Teknologi

Takut Data Hilang? Ini Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset

jejakblog – Cara mengembalikan data setelah factory reset merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Hakikatnya, ketika Anda memutuskan untuk melakukan reset pada smartphone, maka siap-siap saja semua data Anda akan hilang. Hal tersebut tentu sangat mengkhawatirkan bukan? Apalagi jika data-data tersebut terbilang penting.

Namun, jangan terlalu resah karena data akan tetap aman jika sebelum reset Anda melakukan backup. Meski demikian, bagaimana dengan Anda yang tidak melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan reset? Jangan panik, simak pembahasan tentang cara mengembalikan data yang terhapus di Android setelah factory reset pada artikel kali ini.

Cara mengembalikan data setelah factory reset

Penyebab Seseorang Melakukan Factory Reset

Hakikatnya, ada berbagai alasan yang akhirnya membuat seseorang melakukan factory reset. Umumnya, karena seseorang merasa bahwa Android miliknya terlalu lemot dan mudah panas. Selain itu, sejumlah orang memilih melakukan reset untuk menghapus semua malware atau virus. Bahkan, tidak jarang pula reset dilakukan sebagai solusi untuk menghilangkan berbagai masalah Android seperti error.

Pada dasarnya, ketika Anda melakukan reset pada Android, maka seluruh data akan otomatis terhapus. Selain itu, tampilan Android Anda akan berubah menjadi settingan pabrik sebagaimana ketika Anda membelinya. Masalahnya, tidak semua orang paham mengenai hal tersebut. Ketidaktahuan itulah yang akhirnya menyebabkan orang-orang kaget mendapati datanya telah hilang di Android.

Hal itu sudah pasti sangat menyebalkan. Apalagi file yang terhapus meliputi keseluruhan data yang ada di Android Anda. Mulai dari aplikasi, video, foto, dokumen, bookmarks, hingga info kontak pun semuanya akan hilang seketika Anda melakukan reset. Maka, tidak mengherankan jika banyak orang yang akhirnya bertanya-tanya mengenai cara mengembalikan data setelah factory reset.

Baca Juga:  6 List Rekomendasi Laptop Terbaik Tahun 2021

Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset Melalui Aplikasi

Rasa khawatir tentu menyelimuti pikiran Anda, tapi tetap tenang karena setiap masalah pasti ada solusinya. Berikut daftar aplikasi yang bisa membantu mengembalikan data Anda setelah melakukan factory reset:

Restore Image (Super Easy)

Aplikasi yang bisa diinstall gratis di Google Play Store ini bisa membantu Anda mengembalikan data berupa foto setelah factory reset. Menariknya, aplikasi ini dapat dijalankan di Android tanpa perlu melakukan root sebelumnya. Untuk mengembalikan data melalui bantuan aplikasi ini, maka Anda hanya perlu melakukan install.

Kemudian, buka aplikasi dan aktifkan menu search the image you want to restore. Tunggu sesaat hingga proses scanning selesai dan foto-foto Anda yang telah terhapus akan kembali muncul. Pada saat itu, Anda bisa memilih foto yang ingin dikembalikan lalu pilih restore image. Secara otomatis, foto yang telah dipilih tersebut akan ada di galeri.

Dumpster

Cara mengembalikan data setelah factory reset berikutnya adalah melalui aplikasi Dumpster. Aplikasi ini cenderung lebih kaya manfaat dari aplikasi yang pertama. Sebab, aplikasi ini tidak hanya dapat mengembalikan data berupa foto melainkan keseluruhan data yang telah hilang di Android Anda. Menariknya, Anda bebas menggunakan aplikasi ini secara gratis dan tidak perlu melakukan root.

Satu kelemahan dari aplikasi ini adalah hanya dapat mengembalikan data Android yang hilang setelah aplikasi ini diinstall. Oleh karena itu, sebagai upaya keamanan Anda bisa menginstall aplikasi ini. Jadi, ketika Anda tidak sengaja melakukan reset dan lupa backup data, maka Anda tidak perlu khawatir kehilangan data.

DiskDigger

Bisa dikatakan, aplikasi ini lebih keren daripada aplikasi sebelumnya. Meski sama-sama bisa mengembalikan semua data yang hilang pada saat factory reset. Namun, pada aplikasi ini keseluruhan data bisa kembali bahkan meliputi semua data yang ada sebelum aplikasi ini diinstall. Dengan keunggulannya tersebut, aplikasi ini memiliki syarat dalam penggunaannya.

Baca Juga:  Pilihan Aplikasi Menyimpan Video Unduhan Dari Berbagai Sosial Media

Dalam hal ini, Android Anda harus di root terlebih dahulu. Hal itu agar aplikasi bisa bekerja secara maksimal. Adapun jika Anda tidak melakukan root, maka aplikasi hanya bisa menscan file berupa foto saja. Mengenai hal itu, Anda pun tidak perlu khawatir karena aplikasi ini juga telah menawarkan menu untuk rooting. Olehnya itu, jika sudah yakin, maka Anda bisa menjalankan menu tersebut.

EXT Recovery

Aplikasi terakhir ini memiliki fungsi yang cukup sama dengan aplikasi sebelumnya. Dalam hal ini, dapat mengembalikan data yang terhapus setelah proses reset. Tidak mengherankan jika aplikasi ini cukup banyak direkomendasikan. Satu kelemahan dari aplikasi ini adalah tidak tersedia versi gratis. Artinya, untuk mendapatkan manfaatnya, maka Anda harus bersedia membeli aplikasi ini.

Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset Tanpa Perlu Root

Dikutip dari Forecovery, ditemukan fakta bahwa semua data yang hilang setelah melakukan factory reset sebenarnya tidak benar-benar terhapus. Data-data tersebut hanya ditandai sebagai dihapus atau tidak terlihat. Tentu berbeda bukan sudah dihapus dengan yang hanya baru ditandai sebagai dihapus?

Kata pertama mengisyaratkan sebuah aksi yang telah dilaksanakan sementara kata yang kedua baru sedang akan dilaksanakan. Artinya, semua data Anda saat melakukan reset sebenarnya masih ada. Faktanya, butuh proses yang terbilang lama untuk benar-benar menghapus semua data yang ada di Android.

Oleh karena itu, Anda sebenarnya masih berkesempatan untuk mengembalikan semua data Anda. Mengenai hal tersebut, cara mengembalikan data setelah factory reset tanpa root adalah dengan memasang Android Data Recovery. Salah satu tools berbentuk software tersebut dinilai cukup ampuh bahkan banyak pengguna yang merasa puas dan berhasil mengembalikan datanya.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy A21S : Fitur, Keunggulan dan Harganya

Hal yang perlu diingat adalah tools tersebut bisa digunakan dengan bantuan PC atau laptop. Selain itu, pastikan Android yang data-datanya ingin dikembalikan tidak pernah Anda gunakan setelah melakukan reset. Adapun caranya adalah hubungkan Android ke desktop kemudian pilih menu Android Data Recovery yang akan muncul di layar utama.

Setelah itu, software akan otomatis mendeteksi jenis smartphone yang Anda gunakan dan akan memberi Anda langkah-langkah untuk mengembalikan data. Pahami baik-baik setiap langkah-langkahnya kemudian klik OK jika Anda telah cukup bisa mengetahuinya. Selanjutnya, Anda hanya perlu mempraktikkan semua langkah-langkah tersebut.

Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset Melalui Backup Data Lewat Google

Salah satu keuntungan bagi Anda pengguna Android adalah tidak perlu panik untuk melakukan backup data. Hal tersebut karena sistem operasi sudah secara otomatis melakukan hal tersebut. Dalam hal ini, Anda pun hanya perlu melakukan sinkronisasi data saja.

Menariknya, cara ini pun bisa Anda lakukan langsung melalui perangkat smartphone. Hal yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke aplikasi Settings kemudian pilih menu Akun lalu pilih opsi Google. Pastikan akun Google Anda telah terdaftar, Anda bisa login jika ternyata akun Anda belum terdaftar. Setelah itu, masukkan ID dan password dari akun Anda pada kotak yang tersedia.

Pada saat itu, data-data akan muncul secara otomatis dan Anda pun bisa dengan mudah melakukan backup. Untuk melakukannya, maka Anda hanya perlu melakukan sinkronisasi semua jenis data yang ingin Anda backup.

Demikian informasi seputar cara mengembalikan data setelah factory reset. Tetap ingat segala risiko dan konsekuensi yang akan timbul sebelum Anda memutuskan untuk melakukan reset, ya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button