Begini Cara Reset Hp Oppo Jika Lemot Atau Terkunci, Mudah!

jejakblog – Mungkin Anda sedang bingung bagaimana cara reset hp Oppo yang benar. Jika tiba-tiba hp Oppo Anda tidak bisa digunakan atau bekerja sebagaimana mestinya, wajar merasa khawatir dan ingin segera memperbaiki. Namun jika sembarangan memperbaiki, bisa jadi gawai Anda semakin rusak. Sedangkan membawanya ke tempat servis butuh budget yang tidak sedikit.

Untuk itu sebelum mengalami kerusakan parah, Anda perlu mempelajari kerusakan yang sedang dialami. Jika gawai Anda ternyata hanya perlu sedikit sentuhan, maka pasti bisa dikerjakan sendiri. Hitung-hitung, ini bisa mengurangi budget minimal untuk servis gawai. Lumayan hemat, kan? Hanya bermodal sabar membaca dan mempraktikannya saja.

cara reset hp Oppo

Sebab Hp Oppo Lemot

Anda tidak perlu buru-buru mencari cara reset hp Oppo jika ternyata gawai Oppo tersebut tidak mengalami kerusakan parah. Bisa jadi Anda perlu membuka gawai yang tidak bisa dibuka kuncinya karena lupa password. Sehingga perlu cara untuk melakukan reset. Tapi bisa juga Anda membutuhkan reset karena kondisi perangkat yang sudah mulai lemah.

RAM Penuh

Adakalanya pengguna tidak menyadari bahwa RAM gawainya sudah penuh dengan cache. Ini bisa terjadi pada gawai dengan RAM kecil, misalnya gawai Oppo tipe A1k, A37, A12, atau tipe Oppo lainnya. Cara reset HP Oppo A1k tidak jauh berbeda dengan tipe lain. Selengkapnya mengenai cara reset akan dibahas dalam sub bahasan berikutnya.

RAM pada gawai berfungsi seperti jalan atau sirkuit koordinasi antar perangkat dan aplikasi. Jika tidak banyak lalu lintas yang terjadi, maka proses kerja aplikasi akan lancar. Sebaliknya jika sirkuit penuh, aplikasi yang berjalan bis ajadi harus berhenti sendiri. Karena padatnya lalu lintas akibat banyaknya cache atau banyaknya aplikasi yang sedang dibuka.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Lite : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Memori Penuh

Memori penyimpanan yang terus digunakan tanpa dihapus atau dipindahkan membuatnya cepat penuh. Apalagi jika unduhan media tidak diatur. Semua gambar, video, pesan suara, atau bahkan status kontak akan masuk dalam ruang penyimpanan. Ini akan mengganggu kinerja gawai secara keseluruhan jika terus dibiarkan.

Pada beberapa tipe gawai, Anda bisa memilih untuk menghapus memori secara otomatis setiap periode tertentu. Tapi tidak semua gawai menyediakan fitur ini. Sehingga pengguna harus aktif mencari cara reset hp Oppo jika sudah terlalu penuh dan membuat kinerjanya melambat.

Terlalu Banyak Aplikasi

Adakalanya kita perlu mencari cara reset hp Oppo hanya karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang. Mulai dari game anak, aplikasi penghitung kalori program diet, hingga aplikasi resep masakan. Setiap aplikasi ketika dijalankan pasti membuat terciptanya cache, semacam sampah yang menambah beban memori dan RAM. Ini menghambat kinerja gawai.

Kerusakan Hardware

Pada kondisi tertentu kita perlu waspada bahwa ada kerusakan hardware gawai jika tiba-tiba banyak aplikasi yang suka menutup sendiri. Atau kinerja aplikasi menjadi lambat, sehingga mengganggu pengguna yang ingin serba cepat. Semakin dibiarkan, jika ini disebabkan oleh perangkat keras maka tidak bisa membaik dengan sendirinya.

Sebab Perlu Reset Password Atau Lupa Kunci

Beberapa orang merasa perlu melakukan reset HP Oppo lupa password karena alasan yang mungkin bisa diatasi secara langsung dengan tanpa trik khusus. Alih-alih memikirkan solusinya, sebagian orang lebih memilih untuk membeli yang baru daripada ribet dengan gawai yang terkunci. Padahal jika ada data penting dan berhasil dibuka orang yang salah, bisa bahaya.

Lupa

Cara reset hp Oppo sangat dibutuhkan saat lupa dengan password atau pola kuncinya. Alasan orang lupa ini beragam. Bisa jadi karena sering berganti-ganti kata kunci dan pola, menyebabkannya lupa. Atau karena pembuat kata kunci pertama bukan pengguna aslinya. Sehingga ketika ingin membuka, lupa apa yang harus diketik atau pola apa yang sudah dibuat.

Baca Juga:  Contoh Iklan Google Adsense Terbaru Yang Baik Untuk Blog Atau Website

Mau Dijual

Jika Anda ingin menjual gawai, maka pastikan sudah di-reset ke pengaturan awal dan tidak meninggalkan jejak data penting di dalamnya. Ini penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Masalahnya adalah jika ternyata kita menemukan gawai yang terkunci, baik ingin mengembalikan atau menjualnya pasti membutuhkan cara reset hp Oppo.

Ada banyak kasus kebocoran data terjadi akibat kelalaian pemilik gawai. Bisa jadi karena gawai yang hilang masih menyimpan data penting pemiliknya. Atau karena ketika akan menjualnya di pasar second, tidak di-reset terlebih dahulu. Sehingga data yang harusnya tidak dikonsumsi orang lain menjadi konsumsi publik. Beberapa data tersebut berpotensi viral.

Keperluan Mendesak

Apa yang terjadi ketika kita harus menghadapi korban kecelakaan pengguna Hp Oppo? Atau misalnya tiba-tiba menemukan Hp Oppo di jalan kemudian ingin mengembalikan kepada pemiliknya? Pasti butuh cara reset hp Oppo untuk membuka gawai tersebut. Cara apapun tentu perlu dilakukan agar gawai tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Cara Reset Hp Oppo Dengan Mudah

Lalu bagaimana cara reset hp Oppo yang benar agar tidak meningkatkan risiko kerusakan perangkat? Menurut beberapa pengguna merk Oppo, ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk me-reset kata kunci atau pola yang digunakan. Cara ini mungkin bisa juga diterapkan untuk merk lain, tapi pastikan dulu bahwa merk tersebut memiliki setelan yang sama.

Reset Pengaturan Pabrik

Cara reset HP Oppo ke setelan pabrik merupakan cara mudah yang disediakan melalui sistem perangkat gawai. Hampir setiap gawai merk apapun memiliki fasilitas ini. Caranya tinggal masuk ke menu pengaturan atau setelan. Atau setting jika memilih penggunaan bahasa Inggris. Dari situ masuk ke setelan sistem.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A51 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Dalam setelan atau pengaturan sistem ada beberapa pilihan. Yaitu pengaturan bahasa, waktu, pencadangan, pembaruan, dan reset. Pilih reset dan dari beberapa pilihan yang tersedia di menu ini, pilih hapus semua data (kembali ke setelan pabrik). Jika ini dipilih, Anda akan kehilangan semua data aplikasi yang sudah dipasang dan semua akun yang sudah dipakai.

Reset Tanpa Sistem

Lalu bagaimana jika cara reset hp Oppo di atas tidak bisa dilakukan karena gawai tidak lagi bisa masuk sistem? Dalam kondisi seperti ini, ada cara reset yang bisa dilakukan tanpa masuk ke sistem. Cara ini dikenal dengan sebutan hard reset. Mungkin karena polanya yang tidak membutuhkan kerja sistem bawaan gawai.

Dalam kondisi power off, ada cara reset HP Oppo tanpa tombol power. Pertama, dengan memencet tombol power dan volume (-) secara bersamaan. Lakukan selama beberapa detik sampai muncul logo Oppo di layar gawai, kemudian lepaskan. Setelah itu akan muncul pilihan bahasa, pilih english. Karena Bahasa lain mungkin akan lebih sulit dipahami.

Kedua, pilih hapus data (wipe data), dengan memilih tetap menyimpan SMS< kontak dan foto. Ini harus dilakukan untuk mencegah hilangnya semua memori kenangan. Kemudian pilih OK. Tunggu sampai selesai dan muncul notifikasi wiped successfully. Anda bisa pilih OK lalu nyalakan seperti biasa.

Demikian ulasan singkat mengenai cara reset hp Oppo yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun jika kedua cara di atas tidak mampu mengembalikan hp Oppo Anda untuk kembali berjalan normal, maka bawa saja ke ahlinya. Biasanya para teknisi memiliki perangkat komputer yang bisa digunakan untuk me-reset gawai dengan sistem mereka.

About Admin

Check Also

Cara unlock iPhone

Inilah 3 Cara Unlock iPhone, Sudah Tahu?

jejakblog – Cara unlock iPhone menjadi salah satu hal penting yang sangat wajib dipahami oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *