9 Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Lidah dengan Mudah, Simak Yuk!

Cara menghilangkan rasa pahit di lidah bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, tidak perlu khawatir ketika mengalami kondisi seperti ini. Penyebab lidah terasa pahit cukup beragam.

Diantaranya karena sakit, mengonsumsi obat-obatan, asam lambung, kehamilan, dan lain sebagainya. Dalam artikel ini akan memberikan beberapa cara penanganannya. Jadi, simak baik-baik dan bisa langsung seseorang praktikkan.

Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Lidah

Cara menghilangkan rasa pahit di lidah

Rasa pahit di lidah tentu cukup menyiksa karena semua makanan atau minuman yang seseorang konsumsi akan ikut pahit. Maka dari itu, segera lakukan beberapa cara berikut untuk mengatasinya.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat berperan penting untuk sistem kerja tubuh. Maka dari itu, jika tubuh kekurangan cairan bisa mengakibatkan mudah lelah atau letih. Selain itu, juga dapat menyebabkan lidah terasa pahit karena mulut kering.

Jadi, jangan sampai kekurangan cairan dan perbanyak minum air putih. Idealnya dalam sehari setidaknya mengonsumsi 8 gelas air putih. Dengan begitu, kesehatan bisa selalu terjaga.

Berkumur Menggunakan Larutan Soda Kue

Cara menghilangkan rasa pahit di lidah selanjutnya adalah berkumur menggunakan larutan soda kue. Hal itu karena soda kue ternyata bisa menetralkan rasa pahit yang ada di lidah.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami, Ampuh Meredakan Nyeri!

Pengaplikasiannya dengan melarutkan soda kue sebanyak ¼ sendok teh dan garam ½ sendok teh. Bahan tersebut dilarutkan dalam secangkir air hangat. Setelah itu, buatkan berkumur, lalu bilas menggunakan air bersih.

Cara tersebut bisa seseorang lakukan sebelum makan. Dengan begitu, rasa makanan tidak akan terpengaruh pada rasa pahit di lidah.

Memakan Buah Jeruk

Buah jeruk juga dapat membantu menghilangkan rasa getir atau pahit di lidah. Tidak hanya buah jeruk, melainkan juga bisa mengonsumsi lemon dan sejenisnya. Hal itu karena yang berfungsi untuk merangsang indra perasa adalah keasamannya.

Cara ini biasanya ampuh untuk seseorang yang lidahnya terasa pahit karena mengonsumsi obat-obatan. Selain itu, juga bisa karena kehamilan. Namun, jika sedang sariawan, maka bisa menggunakan cara lainnya.

Mengingat jika sariawan terkena sesuatu yang asam, maka akan memicu rasa perih. Meskipun begitu, keasaman tersebut juga bisa membantu menyembuhkan sariawan lebih cepat. Akan tetapi, jika tidak kuat menahan rasa perihnya, sebaiknya jangan lakukan.

Menyikat Lidah

Salah satu penyebab lidah terasa pahit adalah karena tumbuhnya bakteri. Apalagi lidah sangat rentan menjadi sarang tumbuhnya bakteri. Maka dari itu, pada waktu menyikat gigi, jangan lupa juga untuk menyikat lidah.

Baca Juga:  8 Cara Mengobati Telinga Tuli Sebelah Secara Alami, Ikuti Cara Cepatnya!

Dengan begitu, akan mencegah tumbuhnya bakteri di lidah sehingga tidak memicu rasa pahit. Selain itu, dengan menyikat lidah, juga dapat membuat mulut lebih segar dan tidak bau.

Jangan lupa pula untuk senantiasa menjaga kebersihan mulut dan gigi. Maka dari itu, harus rutin menyikat gigi dan lidah dua kali sehari. Namun, untuk alat menggosok lidah sebaiknya gunakan penyikat khusus.

Mengunyah Permen Karet

Salah satu cara menghilangkan rasa pahit di lidah saat demam adalah dengan mengunyah permen karet. Pada waktu demam dan lidah pahit, pasti nafsu makan akan menurun, bahkan enggan meminum air.

Sebab, yang terasa pahit tidak hanya pada makanan, melainkan juga minuman. Sedangkan, permen karet manisnya cukup kuat sehingga tentu tidak akan kesulitan untuk mengunyahnya.

Dengan mengunyah permen karet, maka bisa mencegah mulut agar tidak kering. Namun, yang lebih disarankan untuk lidah pahit adalah permen karet bebas gula dan beraroma jeruk atau peppermint.

Mengonsumsi Makanan yang Kaya Nutrisi

Jika mulut pahit saat sakit, seseorang juga perlu menjaga makanannya. Sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang dapat meninggalkan rasa pahit. Misalnya teh, kopi, daging merah, dan makanan pedas.

Sedangkan, makanan untuk lidah pahit adalah yang kaya nutrisi. Misalnya susu, telur, ikan, sayuran, dan juga buah-buahan. Seseorang juga bisa memakan hidangan yang kaya bumbu atau rempah. Dengan begitu, maka bisa melatih kepekaan indra perasa.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Tumit Pecah Tanpa Obat, Hanya Pakai Bahan Alami!

Mengonsumsi Makanan yang Kaya Asupan Zinc

Cara menghilangkan rasa pahit di lidah berikutnya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung zinc tinggi. Diantaranya seperti telur, kacang-kacangan, kerang, biji-bijian, cokelat hitam, dan gandum utuh. cara menghilangkan rasa pahit di lidah

Membatasi Makanan Tertentu

Jika rasa pahit di lidah karena penyakit asam lambung, maka harus menghindari beberapa makanan. Tentu makanan tersebut yang bisa memicu naiknya asam lambung. Jika semakin naik, tentu gejala rasa pahit di lidah juga tidak akan membaik.

Makanan yang tidak boleh penderita konsumsi adalah minuman berkafein, makanan pedas, berlemak, dan asam. Selain itu, juga tidak boleh mengonsumsi alkohol atau minuman bersoda.
Periksakan ke Dokter

Hal ini merupakan cara menghilangkan rasa pahit di lidah yang terakhir jika kondisinya berkelanjutan. Jadi, tidak kunjung sembuh meskipun menggunakan berbagai cara di atas.

Terlebih jika ada gejala lainnya, maka harus segera periksakan ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa mendiagnosa lebih lanjut dan bisa memberikan penanganan yang tepat.

Itulah cara menghilangkan rasa pahit di lidah yang bisa seseorang coba. Tetap jaga asupan makan meskipun lidah terasa pahit. Mengingat jika tidak makan dengan teratur, maka tubuh bisa kekurangan nutrisi sehingga kondisi akan memburuk.

About Admin

Check Also

6 Cara Mengatasi Dehidrasi dengan Cepat, Tak Hanya Minum Air Putih!

Bagi Anda yang sering merasa haus berlebihan dan tubuh cepat lelah, bisa jadi Anda sedang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.