Dijamin Berhasil! Begini 4 Cara Menyimpan Kontak Di Google

jejakblog – Sudah pasti kontak yang tersimpan rapi di gmail atau di akun google akan memudahkan Anda. Terutama Anda dapat mengembalikan seluruh kontak yang ada  di perangkat sebelumnya ke HP baru via online tanpa ribet. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan kontak di Google dengan tepat.

Karena menyimpan kontak di google akan membuat Anda tidak kehilangan semua data kontak penting Anda.  Bahkan meskipun HP Anda tiba-tiba rusak atau hilang misalnya. Maka dari itu, bagi Anda yang belum menyimpan kontak ke akun google Anda, sebaiknya segera menyimpannya. Apalagi caranya juga cukup mudah. Silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

cara menyimpan kontak di google

Ini Cara Menyimpan Kontak Di Google Yang Ampuh

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, kini Anda tidak perlu lagi kerepotan dalam menyimpan data kontak pening Anda. Dengan mengetahui cara menyimpan kontak di Google ini, Anda dapat meminimalisir resiko kehilangan kontak. Misalnya saat tiba-tiba terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada ponsel Anda. Bagi Anda yang belum mengetahui caranya, mari simak ulasannya berikut.

1. Mencadangkan Dan Mengaktifkan Sinkronisasi Pada Perangkat

Langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk menyimpan data kontak Gmail Anda yaitu dengan mengaktifkan fitur sinkronisasi kontak pada ponsel Anda. Langkah ini menjadi cara tercepat dan yang paling mudah dalam memindahkan semua data kontak yang ada di gawai Anda ke Google.

Cara menyimpan kontak di Google ini dapat dimulai dengan membuka opsi setelan pada ponsel maupun tablet Anda. Klik bagian “Google”, kemudian klik “Layanan akun”. Setelah itu klik opsi “Sinkronisasi Google Kontak” dan pilih bagian “Sinkronkan Kontak Perangkat” dan aktifkan fitur “Otomatis Cadangkan Dan Sinkronkan Kontak Perangkat”.

Baca Juga:  7 Trik Mudah Cepat Cara Memasang Iklan di Google

Selanjutnya pilih akun tempat Anda ingin menyimpan kontak. Namun perlu diketahui Anda hanya dapat menyimpan kontak di satu akun saja. Kontak yang sudah ada di ponsel Anda maupun kontak nantinya akan Anda tambahkan berikutnya akan secara otomatis tersimpan sebagai kontak Google. Selain itu semua kontak tersebut juga akan langsung disinkronkan ke Akun Google milik Anda.

Ketika Anda memutuskan untuk logout dari sebuah ponsel atau tablet, maka secara otomatis semua kontak Google Anda juga akan dihapus dari perangkat tersebut. Sehingga tidak akan ada pihak lain yang dapat mengaksesnya. Saat Anda login di perangkat baru maka akan langsung disinkronkan dengan kontak Anda tadi. Cukup mudah bukan cara menyimpan kontak di Google tadi?

2. Mengimpor Kontak Gmail Ke Android

Nah, bila sebelumnya Anda telah mengetahui bagaimana cara menyimpan kontak di Google. Maka kali ini sebaiknya Anda juga harus mengetahui bagaimana cara memindahkan semua kontak tersebut ke perangkat Anda. Caranya pun terbilang mudah. Anda hanya perlu memasukkan akun Google dimana Anda menyimpan kontak ke perangkat baru Anda.

Setelah Anda menambahkan akun google tersebut ke android atau tablet baru Anda, maka Anda hanya perlu menghidupkan fitur ‘Sinkronisasi Otomatis’. Tunggu hingga proses sinkronisasi yang berjalan otomatis ini selesai. Langkah ini mirip dengan cara menyimpan kontak di Google yang dijelaskan sebelumnya. Semua data kontak Anda pun akan muncul di daftar buku telepon/kontak jika prosesnya telah selesai.

Umumnya proses sinkronisasi otomatis ini memang sedikit memakan waktu. Selain itu juga sangat dipengaruhi kecepatan koneksi internet yang ada. Biasanya jika menggunakan  jaringan 4G LTE Anda akan memerlukan waktu kurang dari 1 jam dan semua kontak pun akan muncul di smartphone Anda

Baca Juga:  Contoh Iklan Google Adsense Terbaru Yang Baik Untuk Blog Atau Website

3. Menggunakan Opsi Import Kontak Dari Akun Gmail

Bila dibanding dengan cara mengimpor kontak Google sebelumnya cara ini agak sedikit ribet. Hal ini dikarenakan Anda akan diwajibkan untuk melakukan import manual dari akun Google ke aplikasi kontak telepon pada ponsel Anda. Terlebih dahulu pastikan Anda telah menambahkan akun Google pada perangkat Anda. Baru setelah itu, silahkan membuka Aplikasi Kontak bawaan di HP Anda.

Tahap selanjutnya tekan menu setting kontak atau kelola kontak pada ponsel Anda. Pada umumnya setelah masuk menu ‘kelola kontak’, akan muncul beberapa opsi. Anda dapat memilih opsi impor/ekspor, kemudian pilih ‘import dari penyimpanan akun’. Langkah terakhir pilih fitur ‘impor dari penyimpanan akun Gmail’. Anda dapat menunggu beberapa saat biasanya akan muncul notifikasi ‘Pilih File Vcard’.

Agar dapat memindahkan seluruh kontak dari akun gmail ke ponsel yang Anda gunakan,maka pilih opsi ‘import semua file vCard’. Setelah itu klik ‘oke’. Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu proses import kontak dari gmail ke android tersebut selesai. Memang agak sedikit rumit dari cara menyimpan kontak di Google namun tidak ada salahnya Anda mengetahui cara yang satu ini.

Apabila semua prosesnya telah selesai maka Anda dapat membuka kembali aplikasi kontak yang ada. Anda dapat melihat sekaligus memeriksa daftar Nama kontak yang tersedia. Biasanya jika proses ini selesai dengan baik maka seluruh kontak Gmail pun akan berhasil diimpor dan muncul di buku telepon. Selain cara menyimpan kontak di Google, ada 1 cara lagi untuk memindahkan kontak ke ponsel.

Baca Juga:  Simak Cara Daftar Google Adsense Blog Agar Langsung Diterima!

4. Cara Manual Impor Kontak Di Google Ke Ponsel

Cara manual impor kontak di Google ke ponsel ini dimulai dengan memastikan browser HP atau PC Anda sudah log in akun Gmail. Setelah itu silahkan membuka web Google Kontak. Di sana akan muncul seluruh kontak telepon yang tersimpan di akun gmail Anda. Langkah selanjutnya adalah pilih menu ‘lainnya’. kemudian tekan opsi ‘ekspor’ untuk mengunduh seluruh kontak di gmail tersebut terlebih dahulu.

Setelah Anda mengunduh file eksport vcard.vcf tersebut langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah, membuka aplikasi kontak pada android yang digunakan. Kemudian klik menu ‘setelan kontak’ atau ‘kelola kontak’. Lalu pilih ‘impor dari penyimpanan’. Selanjutnya klik opsi ‘perangkat’ guna memindahkan file vcard.vcf yang telah diunduh sebelumnya dan tersimpan di memori perangkat tersebut.

Langkah berikutnya, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat. Jika semua proses scan telah selesai, maka akan muncul beberapa opsi pilihan. Anda hanya perlu menekan opsi ‘import semua file vcard’ dan ‘oke’. Terakhir Anda dapat memeriksa semua kontak Anda di bagian buku telepon atau aplikasi kontak bawaan HP Anda.

Pada dasarnya cara manual ini hampir sama saja di semua merk ponsel segala tipe. Mungkin hanya akan sedikit berbeda istilah yang digunakan masing-masing perangkat saja. Namun untuk produk Iphone sendiri mungkin caranya agak berbeda. Karena kontak SIM yang ada akan disinkronkan dengan layanan cloud lain.

Demikian tadi pembahasan lengkap tentang bagaimana cara menyimpan kontak di Google. Bila Anda masih merasa kesulitan, maka Anda dapat mencoba cara manual dalam memindahkan kontak ke akun Google Anda. Terlebih cara ini dapat digunakan pada semua type dan brand HP, sehingga Anda dapat menggunakan cara ini dengan mudah. Semoga bermanfaat.

About Admin

Check Also

Cara Isi Tinta Canon IP2770

Mudah! Begini Cara Isi Tinta Canon IP2770 Sendiri

jejakblog – Cara isi tinta Canon IP2770 merupakan hal yang penting diketahui terutama bagi orang-orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *