10 Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri Secara Alami, Cepat Dan Mudah!

Sakit karena gusi bengkak memang membuat penderita kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk itu inilah cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami yang dapat Anda coba sebagai alternatif. Hanya dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Walaupun terlihat sepele, nyeri radang pada gusi ini sebaiknya segera diobati. Inilah cara-cara untuk pertolongan pertama saat mengatasi gusi membengkak.

Alternatif Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Pembengkakan gusi adalah suatu kondisi di mana gusi meradang dan tulang yang menopang gigi mengendur. Ada beberapa jenis gusi bengkak yang sudah cukup dikenal di dunia medis, seperti periodontitis, periodontitis akut, dan peradangan gingiva.

Jika gejala pembengkakan gusi cukup parah, Anda perlu pergi ke dokter gigi. Sementara itu, jika masih dalam tahap normal, Anda bisa mencoba beberapa langkah ini:

cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami

Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut

Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Anda dapat secara teratur menyikat gigi dengan benar.

Pilih sikat gigi yang lembut dengan sudut 45 derajat sehingga menjangkau setiap sudut gigi dan mulut Anda. Kemudian biasakan melakukan dental floss atau benang gigi. Dengan cara ini, Anda bisa terhindar dari bakteri penyebab pembengkakan gusi.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Tumit Pecah Tanpa Obat, Hanya Pakai Bahan Alami!

Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat adalah salah satu cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami. Tidak hanya membersihkan, tetapi juga membunuh semua bakteri yang ada di mulut dan gigi.

Garam membersihkan dan membunuh semua jenis bakteri dan virus pada kerusakan gigi. Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri berdenyut ini akan menyembuhkan pembengkakan dengan sangat lembut.

Jangan Terlalu Banyak Karbohidrat

Meskipun tidak Anda ketahui, makanan ternyata juga memengaruhi kesehatan gigi dan mulut Anda. Kebiasaan makan terlalu banyak karbohidrat dapat menyebabkan pembengkakan pada gigi Anda.

Karbohidrat juga dapat memperburuk pembengkakan gusi, terutama pada penderita diabetes. Oleh karena itu, Anda bisa mulai mengurangi karbohidrat dengan mengonsumsi pengganti nasi. Ingatlah untuk memasukkan buah-buahan dan sayuran sebagai sumber diet harian Anda.

Berhenti Merokok

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, Anda mungkin juga perlu berhenti untuk menyembuhkan gusi bengkak Anda. Tembakau mengandung nikotin, yang dapat membuat gusi Anda lebih sensitif.

Selain itu, merokok menyebabkan pengerasan dan perubahan warna pada gigi, yang dapat menyebabkan kondisi gigi yang tidak sehat. Karena itu, jika Anda memiliki penyakit periodontal, segera berhenti merokok.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Dehidrasi dengan Cepat, Tak Hanya Minum Air Putih!

Hindari Pasta Gigi Yang Menyebabkan Iritasi

Pemilihan pasta gigi juga merupakan cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami. Ada beberapa jenis pasta gigi yang dapat mengiritasi gusi. Biasanya hal ini bisa disebabkan karena pasta gigi mengandung bahan kimia yang terlalu keras.

Selain itu, pasta gigi yang mengandung resep khusus yang mengandung alkohol juga membuat gusi menjadi tidak sehat. Iritasi menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada gusi. Oleh karena itu, untuk sementara hindari penggunaan pasta gigi yang dapat menyebabkan luka pada gigi.

Gunakan Minyak Cengkeh

Cengkih telah lama dikatakan dapat membantu mengatasi kondisi gigi seperti sakit gigi dan pembengkakan gusi. Cengkih memiliki aroma yang sangat harum dan memiliki efek menenangkan. Ini juga bisa menjadi salah satu cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami

Gunakan Minyak Biji Mustard

Juga dikenal sebagai minyak biji mustard atau minyak mustard, ini membantu menyembuhkan gusi bengkak. Senyawa seperti glukosinolat dalam minyak biji mustard dapat memiliki efek yang sangat menguntungkan pada pembengkakan gusi.

Senyawa ini dapat melawan bakteri dan virus serta menyebabkan periodontitis. Selain itu, minyak biji mustard membantu meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut. Minyak biji mustard telah lama digunakan sebagai cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami.

Berkumur Dengan Air Lemon

Cara mengatasi nyeri pada gusi bengkak selanjutnya dengan berkumur air lemon. Lemon adalah sumber vitamin C yang sangat baik untuk menyembuhkan gusi bengkak. Air lemon mengandung berbagai jenis mineral seperti kalium dan kalsium. cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami

Baca Juga:  3 Cara Mencegah Kehamilan Remaja: Pengenalan Dan Data Statistik!

Selain itu, lemon juga mengandung pektin. Pektin sangat efektif dalam mencegah pertumbuhan bakteri. Air lemon membuat kondisi asam di mulut menjadi basa dan mencegah infeksi.

Berkumur Dengan Larutan Antiseptik

Bahan antiseptik khusus yang digunakan sebagai obat kumur juga merupakan cara menyembuhkan gusi bengkak. Disinfektan dapat membunuh bakteri di dalam mulut.

Kandungan bahan antiseptik dapat menetralisir lingkungan mulut untuk mengatasi pembengkakan gusi. Perawatan dengan larutan antiseptik juga mudah. Ambil beberapa mililiter desinfektan dan bilas mulut Anda seperti biasa. Melakukannya secara teratur dapat menghilangkan risiko pembengkakan gusi.

Berkumur Dengan Air Tawas

Bahan tawas yang banyak digunakan untuk menjernihkan air juga sangat cocok untuk mengatasi gusi bengkak. Tawas mengandung bahan alkali yang dapat memperbaiki kondisi pembengkakan gusi.
Tawas juga mengandung bahan alkalin yang dapat membunuh segala macam bakteri dan bakteri penyebab pembengkakan gusi.

Itulah beberapa opsi mudah cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri secara alami. Namun, jika gigi bengkak tidak kunjung membaik, Anda harus segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

About Admin

Check Also

6 Cara Mengatasi Dehidrasi dengan Cepat, Tak Hanya Minum Air Putih!

Bagi Anda yang sering merasa haus berlebihan dan tubuh cepat lelah, bisa jadi Anda sedang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.