Cara Menghapus Malware di Android dengan Mudah dan Cepat

jejakblog – Apakah Android Anda tiba mati atau muncul pop-up iklan yang mengganggu? Itu merupakan tanda Android terserang malware dan Anda perlu tahu cara menghapus malware di Android agar penggunaan bisa nyaman tanpa bug atau pop-up yang mengganggu.

Malware bukan hanya mengganggu, tetapi juga berbahaya untuk Android Anda. Program ini bisa mencuri data penting yang ada di Android Anda. Itulah mengapa malware harus segera dihapus. Sebelum mengetahui cara menghapus malware di Android, Anda harus mengetahui ciri-ciri Android yang terserang malware.

cara menghapus malware di Android

Ciri-Ciri Android yang Terserang Malware

Android yang terjangkit malware biasanya menunjukkan tanda-tanda tertentu. Tentunya tanda yang membuat resah atau mengganggu. Ada beberapa tanda atau ciri serangan malware di Android. Anda bisa melihat tanda-tanda berikut agar bisa segera mengatasi masalah malware yang menjangkit hp.

-Android menjadi cepat panas, sebab berjalannya aplikasi di latar belakang Android tanpa persetujuan.

-Baterai menjadi lebih cepat habis.

-Sistem kerja Android menjadi lambat, sekalipun Anda membuka aplikasi yang ringan.

-Pop-up iklan yang muncul tiba-tiba saat membuka aplikasi game, nonton video, bahkan ketika Android tidak beroperasi.

-Suara atau sinyal putus-putus ketika sedang melakukan panggilan suara.

-Pulsa tersedot secara tidak wajar.

Jika muncul ciri-ciri malware di hp seperti di atas, maka Anda harus waspada. Segera cari tahu cara menghapus malware di Android. Dengan begitu hp Anda bisa terselamatkan dari bahaya malware. Yuk, selamatkan Android Anda dari gangguan malware.

Baca Juga:  Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone Dengan dan Tanpa Aplikasi

Menghapus Aplikasi Mencurigakan Untuk Menghilangkan Malware

Malware biasanya muncul dengan menghadirkan aplikasi-aplikasi yang mencurigakan. Salah satu cara menghapus malware di Android, yaitu dengan menghapus aplikasi yang mencurigakan tersebut. Hapus segera aplikasi-aplikasi yang terlihat tidak wajar pada Android. Berikut cara menghapus aplikasi mencurigakan pada Android.

  1. Uninstall Aplikasi yang Mencurigakan

Cara hapus malware android pertama, yaitu dengan meng-uninstall aplikasi-aplikasi yang mencurigakan. Bisa saja aplikasi tersebut yang membawa malware ke dalam Android Anda. Maka, Anda harus segera menghilangkan aplikasi tersebut agar malware juga hilang. Biasanya cara ini ampuh dilakukan untuk menyingkirkan malware dari Android.

  1. Menghapus Administrator Rights

Terkadang, aplikasi yang mencurigakan tersebut sulit untuk di-uninstall. Hal demikian karena aplikasi tersebut memiliki administrator rights. Maka cara menghapus malware di Android kedua, yaitu menghapus administrator rights. Berikut cara mudah menghapus administrator rights.

-Buka menu “Setting”, kemudian pilih “Security” dan lihat bagian “Device Administrator”.

-Pilih menu “Android Device Manager” pada daftar “Device Administrator”.

-Selanjutnya, cabut izin administrator rights pada aplikasi yang sulit untuk di-uninstall. Setelah itu, aplikasi yang mencurigakan pada Android akan dapat dihapus.

-Me-restart Android

Setelah melakukan penghapusan aplikasi, Anda bisa mengecek apakah malware sudah terhapus atau belum. Caranya, dengan me-restart Android Anda. Setelah Android menyala, Anda akan lihat kinerjanya telah normal kembali. Nah, itu tanda bahwa malware telah hilang dari Android Anda.

  1. Menginstall Aplikasi Antivirus

Anda sudah melakukan hapus aplikasi seperti cara di atas, namun malware masih belum juga hilang. Lantas, apa yang harus dilakukan? Ada cara menghapus malware di Android lain yang bisa Anda coba. Biasanya malware bisa dihilangkan menggunakan antivirus.

Aplikasi antivirus bisa menjadi alternatif untuk menghapus malware iklan di Android. Anda bisa mengunduh aplikasi antivirus, seperti Avast, AVG, ESET, atau Kaspersky di Play Store. Sudah banyak yang mencoba cara ini dan berhasil. Tidak ada salahnya Anda juga mencoba cara menghapus malware di Android ini.

  1. Menghapus Malware Secara Manual

Sudah melakukan cara-cara di atas, tapi malware masih belum juga hilang? Untuk menghapus malware di Android, cara ini juga bisa dilakukan. Anda bisa menghapus malware secara manual. Ikuti langkah-langkah di bawah ini agar penghapusan malware berhasil.

  1. Masuk ke Safe Mode

Tekan dan tahan tombol power, kemudian klik “Safe Mode”. Apabila tidak muncul pilihan safe mode, bisa jadi opsi tersebut telah diblokir malware. Anda harus melakukan hard reset pada perangkat Android Anda. Tekan dan tahan selama 10 detik tombol power, atau tekan tombol volume up & down sekaligus saat booting.

  1. Menghapus Aplikasi Mencurigakan pada Safe Mode

Cara menghapus malware di Android secara manual yaitu dengan menghapus aplikasi mencurigakan pada safe mode. Masuk ke mode aman, kemudian pilih menu Pengaturan-Apps-Downloaded. Tekan ikon aplikasi tersebut untuk mencari file yang mencurigakan. Selanjutnya pilih opsi Uninstall.

  1. Menghapus Malware Dengan Sekali Klik

Cara menghapus malware di Android bisa dilakukan hanya dengan sekali klik. Perlu Anda ketahui bahwa malware merupakan program asing yang menyerang Android. Maka, malware bisa dihilangkan dengan cara mengembalikan pengaturan hp ke default pengaturan pabrik. Cara melakukannya, Anda harus masuk ke menu Pengaturan – Sistem – Opsi Reset atau Setelan Ulang.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A12 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Cara tersebut akan mengembalikan pengaturan hp seperti sedia kala. Semua aplikasi dan data yang terdapat di hp Anda akan terhapus, kecuali aplikasi dan file bawaan dari hp. Cara ini memang sangat mudah dan cepat menghilangkan malware. Namun, Anda pun harus siap kehilangan file dan aplikasi tertentu.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A72 : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Cara Mencegah Masuknya Malware ke Android

Setelah mengetahui cara menghapus malware di Android,ketahui pula cara mencegah malware ke Android. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Sebelum Android Anda terganggu dari malware, sebaiknya lakukan pencegahannya. Lakukan langkah-langkah berikut ini agar malware tidak masuk dan mengganggu Android Anda.

-Hindari sembarangan mengunduh file dari situs-situs yang tidak aman, situs download gratis atau yang tidak menggunakan https.

-Sebaiknya tidak memasang aplikasi apk selain dari Playstore.

-Nonaktifkan pilihan “izinkan memasang aplikasi pihak yang tidak diketahui (unknown sources), untuk menghindari terpasangnya aplikasi-aplikasi berbahaya.

-Sebaiknya tidak sembarangan klik tautan yang masuk melalui email, sms atau aplikasi chat. Langsung blokir saja jika Anda merasa itu spam dan tidak dikenal pengirimnya.

-Selalu mengaktifkan antivirus ketika terhubung ke jaringan publik. Dengan begitu, antivirus akan langsung mendeteksi sesuatu yang mencoba masuk melalui backdoor.

-Lakukan pembaruan aplikasi setelah update-nya tersedia di Google Play. Biasanya setiap aplikasi menyediakan update disertai dengan peningkatan keamanan terhadap data pengguna.

-Gunakan VPN untuk melindungi data saat menggunakan Wi-Fi umum.

Memang tidak mudah mendeteksi kehadiran malware di Android. Maka, sebaiknya lakukan perlindungan terhadap hp sebelum malware menyerang. Sekalipun malware tidak begitu berbahaya, namun kemunculannya akan sangat mengganggu. Disarankan sebaiknya android selalu dilengkapi dengan antivirus.

Demikian cara menghapus malware di Android dengan mudah dan cepat serta cara mencegahnya. Sama halnya dengan tubuh yang harus dijaga dari penyakit dengan makanan penguat imun. Android pun harus dijaga dari serangan malware dengan menggunakan antivirus. Hal demikian agar kinerja hp tetap maksimal dan bebas dari gangguan iklan. Semoga artikel ini memberi manfaat untuk Anda yang ingin tahu cara menghapus malware dari hp dan melindunginya. Selamat mencoba.

About Admin

Check Also

6 Tutorial Cara Convert Excel Ke Word dengan Mudah

jejakblog – Cara convert Excel ke Word perlu diketahui karena terkadang dalam melakukan pekerjaan, perlu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *