Mendeteksi HP Sedang Disadap Dan Cara Menghentikannya!

jejakblog – Teknologi yang semakin canggih menuntut kita untuk mengetahui cara menghentikan penyadapan hp android. Hal ini karena penyadapan makin marak. Baik untuk alasan pribadi atau kepentingan tertentu. Apalagi untuk pasangan yang saling cemburu, acara sadap-menyadap kerap dilakukan. Hanya untuk membuktikan kejujuran pasangan.

Para pengguna laptop mungkin sudah banyak yang mengenal aplikasi Teamviewer untuk remote jarak jauh. Aplikasi ini digunakan atas izin pemilik laptop agar laptopnya dapat diakses oleh orang yang memiliki kodenya. Tapi  di gawai, banyak penyadapan terjadi sehingga sekarang para pengembang menyediakan aplikasi anti sadap. Apakah Anda salah satu penggunanya?

cara menghentikan penyadapan hp android

Cara Mendeteksi HP Sedang Disadap

Orang-orang yang tidak paham cara menyadap hp mungkin jarang yang sadar kalau gawainya sedang disadap. Tapi ada juga orang-orang yang mulai curiga gawainya sedang disadap. Lalu bagaimana mengetahui apakah gawai kita sedang disadap oleh orang lain? Beberapa tanda berikut dan cara mendeteksinya mungkin terjadi pada gawai Anda:

Boros Kuota

Untuk mengetahui cara menghentikan penyadapan hp android, Anda perlu curiga ketika merasa boros kuota. Padahal tidak banyak aplikasi yang terpasang dan dibiarkan berjalan secara terus menerus. Untuk mencegah adanya penyadapan sebaiknya Anda berhati-hati terutama saat memasang aplikasi. Bukan hanya boros kuota, aplikasi tersebut bisa jadi membawa virus.

Hati-hati untuk memberikan akses pada aplikasi yang tidak sepenuhnya Anda kenal dapat dipercaya. Apalagi jika aplikasi tersebut minta izin untuk mengakses kamera Anda. Bisa jadi nanti disalahgunakan untuk kepentingan mereka yang merugikan Anda. Untuk mengetahui seberapa boros kuota Anda, pastikan untuk mengeceknya secara berkala penggunaan pulsa.

Baca Juga:  Ternyata Mudah! Ini Cara Mengaktifkan 4G di Android

Boros Baterai

Tanda kedua untuk mengetahui gawai kita sedang disadap adalah cek penggunaan baterai. Sebelum mempelajari cara menghentikan penyadapan hp android, ketahuilah seberapa boros batere yang Anda miliki. Baik saat gawai dalam keadaan online maupun tidak. Apakah penggunaan gawai Anda wajar atau boros saat membuka sosmed atau mewartakan kabar terbaru?

Jika gawai Anda disinyalir terlalu boros untuk ukuran penggunaan Anda yang cenderung hemat, maka berhati-hatilah. Karena bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa gawai Anda sedang dibajak atau disadap. Namun jika memang umur gawai Anda sudah cukup renta, maka wajar karena baterai gawai tidak selamanya dalam kondisi prima.

Ada Suara Aneh

Jika saat menelepon Anda mendengar suara aneh yang bukan berasal dari Anda maupun penerima di seberang, maka sebaiknya mulai curiga. Anda perlu mencari cara menghentikan penyadapan hp android jika benar terbukti ada penyadapan yang sedang terjadi. Karena ketika menyadap, gawai penyadap masuk dalam koneksi telepon yang sedang kita lakukan.

Gawai Mudah Demam

Hati-hatilah ketika gawai mudah panas. Bisa jadi ini merupakan salah satu pertanda bahwa gawai Anda sedang disadap pihak tertentu. Gawai yang cepat panas disebabkan oleh adanya aplikasi pendukung yang sedang berjalan dan dipantau dari seberang, entah di mana. Ditambah jika Anda tinggal di daerah minim sinyal, sungguh aduhai rasanya.

Namun jika ternyata gawai Anda mudah naik temperatur body-nya karena sedang berada di daerah minim sinyal, maka wajar. Karena aktivitas gawai saat mencari jaringan akan meningkatkan kapasitas penggunaan baterai dan memicu suhu ruang semakin tinggi. Anda Perlu berpikir bagaimana cara menghentikan penyadapan hp android jika sudah terbukti disadap saja.

Sering Reboot

Selama reboot atau restart terjadi akibat gawai yang sudah lemah, maka Anda tidak perlu curiga. Tapi jika performa gawai masih sangat baik tiba-tiba sering restart sendiri, silakan curiga. Bisa jadi ini pertanda bahwa gawai Anda sedang disadap. Cara mengetahui HP disadap WA diantaranya adanya pesan yang terbaca atau terkirim dari aplikasi padahal Anda tidak melakukannya.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra 5G : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Coba analisa kembali siapa yang mungkin melakukan penyadapan tersebut. Motif apa yang kira-kira mendasarinya. Dan yang paling penting, Anda harus benar-benar membuktikan bahwa penyadapan telah terjadi dan terbukti. Sehingga Anda bisa mencari cara menghentikan penyadapan hp android yang paling elegan, sekaligus tidak menimbulkan permusuhan.

Kode Cek HP Disadap

Sebelum menuduh orang lain melakukan penyadapan, Anda bisa melakukan pengecekan awal. Ada kode yang bisa digunakan untuk mengecek, apakah nomor Anda sedang disadap atau tidak. Namun kode ini tidak berlaku untuk pengecek apakah ada aplikasi media sosial Anda yang sedang disadap. Kode tersebut adalah *#21#.

Dengan melakukan panggilan ke kode tersebut, Anda sudah selangkah melakukan cara menghentikan penyadapan hp android. Jawaban yang muncul adalah call, voice, data, SMS, FAX, masing-masing ada keterangan: not forwarded atau forwarding. Jika jawabannya adalah forwarding, maka bagian tersebut sedang diteruskan ke pihak penyadap.

Cara Menghentikan Penyadapan HP Android

Lalu bagaimana cara menghentikan penyadapan hp android jika benar terbukti bahwa nomor Anda sedang disadap? Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk menghentikannya. Cara berikut bisa sepenuhnya berhasil, namun bisa juga tidak. Tergantung keberuntungan Anda dalam menjalankannya. Penting bagi Anda untuk tidak menyerah jika gagal.

Hentikan Penyadapan

Jika benar terjadi penyadapan, maka Anda bisa mengakses kode ##002# lalu panggil atau tekan OK/YES. Trik semacam ini bisa menjadi cara agar penyadap kehilangan akses untuk terhubung dengan nomor Anda. Jangan terlambat mengambil tindakan karena bisa jadi penyadap berhasil merugikan orang-orang yang terlalu polos jika penyadapan tersebut bertujuan bisnis.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy Note9 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Jika penyadapan terjadi di akun media sosial, tentu akan lebih banyak kerugiannya?karena jika ia berhasil menghubungi orang-orang dekat Anda dan memanfaatkan momen tersebut, tentu berbahaya. Untuk mencegahnya, Anda perlu login secara berkala ke akun media sosial. Meskipun misalnya jarang dipakai. Karena khawatir tiba-tiba Anda tidak bisa mengaksesnya.

 

Matikan Data

Mematikan data merupakan salah satu cara menghentikan penyadapan hp android. Karena penyadap perlu akun Anda tetap aktif selama disadap. Maka dengan mematikan sambungan datanya saat tidak dibutuhkan, Anda dapat selamat dari upaya mereka menyadap akun Anda. Namun jika Anda perlu untuk selalu terhubung dengan dunia maya, mungkin cara ini akan sulit.

Cara menghentikan penyadapan Whatsapp jika benar-benar terjadi juga bisa menggunakan cara ini. Penyadap tidak akan mampu menyelip ke kantor digital yang sedang offline. Mereka tidak bisa masuk ke akun media sosial jika penggunanya tidak tersambung ke internet. Sehingga pastikan Anda untuk offline saat akun media sosial sedang tidak benar-benar dibutuhkan.

Matikan Nomor

Selain kedua cara di atas, jika penyadapan sudah sampai pada taraf sangat mengganggu maka putuskan untuk bahagia. Ganti saja nomor Anda dengan nomor baru. Dengan menonaktifkan nomor lama, Anda membutuhkan nomor baru. Sementara nomor lama harus dihapus dari registrasi. Kemudian pastikan hanya mereka yang Anda kenal baik mengetahui nomor tersebut.

Cara menghentikan penyadapan hp android di atas semoga dapat membantu Anda menyelesaikan masalah penyadapan. Jika penyadap tetap bersikukuh menyadap nomor yang sudah Anda tinggalkan, mereka akan rugi. Karena dalam beberapa bulan kemudian pemilik nomor tersebut bisa jadi sudah berbeda pemiliknya. Sementara Anda sudah bebas dari penyadapan.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *