Cara Menggunakan WordPress, Cocok Untuk Pemula!

Bagi para pemula mungkin fitur-fitur yang ada di WordPress sangat membingungkan. Namun sebenarnya hal tersebut tidaklah sulit bila Anda mengetahui cara menggunakan WordPress. Penasaran?

Apa Itu WordPress?

Cara menggunakan WordPress

WordPress merupakan platform membuat website yang begitu populer di dunia. Hal tersebut tentu saja bukan tanpa alasan melainkan karena mudahnya penggunaan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Tak hanya blogger pribadi, ada banyak sekali perusahaan besar juga mempercayakan WordPress sebagai platform untuk membuat websitenya.

Perlu Anda ketahui bahwa ada dua jenis WordPress yakni WordPress.com dan WordPress.org. Tentu saja sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan WordPress, terlebih dahulu ketahui perbedaan keduanya.

Saat Anda memilih WordPress.com maka Anda tak perlu pusing untuk mencari hosting dan domain yang berbayar. Sebab keduanya sudah disediakan oleh WordPress secara gratis.

Akan tetapi karena gratis, fasilitas dari WordPress.com terbatas yakni domain harus kustom dari website WordPress dimana dibelakangya ada WordPress.com.

Sementara itu, WordPress.org memberikan Anda kebebasan menggunakan fasilitas lain. Anda pun bisa punya domain sendiri tanpa harus ada WordPress.com dibelakangnya.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menentukan kapasitas penyimpanan sesuai dengan kebutuhan, bisa memasang plugin, memasang AdSense, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Menggunakan WordPress Termudah

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa menggunakan WordPress itu sangat mudah, asalkan Anda tahu bagaimana caranya.

Tak perlu bingung, dibawah ini akan dijelaskan tentang bagaimana menggunakan WordPress dengan mudah. Namun, sebelum melakukannya tentu saja Anda harus punya website WordPress.

Jika Anda sudah punya WordPress maka bisa ikuti langkah-langkah menggunakan WordPress berikut ini.

Login ke Admin WordPress

Cara menggunakan WordPress pertama yaitu login terlebih dahulu ke halaman admin WordPress. Bagi Anda yang belum tahu, berikut ini cara melakukannya:

  1. Masuk ke Dashboard WordPress dengan mengetikkan domain-anda/wp-admin pada address bar. Selanjutnya akan muncul tampilan kolom yang harus Anda isikan.
  2. Isi kolom username dan password sesuai dengan yang telah Anda buat saat menginstal WordPress. Pastikan keduanya telah terisi dengan benar.
  3. Klik tombol Login yang berada dibawah kedua kolom tersebut.

Setelah Anda melakukannya semua langkah diatas maka Anda sudah berhasil masuk ke dashboard WordPress.

Melalui dashboar ini maka Anda dapat mengakses semua fitur sebagai cara menggunakan WordPress.

Lalu, bagaimana bila Anda mengalami gagal login karena lupa passwors? Tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan mudah.

Cara pertama untuk mengatasi gagal password adalah dengan mengklik tulisan Lost Your Password yang berada dibagian bawah form login.

Setelah itu, masukkan alamat email yang Anda daftarkan saat menginstal WordPress. Kemudian klik tombol dengan tulisan Get New Password.

Berikutnya, Anda akan dikirimkan tautan ke email untuk melakukan reset password. Selanjutnya, Anda bisa login kembali.

Melakukan Perubahan Tema

Saat pertama Anda membuat website, biasanya tampilannya masih standar dan belum sesuai dengan yang Anda butuhkan dan inginkan.

Dengan begitu maka Anda perlu menggantinya dengan tema yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Lalu, bagaimana cara menggunakan WordPress terutama mengganti template wordprees.

Tak perlu bingung, simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengganti tema website.

  1. Lakukan login ke dashboard admin WordPress dahulu seperti yang telah Anda lakukan sebelumnya.
  2. Klik menu Appearance, dilanjutkan dengan memilih submenu Themes. Cara ini Anda lakukan setelah berhasil login.
  3. Selanjutnya, Anda berada di sebuah halaman dan melihat banyak tema WordPress yang bisa diinstal. Untuk melakukan penginstalan tema yang baru, klik tombol Add New.

Ada dua pilihan cara untuk menginstal template WordPress yaitu melakukan penginstalan tema WordPress secara manual lewat tombol Upload Theme.

Cara lainnya adalah langsung di dashboard WordPress dengan memilih tema yang ada atau mengetikkan keyword tema yang ada di kolom pencarian.

  1. Klik tombol dengan tulisan Install di salah satu tema yang akan Anda pilih dan gunakan. Klik tombol preview untuk melihat bagaimana tampilannya bila diterapkan pada website.
  2. Setelah Anda selesai melakukan penginstalan, agar tema menjadi tampilan utama di website yang Anda miliki maka lakukan aktivasi dengan mengklik tombol Active.

Dengan Anda melakukan cara ini maka tema atau template WordPress Anda sudah berubah dan punya tampilan yang sesuai dengan yang Anda pilih sebelumnya.

 Menginstal Plugin

Cara menggunakan WordPress selanjutnya yaitu dengan menginstal plugin. Plugin merupakan program untuk menambahkan suatu fitur yang ada di dalam website Anda.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk melakukan penginstalan plugin, diantaranya:

  1. Klik menu Plugin, dilanjutkan dengan memilih submenu Add New.
  2. Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan halaman daftar plugin yang bisa Anda pakai secara gratis.

Sama halnya denga saat menginstal tema, Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci dari plugin yang ingin dipilih dan diinstal berdasrkan kategori populer, recommended, dan juga favorites.

Memperbaiki Permalink

Permalink merupakan link dari postingan halaman website tertentu. Tanpa diatur dan sesuai dengan standar WordPress, permalink ini sangat panjang. Oleh sebab itu, Anda harus mengaturnya.

Lalu, bagaimana cara mengaturnya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Klik menu Settings, dilanjutkan dengan memilih submenu permalinks.
  2. Berikutnya, pilih Post Name kemudian klik tombol Save Changes untuk melakukan penyimpanan perubahan yang dilakukan.
  3. Setelah itu, template link milik Anda menjadi lebih sederhan dan mudah untuk diingat.

Menambahkan Halaman Website

Cara menggunakan WordPress selanjutnya yaitu menambahkan halaman website. Adapun cara menambahkan halaman website, diantaranya:

  1. Klik menu Pages dan pilih sub menu Add New untuk menambah halaman yang baru pada WordPress.
  2. Isikan Judul Halaman sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan konten yang sesuai pada halaman tersebut.
  3. Setelah Anda selesai melakukan pengaturan, tekan tombol Publish untuk menerbitkan konten, dan dilanjutkan dengan mengklik Save Draft.

Melakukan Pemasangan Menu Navigasi

Supaya website mudah untuk dijelajahi maka website harus punya menu navigasi. Adapun cara melakukannya, diantaranya sebagai berikut:

  1. Login ke dalam dashboard WordPress, klik menu Appearance kemudian pilih sub menu Menus.
  2. Selanjutnya akan tampil editor menu. Masukkan nama menu di kolom Menu Name, kemudian klik tombol Save Menu.
  3. Centang pada salah satu halaman website di kolom Pages, berikutnya klik tombol dengan tulisan Add to Menu.
  4. Ceklis Automatically add new top level to. Kemudian pilih posisi menu navigasi. Klik Save Menu bila ingin menyimpan perubahan.

Untuk mengetahui perubahannya maka Anda bisa langsung akses ke website yang Anda miliki.

Itulah beberapa cara menggunakan WordPress yang mudah untuk para pemula. Jadi Anda tak perlu bingung lagi untuk menerbitkan konten pertama di website yang Anda miliki, bukan?

About admin

Check Also

Google Adsense Youtube Daftar Langsung Disetujui Cepat, Simak!

Bagi seorang Youtuber harus mengetahui cara Google Adsense Youtube daftar, terutama pemula. Pengetahuan tersebut sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *