Cara Menulis di WordPress Lengkap, Mudah dan Pasti Mahir

jejakblog – Setelah mempraktekkan cara membuat blog di wordpress, Anda pasti sudah mahir melakukan wordpress login. Tetapi jago cara membuat blog di wordpress bagi pemula tidak akan berarti tanpa adanya postingan. Maka, selanjutnya Anda perlu menentukan akan diisi apa blog baru tersebut? Maka, Anda harus tahu cara menulis di wordpress.

Dalam memasukkan postingan ke dalam menu wordpress, Anda terlebih dahulu harus mengenal menu apa saja yang bisa digunakan. Hal ini karena tidak semua menu yang ada digunakan dalam membuat postingan. Menyediakan postingan-postingan berbobot adalah cara membuat wordpress menarik.

Cara Menulis di WordPress Lengkap, Mudah dan Pasti Mahir

Inilah Cara Menulis di WordPress

Untuk membuat postingan, kita harus tahu cara menulis di wordpress. Bukan hanya membuat satu postingan yang penting terbit. Anda harus mengikuti tutorial yang akan dibahas berikut ini. Sebelumnya, Anda dapat memilih cara menulis di wordpress menggunakan menu ‘Pages’ atau ‘Posts.’

Menulis di WordPress Via Posts

Bisa membuat cara membuat website wordpress harus dilengkapi kemampuan cara menulis di wordpress. Sebelum ke langkah-langkahnya, Anda perlu paham dulu apa itu Posts.

Posts yaitu tempat artikel dikumpulkan. Di mana nantinya akan tampil secara urutan kronologis yang meliputi waktu dan tanggal terbit. Jadi, semakin banyak artikel baru, artikel lama akan tenggelam di bawah. Lama kelamaan posts yang sudah sangat lama dan tertimbun akan menjadi arsip. Pengelompokan arsip biasanya dijadikan satu di bulan yang sama dan kategori tahun sama.

Semua artikel yang ketika ditulis menggunakan posts, maka ia dapat dimasukkan kategori label atau tajuk. Misalnya tulisan khusus cerita pendek atau tulisan jenis puisi. Artikel di posts juga bisa diberi tag atau hastag supaya dapat muncul ketika ada orang mencari hashtag tersebut. Tag juga berguna untuk mengelompokkan tema tulisan. Supaya lebih mudah mencari.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy Note20 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Setiap artikel yang terbitnya dari menu posts pasti akan menunjukkan nama penulisnya siapa, kapan tulisannya diterbitkan, masuknya dalam kategori tulisan apa. Nantinya para pembaca bisa saling berkomentar. Bahkan juga diskusi. Jadi, pembaca membalas komentar pembaca lain. Sehingga terjadi tukar pendapat secara aktif.

Mungkin dulu belajar cara membuat wordpress gratis 2020 adalah dengan tujuan mencari tempat mencurahkan kegalauan. Sekarang, Anda bisa praktik cara menulis di wordpress dalam bentuk berita, list kegiatan, jurnal harian dan artikel tematik. WordPress tidak pernah membatasi dalam sehari maksimal menulis berapa banyak.

Cara Menulis Artikel di WordPress via Pages

Jika di menu posts kita dapat mengatakan artikelnya statis. Di menu ‘Pages’ ini artikel bersifat statis. Tidak ada yang namanya tanggal dibuatnya artikel serta kategori tulisan. Menu pages seperti ini lebih tepat digunakan sebagai blog promosi. Artikel yang tidak memiliki masa kadaluarsa. Contohnya, halaman syarat ketentuan yang berlaku, halaman kontak, halaman katalog produk serta halaman profil dan seterusnya.

Supaya artikel yang ada di pages dapat muncul terbaca pengunjung, Anda harus mengaitkannya dengan menu. Artinya, Anda perlu membuat menu-menu di wordpress lebih dulu. Baru kemudian Anda mengarahkan artikel ke Pages.

Di situlah letak bedanya artikel via menu pages dan menu posts. Kalau di posts lebih cocok untuk blog dinamis. Yang cara menulis di wordpress pada posts nanti mengenal expired. Jadi memang artikelnya harus senantiasa diperbaharui. Artikel di menu posts juga dapat memuat banyak artikel untuk ditampilkan. Kebalikannya, artikel di pages hanya bisa memuat sedikit halaman.

Baca Juga:  Buat Akun Wordpress Gratis dengan 5 Langkah Sederhana

Panduan Menulis Artikel di WordPress

Pertama, kita akan belajar cara menulis artikel via pages.

  1. Masuklah ke menu pages. Di sana akan muncul daftar artikel yang ada di pages. Nah, jika Anda masih belum pernah posting, maka install dulu wordpressnya. Nanti yang muncul hanya akan ada satu halaman sampel saja. Lantas, ‘tambah baru.’
  2. Setelah tambah baru atau ‘add new’ jika dalam Bahasa Inggris, maka halaman kosong untuk menulis artikel baru akan terbuka. Penjelasan layoutnya adalah sebagai berikut:
  • Title diisikan judul artikel
  • Block adalah tempat kita menulis artikel secara panjang lebar, ngalor ngidul. Di sini kita juga dapat menambahkan video atau gambar per blocknya. Nantinya, setiap paragraf akan secara otomatis dibuat model per block.
  • Menu atas meliputi tambah block yang jika diklik, dia bisa menambahkan judul baru, paragraph, link video, gambar bahkan daftar list.
  • Undo untuk mengembalikan perubahan yang terhapus
  • Redo untuk mengembalik perubahan yang telah di-undo
  • Kembali adalah pilihan untuk kembali ke halaman pages utama. Caranya cukup klik saja logo W yang melambangkan wordpress.
  • Document isinya pengaturan halaman
  • Block isinya pengaturan per block
  • Publish ketika sudah selesai menulis artikel dan siap menerbitkannya.
  1. Memberi judul artikel adalah sebuah keharusan. Pada menu pages yang statis ini biasanya diisi dengan ‘Tentang Saya,’ ‘disclaimer,’ dan menu halaman lain yang memang wajib ada.
  2.  Menulis artikel di pages tidak ada yang ribet. Anda hanya perlu menuliskan penjelasan dari halaman yang sudah Anda buat tadi. Bisa berupa paragraf saja atau ditambahkan gambar. Kalau mau, Anda juga bisa menambahkan block-block tertentu.
  3. Menerbitkan artikel pages tinggal klik saja kotak penerbitan ‘terbitkan.’ Opsinya ada tiga. Save draft untuk menyimpan tulisan Anda sebagai draft saja karena belum selesai menulis. Kedua adalah preview, gunanya untuk melihat seperti apa kira-kira tampilan artikel ini sesudah diterbitkan. Baru ketiga publish untuk menerbitkan artikel. Kalau sudah klik publish maka orang-orang dapat melihat artikel kita.
Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S20 FE : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Menulis Artikel Posts di WordPress

Yang membedakan proses penulisan artikel pages dan posts adalah posts punya satu kolom tambahan namanya kategori. Guna dari kategori adalah mengelompokkan artikel-artikel konten Anda supaya rapi per kategori tulisan.

Mulai Menulis

Setelah Anda masuk ke wilayah admin WordPress, klik ‘add new’ yang ada di menu posts. Atau bisa juga dengan cara lain yaitu klik new pada toolbar admin baru sesudah itu pilih post. Keduanya sama-sama bertujuan mengarahkan Anda ke kotak kosong untuk menulis artikel baru.

Kotak judul tidak harus ditulis terlebih dahulu. Jika Anda masih bingung dengan judulnya, selesaikan saja artikel utuhnya. Baru kemudian Anda akan tahu judul yang cocok apa. Disarankan maksimal menulis judul antara 50 sampai 70 karakter atau paling banyak 12 kata. Judul ini akan berperang di mesin pencari untuk menarik pengunjung.

Pada saat menulis konten,  Anda dapat bermain variasi supaya artikel menarik bagi mesin pencari maupun pembaca asli. Demi membuat pembaca betah, Anda bisa menambahkan gambar atau video sebagai ilustrasi audio visual dan backlink untuk memperkuat ranking.

Hindari hanya menulis paragraf sepanjang artikel karena membosankan. Gunakan variasi berupa listing model, paragraf pendek, subheading serta dibuat poin per poin.

Itulah tadi pembahasan cara menulis di wordpress secara utuh. Anda bisa mulai membuat artikel halamannya dulu saja. Baru kemudian langsung fokus ke konten. Fokus ke konten artinya fokus ke pembuatan artikel dari menu posts. Selamat beternak blog!

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *