11 Cara Menghemat Baterai Xiaomi yang Mudah dan Ampuh

jejakblog – Cara menghemat baterai Xiaomi bukan hal yang sulit dan itu harus dilakukan oleh pengguna. Kapasitas baterai yang dimiliki oleh sebuah smartphone menjadi salah satu bagian dari performa handphone tersebut. Maka tidak heran apabila para developers smartphone berlomba lomba dalam menciptakan handphone dengan kapasitas baterai dilengkapi fitur yang mumpuni.

Hal diatas juga berlaku pada handphone merk Xiaomi terbaru, dimana dalam penciptaannya dilengkapi dengan kapasitas baterai yang besar. Namun, secara umum apabila kita melihat produk-produk xiaomi memang telah dilengkapi dengan baterai yang berkapasitas cukup besar. Dengan kapasitas sekitar 4000 mAh keatas.

Cara menghemat baterai Xiaomi

Penyebab Baterai Boros

Penjelasan tersebut berkaitan dengan performa baterai dari xiaomi. Sebenarnya ketahanan dari baterai tersebut tergantung beberapa faktor, diantaranya umur baterai, kesehatan baterai dan cara penggunaannya.

Apabila pengguna sering memakai smartphone mereka untuk bermain game terus menerus, tentu saja akan membuat performa baterai menurun. Jadi, penting bagi anda untuk tetap menjaga kesehatan dan pemakaian agar keawetannya tetap terjaga.

Inilah Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Berikut di bawah ini beberapa cara menghemat baterai Xiaomi yang perlu anda ketahui:

Matikan GPS, Bluetooth Dan Wifi Apabila Tidak Digunakan

Cara menghemat baterai xiaomi yang pertama adalah dengan mematikan fitur GPS, Bluetooth dan WiFi ketika tidak diperlukan. Apabila ketiga fitur tersebut tetap aktif setelah digunakan, maka secara otomatis perangkat akan terus mencari sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga:  Begini Cara Mengatasi Baterai Kembung yang Ampuh Sekali

Sehingga hal ini dapat menguras baterai meskipun tidak anda gunakan untuk game dan aktivitas lainnya. Apalagi ketiga fitur tersebut menjadi fitur yang sering kali lupa dimatikan setelah digunakan.

Kontrol Kecerahan Layar HP

Selalu mengontrol kecerahan layar smartphone juga menjadi salah satu cara menghemat baterai Xiaomi yang dapat anda aplikasikan. Pasalnya cara tersebut cukup ampuh untuk menghemat performa baterai xiaomi.

Sebab Apabila Kecerahan HP terlalu tinggi, maka konsumsi baterai juga semakin meningkat. Dalam Kasus Ini, pengguna handphone Xiaomi juga bisa memanfaatkan fitur otomatis kecerahan yang dapat disetting melalui menu pengaturan. Dimana fitur tersebut dapat menyesuaikan kecerahan sesuai dengan kebutuhan.

Perlu Mengaktifkan Fitur Sleep Display

Untuk menghemat dan menjaga kesehatan baterai xiaomi anda juga dapat memanfaatkan fitur sleep display. Akan tetapi, dalam hal ini masih banyak para pengguna handphone xiaomi yang sebelum memahami dan memanfaatkan fitur tersebut.

Padahal fitur ini mempunyai kemampuan untuk bisa mematikan HP pada jam-jam tertentu. Sehingga fitur ini bisa menjadi salah satu cara menghemat baterai Xiaomi yang bisa anda coba.

Aktifkan Power Saving

Power saving merupakan fitur bawaan HP xiaomi yang dapat membuat HP untuk menjalankan aplikasi ringan saja. Aplikasi ini dalam penggunaannya juga tidak perlu terhubung dengan internet terlebih dahulu. Sehingga fitur tersebut dapat dikategorikan sebagai cara menghemat baterai Xiaomi.

Bahkan juga dapat meredupkan layar Smartphone Xiaomi tersebut secara otomatis. Sementara cara pemakaian fitur power saving sendiri cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke menu security pilih menu power kemudian Battery saver dan aktifkan Battery saver untuk MIUI 10.

Rutin Membersihkan File Yang Tidak Diperlukan

File sampah yang terlalubanyaktertumpukpadaperangkat HP jugadapatmengurasdanmengkonsumsibateraiterlaluboros. Apalagi jika HP anda sudah kehabisan memori internal, akan membuat kinerja smartphone semakin menurun dan membuatnya lemot.

Baca Juga:  Tinder Aplikasi Chat Penghasil Uang Benarkah? Simak Ulasannya!

Dengan kinerja berat tersebutlah yang dapat membuat konsumsi baterai semakin boros. Dengan demikian anda dapat mencegah hal tersebut dengan rutin membersihkan file sampah yang tidak diperlukan.

Nonaktifkan Screensaver

Fitur screensaver sebenarnya tidak terlalu perlu untuk diterapkan, sehingga anda dapat menonaktifkannya. Sebab cara kerja screensaver bersifat terus menerus, sehingga layar HP anda akan tetap menyala. Jadi, hal ini dapat menguras konsumsi baterai dan baterai cepat habis.

Memang apabila dilihat, menerapkan screensaver dapat membuat HP lebih keren, akan tetapi resikonya juga dapat membuat baterai semakin berkurang. Maka Dari Itu, untuk sedikit menghemat baterai HP anda, ada baiknya untuk tidak menerapkan fitur yang kurang diperlukan.

Gunakan Charger Yang Asli/Original

Untuk cara menghemat baterai Xiaomi berikutnya adalah dengan menggunakan charger HP yang original. Menerapkan cara tersebut tidak hanya membuat baterai lebih hemat, namun juga dapat menjaga bateri berumur lebih panjang.

Dengan kata lain, anda juga dapat menjaga kesehatan baterai. Mengingat saat ini banyak beredar charger abal-abal yang dari tampilan luarnya hampir mirip dengan charger original. Anda harus pintar dalam memilih charger yang benar-benar original, atau bisa juga menanyakan langsung ke karyawan toko tempat anda membeli HP tersebut.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Sebab, apabila anda terlanjur menggunakan charger abal-abal dikhawatirkan membuat tegangan HP tidak stabil dan akhirnya baterai lebih cepat boros.

Jaga Selalu Kesehatan Baterai

Selain memperhatikan aplikasi dan fitur apa saja yang diterapkan, anda juga dapat melakukan cara menghemat baterai Xiaomi dengan selalu menjaga kesehatan baterai tersebut. Karena baterai yang boros dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Mencharger terlalu lama
  • Pemakaian ketika dicharger
  • Men-charger HP dalam posisi baterai 0%
  • Lakukan penginstalan pada aplikasi yang diperlukan saja
Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A52 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Untuk menghemat baterai cara berikutnya adalah dengan menginstal aplikasi yang diperlukan saja. Dengan menginstal aplikasi yang hanya diperlukan, dapat membuat kinerja HP lebih ringan. Sehingga performa baterai Tetap Terjaga. Mengingat aplikasi yang biasanya digunakan membutuhkan konektivitas internet, seperti halnya whatsapp, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya.

Nonaktifkan GPS Di Akun Google

Tanpa anda sadari setelah pemakaian fitur GPS anda lupa untuk mematikannya, hal inilah yang dapat mengakibatkan baterai HP anda terkuras dan berkurang lebih cepat. Apalagi cara kerja fitur ini di akun Google, dimana akan bekerja sepanjang hari untuk memberikan informasi lokasi. Meskipun jika dilihat fitur ini sangat berguna apabila HP xiaomi hilang, tapi kinerjanya yang sepanjang hari mudah mengkonsumsi banyak baterai.Dengan menonaktifkan GPS di akun Google menjadi salah satu cara menghemat baterai Xiaomi yang bisa anda lakukan.

Aktifkan Auto Close Aplikasi

Untuk melakukan penghematan pada HP xiaomi anda dapat mengaktifkan fitur auto close aplikasi. Fitur ini terletak di pengaturan baterai, dimana sangat bermanfaat untuk menjalankan multitasking smartphone. Bahkan fitur ini sudah ada sejak MIUI pertama, tapi belum terlalu banyak yang menggunakannya.

Nonaktifkan Suara

Selain memanfaatkan fitur penghemat baterai yang ada di dalam HP xiaomi cara menghemat baterai Xiaomi berikutnya yaitu dengan menonaktifkan suara. Beberapa orang mungkin belum mengetahui bahwa suara yang keluar dari HP juga dapat menguras baterai. Sehingga untuk menghindari hal tersebut, anda sebagai pengguna HP xiaomi dapat memakai dan menerapkan mode getar. Anda juga dapat menyiasati dan menghemat baterai dengan menerapkan volume rendah pada nada dering HP anda.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara menghemat baterai Xiaomi yang bisa anda terapkan. Sehingga selain untuk menjaga umur baterai juga bisa menjaga kesehatan baterai.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *