari di mesin pencari.

Baca Juga:  Mendeteksi HP Sedang Disadap Dan Cara Menghentikannya!

Dengan cara memilih keyword, Anda dapat mengetahui keyword potensial yang mendatangkan pengunjung ke blog Anda. Selain itu, dapat juga untuk menyusun prioritas, keyword mana yang dijadikan keyword utama dan keyword turunan. Sehingga website Anda dapat menduduki halaman pertama di Google.

Banyak keyword tool yang bisa Anda coba secara gratis sebelum membuat konten. Diantaranya seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefs, Keyword Everywhere, dan masih banyak lagi. Tetapi, pada artikel ini akan membahas mengenai cara riset keyword dengan copy paste pada sitemap website lain.

Cara Riset Keyword dengan Copy Paste

Cara riset keyword dengan copy paste dengan sitemap website lain sangat mudah, langkah-langkahnya sebagai berikut :

Lakukan search atau googling dengan keyword populer

Langkah pertama untuk cara riset keyword dengan copy paste adalah dengan search terlebih dahulu. Yang harus Anda search adalah berupa keyword populer di niche yang ingin Anda buat websitenya. Contohnya, jika Anda memilih keyword edukasi maka Anda gunakan keyword populer “Wisata Kuliner di Jakarta”.

Baca Juga:  5 Cara Backup Contact Android Online dan Offline

Catat blog yang muncul di hasil pencarian

Setelah mengetahui cara memilih keyword populer yang diinginkan, selanjutnya mencatat nama blog yang muncul di halaman teratas sebagai berikut :

  • Search dengan keyword populer yang sudah Anda pilih.
  • Kemudian, buka setelan atau setting pencarian, lalu Anda pilih hasil penelusuran ke 50 atau 100. Lalu setting hasil search tersebut.
  • Buka SERP CSV pada website dengan menggunakan tools yang tersedia untuk mengambil hasil search ke dalam file CSV.
  • Dari hasil file CSV Anda hapus nama-nama website besar seperti detik, kompas, tribun dan sisakan nama blog saja.

Periksa sitemap dari setiap blog

Cara riset keyword dengan copy paste selanjutnya adalah dengan memeriksa sitemap dari masing-masing blog yang Anda kumpulkan. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Periksa dengan alamat sitemap dari hasil generate plugin yang biasanya digunakan blogger Indonesia. Contohnya seperti domain.com/sitemap.xml atau domain.com/sitemap_index.xml.
  • Buka sitemap post dan copy paste list URL artikelnya ke dalam notepad atau notepad++.
  • Hapus nama domain, garis miring, dan tanda strip pada URL tersebut supaya hasilnya lebih menyerupai keyword.
  • Lakukan langkah tersebut berulang kali pada blog lainnya dan kumpulan semua hasilnya dalam satu file.
  • Hapus duplikat keyword yang tersedia supaya tidak double keyword.
Baca Juga:  4 Cara Memindahkan Video ke iPhone Tanpa iTunes, Sudah Tahu?

Ada hal yang harus Anda perhatikan yaitu tidak semua blog menggunakan exact keyword pada URL artikelnya. Terdapat juga yang menambahkan beberapa kata lainnya.

Kelompokkan keyword sesuai dengan topik

Langkah berikutnya dalam cara riset keyword dengan copy paste adalah dengan mengelompokkan keyword yang Anda kumpulkan dalam topik-topik yang sama. Contohnya untuk niche wisata, akan terkumpul dalam topik sesuai tips wisata, harga wisata, fasilitas wisata, dan sebagainya. Anda juga dapat menyusun kerangka internal link atau silo strukturnya.

Mulai menulis artikel

Setelah melakukan cara memilih keyword, langkah selanjutnya adalah dengan membuat konten yang diperlukan. Anda dapat membuat konten yang terbaru, lebih lengkap, dan lebih baik dari website lainnya. Intinya, buat artikel yang padat dan informatif tanpa bertele-tele sehingga akan memancing banyak visitor.

Demikian informasi mengenai cara riset keyword dengan copy paste pada sitemap website yang bisa Anda coba. Tetapi, jika Anda tidak menemukan sitemap tetapi tetap ingin mendapatkan URL dapat memanfaatkan tools seperti Ahrefs.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *