3 Cara Menghilangkan Rasa Hambar di Lidah, Alami dan Cepat!

Cara menghilangkan rasa hambar di lidah ada berbagai macam. Permasalahan utamanya bukan pada bagaimana, tapi juga mengapa lidah terasa hambar. Mengetahui alasan lidah terasa hambar adalah hal yang sangat penting.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan lidah terasa hambar. Dari masalah yang sederhana seperti flu hingga masalah kesehatan yang lebih serius. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengetahui penyebabnya.

Penyebab Lidah Terasa Hambar

Cara menghilangkan rasa hambar di lidah

Ada berbagai penyebab lidah terasa hambar. Masing-masing memiliki cara yang berbeda untuk mengatasinya. Berikut adalah berbagai penyebab dan bagaimana solusi yang bisa Anda lakukan saat lidah terasa hambar:

Sumbatan pada Hidung

Indera pengecapan berhubungan sangat erat dengan penciuman. Karena itu, walaupun lidah terasa hambar, bisa jadi masalah utama ada pada hidung. Saat terjadi sumbatan pada hidung, lidah pun tak dapat bekerja dengan baik merasakan makanan.

Sumbatan pada hidung bisa terjadi saat pilek, flu, terjadi reaksi alergi, sinusitis, atau polip hidung. Cara Mengatasi lidah hambar saat flu adalah dengan beristirahat, perbanyak minum air putih, dan makan makanan bergizi. Klikdokter merekomendasikan sup ayam sebagai menu untuk mengatasi flu.

Baca Juga:  10 Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri Secara Alami, Cepat Dan Mudah!

Bila kondisi flu cukup buruk, atau terjadi kondisi lain seperti alergi, sinusitis, dan polip, sebaiknya pengobatan dilakukan dengan dampingan ahli. Konsultasikan ke dokter untuk mendapat pengobatan.

Demam

Demam pada dasarnya bukanlah sebuah penyakit, melainkan tanda adanya masalah. Penyebabnya bisa jadi infeksi virus atau bakteri, keracunan, hingga kanker. Saat tubuh dalam kondisi demam, suhu di rongga mulut juga naik, cairan tubuh pun berkurang.

Kondisi ini bisa menimbulkan dehidrasi, mulut kering, dan berdampak pada fungsi indra pengecapan. Cara mengatasi lidah terasa pahit saat demam adalah dengan memperbanyak minum air putih. Tujuannya untuk menjaga kelembapan tubuh dan menghindari dehidrasi.

Kebersihan Gigi dan Mulut

Mulut yang kurang bersih bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri dan mengakibatkan hilangnya rasa. Hal ini termasuk adanya karang gigi, gigi berlubang, abses gigi, parotitis, sariawan, dan kebiasaan merokok. Pada kasus ini, cara menghilangkan rasa hambar di lidah adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Biasakan untuk menyikat gigi dua kali sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Bersihkan sela-sela gigi dengan dental floss, jangan lupa menyikat lidah, dan gunakan obat kumur anti bakteri. Satu hal yang paling penting adalah biasakan kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali meski tidak merasa ada masalah.

Efek Samping Pengobatan

Bila Anda sedang menjalani terapi pengobatan, bisa jadi lidah terasa hambar merupakan efek sampingnya. Hal ini wajar dialami pasien yang sedang menjalani terapi radiasi atau konsumsi obat tertentu. cara menghilangkan rasa hambar di lidah

Baca Juga:  8 Cara Mengobati Telinga Tuli Sebelah Secara Alami, Ikuti Cara Cepatnya!

Ada beberapa obat yang dapat menyebabkan lidah terasa hambar. Di antaranya adalah anti peradangan, antihistamin, obat jantung, obat diabetes, penghambat protease HIV, pil KB, antidepresan, obat perawatan kanker. Konsumsi vitamin dan suplemen dalam jumlah besar juga bisa menjadi penyebabnya.

Pada kondisi ini, lidah yang terasa hambar bukanlah sebuah masalah. Namun, bila merasa tidak nyaman, Anda bisa bertanya pada dokter yang menangani, apakah terapi obat harus dilanjutkan atau ada alternatif lain.

Masalah Kesehatan yang Lebih Serius

Bila tidak sedang berada dalam keempat kondisi di atas, bisa jadi penyebab lidah Anda terasa hambar adalah masalah kesehatan yang lebih serius. Hal ini perlu Anda waspadai.

Kekurangan kalsium dan vitamin B bisa menyebabkan lidah terasa hambar. Gejala lain yang menyertai adalah sering merasa kesemutan, kram otot, kelelahan, nafsu makan buruk, dan irama jantung tidak teratur.

Bila Anda merasakan gejala tersebut, maka cara menghilangkan rasa hambar di lidah adalah dengan membiasakan makan makanan bergizi. Perhatikan kebutuhan tubuh, dan cari sumber kalsium dan vitamin B. cara menghilangkan rasa hambar di lidah

Lidah terasa hambar juga bisa dialami oleh penderita penyakit serius seperti diabetes, autoimun, hingga kanker. Segera periksakan diri ke dokter dan jalani terapi agar kondisi tubuh segera membaik.

Baca Juga:  Alami Anosmia? Ini 5 Obat Alami Kehilangan Penciuman yang Ampuh

Obat Tradisional Lidah Terasa Hambar

Salah satu cara menghilangkan rasa hambar di lidah adalah dengan obat tradisional. Namun sebelumnya, Anda harus mengingat bahwa cara ini hanya dapat dilakukan bila lidah hambar disebabkan oleh masalah ringan seperti flu atau demam.

Bawang Putih dan Air Hangat

Bawang putih mengandung zat antimikroba sekaligus antiinflamasi sehingga dapat meredakan hidung tersumbat karena flu. Caranya, cincang 2-3 butir bawang putih, campurkan dengan segelas air panas. Tunggu beberapa menit, lalu saring. Minum airnya dua kali dalam sehari.

Teh Jahe

Jahe sudah lama dikenal sebagai bahan yang kaya manfaat. Jahe juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan rasa hambar di lidah. Caranya, memarkan jahe lalu rebus. Gunakan airnya untuk menyeduh teh. Bisa juga tambahkan madu agar terasa nikmat.

Lemon Madu

Lemon juga mengandung antioksidan dan antibakteri sehingga bisa membantu mengobati infeksi pada saluran pernapasan dan mulut. Coba campurkan air perasan lemon, segelas air hangat, dan madu. Nikmati selagi hangat.

Ada berbagai cara menghilangkan rasa hambar di lidah. Langkah pertama adalah dengan mengetahui penyebabnya. Lidah hambar karena masalah kesehatan umum mungkin bisa Anda atasi sendiri di rumah. Namun, bila ada tanda-tanda masalah kesehatan yang lebih serius, segera konsultasi secara langsung pada dokter.

About Admin

Check Also

6 Cara Mengatasi Dehidrasi dengan Cepat, Tak Hanya Minum Air Putih!

Bagi Anda yang sering merasa haus berlebihan dan tubuh cepat lelah, bisa jadi Anda sedang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.