9 Cara Menghilangkan Bengkak di Gusi, Dijamin Ampuh dan Cepat Reda!

Cara menghilangkan bengkak di gusi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Saat gusi membengkak, tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Apalagi ketika Anda sedang makan, pasti akan sangat mengganggu.

Gusi yang sehat memiliki ciri-ciri warna gusi merah muda, stabil, tidak goyah saat disentuh dan mempunyai tekstur berbintik-bintik seperti kulit jeruk. Selain dari hal tersebut, maka ada kemungkinan gusi Anda sedang bermasalah. Cara menghilangkan bengkak di gusi 

Penyebab Gusi Bengkak

cara menghilangkan bengkak di gusi

Sebelum mengetahui cara mengatasi bengkak di gusi, Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab gusi membengkak. Gusi yang bengkak biasanya ditandai dengan adanya bagian gusi yang mengalami pembesaran, menonjol dan menggelembung.

Kondisi tersebut biasanya bisa jadi merupakan tanda awal dari peradangan gusi yang bersifat kronis. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab gusi bengkak:

1. Sisa Makanan

Sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela antara gigi dan gusi akan mengundang datangnya kuman dan bakteri masuk. Jika sisa makanan tidak dibersihkan, maka bakteri dan kuman pun akan terus menumpuk dan akan menyebabkan pembengkakan pada gusi.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Tumit Pecah Tanpa Obat, Hanya Pakai Bahan Alami!

2. Hormon

Pembengkakan gusi juga bisa disebabkan karena pengaruh hormon. Hal ini sering terjadi pada perempuan, khususnya saat dalam kondisi hamil. Perubahan hormon karena kehamilan bisa menjadi penyebab gusi bengkak, dan biasanya kondisi ini bersifat sementara.

3. Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan bisa menjadi penyebab pembengkakan pada gusi. Kondisi ini dapat Anda perhatikan jika Anda susah benar-benar menjaga kesehatan mulur dengan baik, tetapi gusi terlihat membengkak. Cara menghilangkan bengkak di gusi 

Contoh obat-obatan yang dapat menyebabkan gusi membengkak, yaitu obat untuk menurunkan tekanan sarah. Jenis obat ini bisa menjadi penyebabnya, karena terjadinya pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi, sehingga mengakibatkan pembengkakan.

4. Iritasi

Gusi membengkak juga bisa disebabkan oleh iritasi. Hal ini biasanya terjadi karena reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam makanan, minuman, pasta gigi, atau produk mulut lainnya. Reaksi alergi ini dapat membuat jaringan gusi menjadi merah dan membengkak.

5. Plak dan Karang Gigi Menumpuk

Pembengkakan gusi sering terjadi karena plak yang menumpuk. Plak adalah lapisan lunak yang tidak terlihat dan melekat pada permukaan gigi yang dibentuk oleh bakteri pada mulut.

Jika Anda tidak rutin membersihkan dan menjaga kesehatan mulut, maka plak akan dapat terlihat dan menimbulkan zat berwarna kuning pada gigi. Sedangkan, karang gigi merupakan plak yang mengeras, yang jika tidak dibersihkan akan mengakibatkan peradangan pada gusi.

Baca Juga:  8 Cara Mengobati Telinga Tuli Sebelah Secara Alami, Ikuti Cara Cepatnya!

6. Kekurangan Vitamin C

Penyebab gusi bengkak yang terakhir, yaitu karena kekurangan vitamin C. Vitamin C sendiri mampu menguatkan jaringan ikat seperti gusi. Jadi, jika Anda kekurangan vitamin C, maka gusi bisa mengalami pembengkakan.

Cara Menghilangkan Bengkak di Gusi

Setelah mengetahui apa saja penyebab gusi bengkak, sekarang Anda bisa mencoba beberapa cara penyembuhannya. Nah, berikut ini cara mengobati bengkak di gusi:

1. Berkumur dengan Air Garam

Anda bisa mengatasi gusi bengkak menggunakan bahan dapur garam. Air garam mampu mengatasi peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan gusi menjadi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak dengan garam sangat mudah, cukup larutkan garam ke dalam air, lalu gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur.

2. Kompres dengan Es atau Air Hangat

Cara menghilangkan bengkak di gusi, bisa dengan cara mengompres gusi menggunakan es atau air hangat. Jika bengkak tanpa disertai rasa nyeri yang berdenyut, Anda bisa mengompres menggunakan es.

Rasa dingin dari es dapat membantu mengurangi pembengkakan pada gusi. Sedangkan, jika gusi membengkak disertai dengan rasa nyeri berdenyut, Anda bisa mengompres gusi menggunakan air hangat. Cara menghilangkan bengkak di gusi 

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami, Ampuh Meredakan Nyeri!

3. Menghindari Penyebab Iritasi

Apabila Anda mengalami gusi bengkak, maka sebaiknya menghindari penyebab terjadinya iritasi pada gusi, seperti merokok atau minuman beralkohol. Dengan begitu, tingkat iritasi pada gusi akan berkurang dan membantu dalam mengatasi pembengkakan.

4. Menggunakan Bawang Merah

Cara ampuh menghilangkan bengkak di gusi selanjutnya, yaitu dengan menempelkan bawang merah. Bawang merah sendiri mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh kuman.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan menumbuk bawang merah sebanyak 1 siung dengan 1 sendok teh garam sampai halus. Setelah itu, tempelkan campuran bawang merah dengan garam tersebut pada gusi yang bengkak.

5. Menggunakan Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih juga ampuh mengatasi gusi bengkak. Sama halnya dengan bawang merah, bawang putih juga memiliki manfaat sebagai anti septik alami.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup dengan menyiapkan 1 siung bawang putih dan 1 sendok teh garam. Bawang putih dan garam ditumbuk sampai halus, lalu tempelkan pada gusi yang bengkak. Cara menghilangkan bengkak di gusi 

Itulah 9 cara menghilangkan bengkak di gusi yang dijamin ampuh menyembuhkan. Pastikan Anda melakukannya dengan benar, agar gusi yang bengkak berhasil kempes dan sembuh. Selamat mencoba dan mendapatkan gusi yang sehat.

About Admin

Check Also

6 Cara Mengatasi Dehidrasi dengan Cepat, Tak Hanya Minum Air Putih!

Bagi Anda yang sering merasa haus berlebihan dan tubuh cepat lelah, bisa jadi Anda sedang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.