3 Cara Ngeflash HP Samsung Dengan Cara Gampang

jejakblog – Bagi pengguna smartphone Samsung, Anda harus tahu bagaimana cara ngeflash HP Samsung. Samsung adalah jenis HP yang cukup mahal, jadi sayang jika tidak diperbaiki secara benar. Hal ini sangatlah penting, jadi jika sewaktu-waktu HP error, hang, ngerestart atau yang lainnya, maka Anda bisa memperbaikinya sendiri. Hemat uang dan juga bisa menambah pengetahuan, siapa tahu bisa jadi peluang bisnis bagi Anda.

Para pengguna smartphone kebanyakan lebih senang memperbaikinya daripada beli yang baru. Hal tersebut dikarenakan harga HP Samsung yang terbilang cukup mahal, sehingga mereka akan berusaha mencari solusi agar HP bisa normal kembali. Nah bagi Anda penggemar Samsung, berikut ini ada cara ngeflash HP Samsung sendiri yang gampang dan sederhana. Tanpa harus ke tempat service HP.

cara ngeflash HP Samsung

Cara Ngeflash HP Samsung Gampang Dan Sederhana

Sebelum melakukan perbaikan, ada beberapa peralatan yang perlu Anda persiapkan, agar cara ngeflash HP Samsung dapat berjalan dengan lancar.

Peralatan Cara Ngeflash HP Samsung

Alat-alat yang harus disiapkan antara lain adalah kabel data, komputer atau laptop serta driver USB.

Kabel Data

Kabel data digunakan untuk menyambungkan atau sebagai alat transfer data. Karena Anda harus memback up terlebih dahulu data yang terdapat pada HP Anda. Karena jika Anda tidak memindahkan data atau lupa memindahkan data, maka ketika melakukan perbaikan nanti, bisa saja akan ada data yang hilang.

Komputer Atau Laptop Atau PC

Nah data yang berada di HP bisa dipindah sementara ke laptop atau komputer Anda. Baru kemudian Anda bisa mengunduh firmware yang kompatible pada HP Anda. Install pada Sammobile atau Samsung Firmware.org, jangan lupa juga untuk menginstall software flash pc. Bisa diunduh pada website Samsung atau lainnya.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra 5G : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Driver USB Samsung

Anda juga harus memiliki driver USB Samsung, jika belum memilikinya, download saja di website resmi driver USB Samsung. Nanti Anda akan mendapatkan bagaimana cara menginstall perangkat lunak tersebut. Peralatan seperti software flash PC, laptop dan kabel data ini dipakai jika Anda melakukan cara ngeflash HP Samsung lewat laptop atau PC. Namun jika tidak memakai PC maka tidak memerlukan alat tersebut.

Nah, sebelum melakukan cara ngeflash HP Samsung yang perlu Anda perhatikan adalah baterai HP terisi sedikitnya sembilan puluh persen. Jadi jika daya HP kurang dari sembilan puluh persen, sebaiknya isi dulu baterainya, agar proses perbaikan nantinya dapat berjalan lancar. Jangan lupa mematikannya ya, agar prosesnya tidak terganggu nantinya.

Cara Ngeflash HP Samsung Tanpa Memakai Komputer Atau PC

Jika Anda tidak memiliki laptop atau PC, jangan khawatir, karena ada juga cara ngeflash HP Samsung tanpa PC. Cara ini malah lebih praktis, karena tidak perlu memakai banyak peralatan. Setiap langkah pasti punya kelebihan dan kekurangan. Semua kembali pada diri masing-masing, mau menggunakan cara yang mana.

Cara ngeflash HP Samsung tanpa menggunakan laptop atau PC hampir sama dengan cara jika memakai PC. Anda harus mengunduh USB Driver Samsung, firmware dan juga software flash Samsung. Pastikan file firmware berada pada memori eksternal dan jangan masukkan dalam folder. Setelah semua ready, Anda harus masuk ke “Recovery Mode”. Cara masuk Recovery Mode yaitu tekan dan tahan “Tombol Power + Volume Down + Home” dengan bersamaan.

Tahan hingga masuk ke menu “Recovery”, jika sudah masuk baru Anda bisa melepaskannya. Langkah berikutnya dengan menekan “Volume Up” atau “Volume Down” untuk menu “Recovery Navigasi”. Tombol “Daya” dipakai untuk menentukan pilihan Anda bisa memilih “Wipe Data” atau “Factory Reset”.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Jika semua proses cara ngeflash HP Samsung diatas sudah dilalui, Anda bisa kembali pada menu utama. Pilihlah tombol “Apply Update from Eksternal Storage”  lalu carilah firmware yang sudah diinstall sebelumnya, tekan tombol “YA”. Jika semua pemilihan prosesnya sudah selesai, pilih tombol “Reboot System Now”. Tunggulah beberapa saat terlebih dahulu. Nah proses flashing HP Samsung sudah rampung.

Cara Ngeflash HP Samsung Memakai Komputer Atau PC

Anda juga bisa memakai cara ngeflash HP Samsung dengan menggunakan komputer atau PC. Cara ini memang sedikit repot, karena harus memakai dua alat yaitu PC dan HP. Namun dengan bantuan PC, saat pengerjaannya akan menjadi lebih gampang, karena perintah atau stepnya akan lebih mudah terbaca.

Pertama yang harus dilakukan dengan cara ngeflash HP Samsung adalah sama seperti langkah di atas. Anda perlu mengunduh terlebih dahulu “Driver USB Samsung” dan juga “Firm File Ekstrak”. Install software flash pc pada samsungodin.com, jika sudah rampung jalan aplikasinya. Matikan terlebih dahulu HP Samsung Anda, kemudian Anda bisa masuk “Recovery Mode”.

Tekan bersamaan “Power+Home+Volume Down”, jika sudah masuk “Recovery Mode” jangan menekan tombol lain ya. Gunakan kabel data untuk menyambungkan HP Samsung Anda dengan perangkat PC. Tunggulah hingga perangkat mendeteksi HP Samsung, jika sudah tekanlah “Volume Up”.Sebaiknya menggunakan kabel data Samsung original, agar memperoleh hasil maksimal.

Nanti akan muncul notifikasi “Volume Up Continue” yang menandakan bahwa perangkat HP Anda terdeteksi “ODIN”. Jika muncul tulisan seperti itu, maka carilah firmware, kemudian estraksi file firmware dengan “.tar md5”. Klik tombol “AP” kemudian pilihlah “File Firmware” untuk memasukkan data ke ODIN. Klik “Enable” pada “Auto Reboot dan F” kemudian klik “Reset Time”.

Jika semua proses dijalankan klik tombol “Start”, tunggu dulu beberapa saat. Ingat, jangan sesekali menekan tombol apapun saat proses sedang berjalan ya. Pastikan HP dan PC Anda dalam keadaan menyala atau jangan sampai masuk mode sleep. Jika nanti cara ngeflash HP Samsung berhasil, maka akan muncul pemberitahuan “PASS” dan proses Rebooting akan otomatis berjalan.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Cara Ngeflash HP Samsung Mati Total

Dua cara di atas dapat Anda pilih jikalau HP masih menyala. Namun jika Hpnya mati total, maka Anda bisa memakai cara ngeflash HP Samsung yang mati total. Tapi sebelum pastikan terlebih dahulu, bagaimana kondisi matinya. Kondisi HP mati, terbagi menjadi dua macam, yaitu “Soft Brick” dan “Hard Brick”.

Yang dimaksud dengan  Soft Brick adalah suatu keadaan, dimana HP tersebut masih bisa dinyalakan. Namun hanya muncul “Power By Android” saja atau layar “Booting”, habis itu HP akan mati kembali. HP yang dalam kondisi soft brick ini juga masih bisa membaca ketika di cash batre nya, misal full atau jalan pengisian daya. Namun jika dihidupkan hanya seperti tadi saja nyalanya.

Pada kondisi HP ini, masih bisa terselamatkan nyawanya. Namun Anda harus memakai cara ngeflash HP Samsung dengan laptop atau PC. Sedangkan yang dimaksud dengan keadaan Hard Brick adalah kondisi HP yang mati total. Jadi meski HP dicash atau di pencet-pencet ya tidak akan bisa menyala. Jadi solusinya ya Anda harus menyerahkannya pada yang lebih ahli, yaitu pada tukang service HP dan mungkin membutuhkan biaya flash HP Samsung yang cukup mahal.

Bagaimana, cukup mudah bukan. Semoga cara ngeflash HP Samsung di atas dapat membantu Anda jika mengalami masalah tersebut. Siapa tahu berbekal ilmu tersebut Anda bisa membuka jasa service HP. Namun jika Anda merasa ragu, datang saja ke service resmi Samsung agar HP berada di tangan yang lebih ahli.

About Admin

Check Also

layanan Google Play telah berhenti

Alasan Mengapa Layanan Google Play Telah Berhenti Dan Cara Mengatasinya

jejakblog – Anda mungkin bingung jika tiba-tiba mendapat notifikasi “layanan Google Play telah berhenti”. Karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *